Business

Ads Top

Kisah Seorang Pemuda, Allah Memberinya Jodoh Karena Ketakwaannya



Ada seorang anak muda di Damaskus, di ibu kota Suriah di zaman Tabi’in dulu. Pernah datang ke Masjid namanya masjid at-Taubah. Masjid at-Taubah di zaman Tabi’in ini ada. Ada seorang Tabi’in mashyur di situ tinggal, jadi imam juga jadi alim setiap hari ngajar.

Anak muda ini datang lalu berkata, “wahai imam, saya datang dari luar damaskus, saya miskin, saya tidak punya apa-apa, tapi saya mau belajar agama. Boleh nggak saya numpang di masjid tinggal bersama anda, saya bantu-bantu lalu saya hidup bersama anda?” kata syeikh itu, “yah, silahkan. Gak masalah. Tapi harus sabar ikuti kehidupan saya, apa yang saya makan, kau makan, apa yang saya minum, kau minum.” Kata anak muda ini, “baik” 

Image result for jodohAnak muda ini cerita dia bilang, “setelah tiga bulan, saya tinggal dengan syeikh saya. Ternyata syeikh saya ini orangnya sangat zuhud luar biasa. Ada makanan, makan, tidak ada makanan, puasa. Dan hari ini sudah tiga hari kami puasa. Sahur dengan sebutir kurma, seelas air, buka puasa juga begitu.” Tapi ini sudah hari ketiga. Syeikh saya masih kuat, saya sudah tidak kuat lagi”, dia bilang, “saking tidak kuatnya, saya bungkukkan punggung saya, menekan perut saya supaya lapar saya hilang.”

Dalam keadaan begitu, setan datang mengacaukan pikiran saya sambil berkata, “wahai anak muda, dibenak saya terlintas, “sekarang sudah halal buat kamu mencuri makanan. Kalau kau tidak curi makanan, kamu mau makan dari mana? Akan mati kelaparan. Minta sama gurumu, gurumu tidak punya. Minta-minta sama orang gurumu larang minta-minta sama orang. sekarang kau curi makanan sepotong roti yang penting kau tidak mati kelaparan.”

Dia bilang, “dalam kondisi pikiran saya berkecamuk, saya berfikir mencuri makanan di rumah di sebelah masjid.” Zaman dulu teman-teman sekalian, dinding masjid tidak seperti kita sekarang ada tembok. Jadi zaman dulu tuh bisa dari tanah liat atau kalau mau kuat, batang kurma di tebang atasnya, ditebang akarnya ditancapin. Lalu di dempet-dempetin jadi dinding yang kuat. Dan rumah orang sama Masjid berdempetan dindingnya. Dia naiklah,  dinding Masjid dari belakang Masjid, dia naik mau mencuri makanan.

Di rumah yang pertama  dia mau masuk mencuri makanan di sebelah Masjid, itu dia liat ada 3 orang perempuan yang tidak tutup auratnya lagi menenun kulit domba. Dia alihkan pandangannya karena dia tahu itu bukan mahramnya haram untuk melihatnya dan itu bukan tujuannya. Dia hanya ingin cari makanan. 

Dia pindah ke rumah kedua, waktu dia pindah ke rumah kedua, dia liat dari atas rumah karena pakai pelepah-pelepah kurma, jadi keliatan, gak ada orang, tapi ada bau masakan. Karena laparnya dia turun ke dalam, dia masuk ke dapur, dia temukan ada panci yang lagi di pake masak dengan kayu bakar.  Di dalamnya waktu dia buka ada air yang sedang direbus, dua buah terong yang sudah matang. Karena lapar sekali, diambil sama dia terong satu lalu digigit.

Sementara dia kunyah teman-teman sekalian, dia bilang, dia ceritakan “waktu saya sebentar kunyah dan sangat lapar, saya sudah buru-buru ingin menelannya tapi tiba-tiba muncul ketakwaan saya kepada Allah, muncul ketakutan saya kepada Allah, kepatuhan saya sama Allah. Lalu saya berkata dalam diri saya, “subhanallah, syaitan berhasil membuat saya melakukan tiga dosa sekaligus. Yang pertama masuk rumah orang lain tanpa izin. Yang kedua mengambil mencuri terong ini. yang ketiga saya sedang memakan makanan yang haram.. tiga dosa sekaligus.”

Maka dia bilang, “tidak mungkin, Allah membuat saya mati kelaparan.karena meninggalkan yang haram. Karena nabiNya Muhammad [saw] sudah bersabda, “siapa yan meninggalkan sesuatu karena Allah, Allah akan gantikan yang lebih baik darinya.’ Lalu saya lemparkan gumpalan makanan terong itu ke lantai dapur tersebut lalu saya kembali ke Masjid. Dan masih ada pengajian,  saya tidak bisa tangkap apa yang sedang di bahas karena laparnya.”

