Business

Ads Top

Daftar Lengkap Shalat Sunah, Tatacara Dan Manfaat Melaksankan Shalat Sunah



Shalat adalah ibadah yang pertama kali dihisab di akhirat nanti. Jika shalat seseorang dinilai baik, maka akan baik pula seluruh amal ibadahnya. Sebaliknya, jika shalatnya bernilai buruk, maka akan bernilai buruk pula amal ibadahnya yang lain. Apa saja kriteria  yang membuat shaalt seseorang dinilai baik di akhirat nanti?

Image result for dzikir tasbihPertama, shalatnya harus didasari keikhlasan kepada Allah SWT. Kedua, shalatnya harus sesuai dengan semua syarat, rukun dan sunah seperti yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad [saw].
Shalat dibedakan atas dua berdasarkan hukumnya, yaitu shalat wajib dan shalat sunah. Shalat wajib terdiri atas shalat magrib, shalat isya, shalat subuh, shalat Zuhur, shalat asar. Shalat waib ini lah yang sangat menentukan baiknya amalan kita, yang pertama kali dihisab di hari kemudian.

Namun shalat sunah juga menjadi pertimbangan, karena seseorang yang dilihat amalan shalatnya maka amalan shalat sunah akan menjadi pelengkap. Misalnya mungkin seperti masakan [sebagai amalan] jika kurang enak, maka shalat sunah ini yang akan dapat menjadi bumbunya, garamnya dan pelengkap kesempurnaan shalat wajib.

Shalat sunnah sangatlah banyak, sehingga kita juga memiliki kesempatan yang luas untuk dapat mendapatkan amalan demi menyongsong hari kemudian agar pahala kita dapat menjadi penyelamat untuk memasuki JannahNya. Berikut daftarnya [silahkan di klik untuk melihat tatacaranya] :
Shalat sunnah Isyraq
Shalat sunah tahiyatul masjid
Shalat sunah safar
Shalat tahajjud
Shalat istikharah
Shalat hajat
Shalat dua gerhana [Khusufain]
Shalat Istisqa [memohon hujan]
Shalat tarawih
Sujud dan shalat syukur
 Shalat witir
Shalat Id/hari raya

Demikianlah postingan kali ini saya buat untuk menginformasikan dan menambah ilmu saudara sekalian. Tidak ada balasan yang kami minta kecuali hanya Allah saja yang berhak memberikannya, karena Allah-lah pemberi balasan yang terbaik. Semoga di beri rahmat dan hidayah untuk kita semua, amiin.

Sumber : Solikhin, Muhammad. 2012. Panduan shalat lengkap dan praktis. Erlangga, Jakarta.
Daftar Lengkap Shalat Sunah, Tatacara Dan Manfaat Melaksankan Shalat Sunah Daftar Lengkap Shalat Sunah, Tatacara Dan Manfaat Melaksankan Shalat Sunah Reviewed by Unknown on 9:22 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...