Business

Ads Top

Kisah Hidup Sahabat Rasulullah Yang Berumur Panjang, Abdullah bin Busyr al-Aslami



Nama lengkapnya adalah Abdullah bin Busyr al-Aslami, sedangkan nama panggilannya ialah Abu Shafwan atau Abu Busrin. Beliau termasuk orang-orang yang terdahulu masuk islam, sebab beliau ikut melakukan sembahyang pada dua kiblat. Sebagaimana kita ketahui, umat islam pada zaman Rasulullah [saw] sempat mengaami dua kali kiblat. Mula-mula, mereka melakukan shalat dengan menghadap Baitul Maqdis, kemudian berkiblat ke Ka’bah di Makkah.

Karena menerima teladan langsung dari Rasulullah [saw] sudah tentu beliau dapat mengikuti jejak-jejak Rasulullah [saw] dengan sangat baik. Abdullah bin Busyr al-Aslami dikenal sebagai sahabat yang selalu mengikuti ke mana pun Rasulullah [saw] pergi, entah di dalam maupun di luar kota, baik dalam keadaan damai maupun perang.

Beliau dikatakan oleh Hafizh bin Hajar, “seorang sahabat kecil”. Sementara Ibnu Atsir menerangkan bahwa beliau adalah sahabat Rasulullah [saw], begitu juga ibu bapaknya, saudara laki-laki bernama Athiah, dan saudara perempuannya bernama Suamma.

Beliau dikatakan mempunyai semacam tahi lalat besar pada bagian mukanya. Sahabt yang satu ini juga mendapat kehormatan dari Rasulullah [saw] dengan diberi doa. Pada suatu kesempatan, Rasulullah [saw] pernah meletakkan tangannya yang mulia ke atas kepala Abu Busrin, kemudian mendoakannya. Rasulullah [saw] berkata, “anak ini akan hidup panjang usianya sampai satu abad. Ia tidak meninggal sehingga hilang terlebih dahulu tahi lalat dari bagian mukanya.” Dan benar saja, Abdullah bin Busyr benar-benar memiliki usia yang panjang, bahkan hingga mencapai seratus tahun. Al-Hafizh bin Hajar mengatakan bahwa ketika mencapai usia 94 tahun, atau tepatnya pada tahun 88 H, beliau meninggal dunia. Dan, sebelum meninggalnya, tahi lalat di wajahnya memang sudah tidak tampak.

Di antara hadits yang diriwayatkan beliau juga berkaitan dengan panjang umur, yakni “orang yang paling baik itu ialah orang yang panjang suianya dan baik pula amal kerjanya.” Danm selama hidupnya yang panjang, beliau berusaha melakukan berbagai upaya untuk dapat memenuhi maksud hadits yan diriwayatkan darinya.

Sebanyak 50 buah hadits berhasil dikumpulkan beliau. Bukhari sendiri meriwayatkan satu hadits dari sahabat Rasulullah [saw] yang satu ini, begitu juga Muslim dengan satu hadits. Kesetiaannya kepada Islam dan keteguhannya dalam menjaga iman begitu mahsyur. Saat itu, islam memang tersebar, dibela, dan dimuliakan oleh para pemuda yang berbakat dan berakhlak mulia seperti beliau ini.

Ada orang mengatakan bahwa Abdulah bin Busyr meninggal di himsh yang masuk dalam wilayah Syria. Beliaulah sahabat yang terakhir wafat di negeri Himsh itu. Bahkan, ia pula sahabat yang terakhir kali meninggal dunia di daerah Syam/Syria, yakni pada tahun 88 H [96 M] atau kira-kira pada masa kekuasaan Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik.
Kisah Hidup Sahabat Rasulullah Yang Berumur Panjang, Abdullah bin Busyr al-Aslami Kisah Hidup Sahabat Rasulullah Yang Berumur Panjang, Abdullah bin Busyr al-Aslami Reviewed by Unknown on 9:24 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...