Business

Ads Top

Kisah Hidup Shuhada Pertempuran Yamamah, Abdullah bin al-Harits

Nama lengkapnya adalah abdullah bin al-Harits bin Jaz in bin Abdillah bin Ma’dikariba bin ‘Amr bin ‘Asm bin ‘Amr bin ‘Uwaij bin Amr bin Zabied az-Zabiedi. Tapi, beliau lebih dikenal sebagai Abdullah bin al-Harits. Beliau adalah seorang kawan yang bersumpah untuk setia kepada Abu Wada’ah As-Sahmi dan anak saudara pria dari Mahniyyah bin Jaz-in az-Zabiedi. Menurut Ibnu Yunus, pamannya ini pernah ikut dalam perang badar dan gugur sebagai syahid dalam pertempuran Yamamah ketika menumpas nabi palsu Musailamah al-Kazzab.

Tidak ada keterangan mengenai perjuangannya selama masa kehidupan Rasulullah [saw] dan masa Khulafaur rasyidin. Namun  setelah islam berkembang di timur tengah dan mesir, beliau akhirnya memilih bertempat tinggal di Mesir.

Menurut At-Thabrani. Dahulunya beliau bernama Al-‘Ashi [dapat diartikan, ‘pelaku maksiat], yang kemudian diubah oleh rasulullah [saw] dengan nama Abdullah. Oleh karena itu beliau lama tinggal di Mesir, maka yang terbanyak mengambil  hadits dari beliau ialah para ulama tabi’in dari mesir [terakhir ialah Yazied bin Abi Hubaib]. Tokoh yang wafat pada tahun 86 H, sekitar tahun 85 atau 87 H, ini telah mengambil beberapa hadits langsung dari Rasulullah [saw]. beliau sahabat yang terakhir kali meninggal di Mesir dan yang pada akhirnya hayatnya mengalami kebutaan. Demikian yang disebutkan dalam al-Ishaabah dan al-isti’ab. Jilid II, halaman 291 dan 281.

Dalam kitab riyadus shalihin, Imam Nawawi sempat menyebut nama Abdullah bin al-Harits bin as-shimmah dengan nama panggilanya Abdul Juhaim. Nama panggilan versi ini tidak terdapat dalam  kitab sebelumya. Ibnu Illaan dalam syarahnya Dalilul-falihien, jilid IV halaman 582, menerangkan bahwa Abdullah bin al-Harits bin as-Shimmah, menurut Usduh Ghaabah, adalah anak kakak wanita dari Ubai bin Ka’ab al-Ansari. Beliau hanya meriwayatkan dua hadits saja dari Rasulullah [saw]. kedua hadits itu disebutkan dalam shahih Bukhari dan shahih Muslim, di mana satu diantaranya turut disebutkan dalam riyadhus-shalihin.
Kisah Hidup Shuhada Pertempuran Yamamah, Abdullah bin al-Harits Kisah Hidup Shuhada Pertempuran Yamamah, Abdullah bin al-Harits Reviewed by Unknown on 8:41 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...