Waktu bubar pengajian, dia bilang “guru saya duduk di kursinya, saya pun duduk di tiang masjid. Ada satu orang tua di belakang masjid. Lalu masulah seorang wanita bercadar dari pintu masjid. Berbicara dengan guru saya sambil guru saya menundukkan pandangannya. Setelah itu guru saya mengangkat kepalanya lalu melihat ke arah saya dan memanggil, “kesini muridku” datanglah saya, lalu di tanya oleh guru saya, “apakah kau sudah menikah?” di jawabnya “belum” lalu di tanya dua kali, “apakah kau ingin menikah.?” Dia tidak jawab.  “apa kau ingin menikah?” tidak di jawab, sampai tiga kali, “apa kau ingin menikah?” dia tidak jawab. Lalu kata anak muda ini, “wahai imam, wahai syeikh , saya setelah Allah [swt], hidup saya bergantung pada Anda. apa yang anda makan, saya makan, apa yang anda minum, saya minum. Sekarang sudah tiga hari kita tidak punya makanan dan minuman, puasa dan saya sangat lapar. Kalau saya nikah, saya mau beli makanan dari mana istri saya?” lalu kata syeikhnya, “ini perempuan di sebelah saya, baru selesai masa iddah, meninggal suaminya 4 bulan 10 hari dan dia ditinggalkan harta yang cukup, dia masih muda dia takut fitnah. Dia ingin saya carikan jodoh. Saya anggap kamu coock, kamu mau?” dia bilang, “iya.” Tanya perempuan, “kamu mau?” dia bilang “iya.” Syeikhnya keluarin kendi dari kamar, di kasihkan jadi mahar, panggil walinya perempuan, panggil dua saksi, kalimat akad, selesai. Hitungan menit nih.

Lalu kata syeikhnya, “pulanglah ke rumah istrimu. Saatnya sekarang kamu pulang dan nanti kalau mau shalat, mau ibadah silahkan daang ke Masjid, sudah gak perlu lagi numpang di masjid ini.”

Pulanglah dia bersama istrinya, dia cerita, “waktu saya jalan sama istri saya, saya masih malu-malu, baru nikah.” Dan inikan baru itungan menit nih, dia baru tadi kelaparan, tiba-tiba sekarang sudah nikah gitu. Dia bilang, “saya jalan, keluar dari masjid lewat di rumah pertama yang tadi dia manjat mau mencuri, dilewatin sama istriya. Begitu tiba di depan rumah kedua yang dia manjat, istrinya berhenti, buka pintu rumah, lalu berkata, “masuklah suamiku, ini rumah kita.” rumah yang tadi dia mencuri nih.

Maka dia pun bilang, “saya masuk ke ruang tamu, saya melihat di atas itu bener rumah yang saya tadi masuk mencuri.” Istrinya bilang, “wahai suamiku, tadi saya dengan anda sudah 3 hari belum makan, mau makan?” dia bilang, “iya” istrinya masuk ke dapur lalu ditemukan apa? Panci terbuka, teorng yang sudah digigit. Ini kisah nyata nih.  Tiba-tiba perempuan itu bilang, “siapa yang makan terong saya?”

Pada saat dia teriak, maka si laki-laki mengucapkan kalimat, dia mengatakan, “kesinilah istrikut, demi Allah begini ceritanya. Kronologisnya saya manjat, saya turun, saya lapar, saya makan, dan demi Allah sebelum saya telan karena saya takut sama Allah saya lempar ke lantai dapurmu dan belum kering tuh.” maka perempuan itu mengucapkan kalimat, “wahai suamiku engkau meninggalkan segumpal makanan aram. Allah jadikan makanan itu, pancinya, rumahnya, pemilik rumahnya jadi milikmu sekarang.” Allah bukan hanya hilangkan laparnya, makanannya di kasih, pancinya, rumahnya, pemilik rumahnya jadi milik dia..

Orang yang bertakwa kepada Allah, diberikan jalan keluar teman-teman sekalian. Jadi bertakwalah kepada Allah, hanya patuh dan tunduk kepada Allah, semua yang baik di mata Allah, semua yang buruk juga buruk di mata Allah [swt] jangan pedulikan urusan dunia ini, jalankan sesuai dengan apa yang Allah [swt] inginkan. Allahhua’lam.
Kisah Seorang Pemuda, Allah Memberinya Jodoh Karena Ketakwaannya Kisah Seorang Pemuda, Allah Memberinya Jodoh Karena Ketakwaannya Reviewed by Unknown on 12:48 AM Rating: 5

1 comment

  1. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    TELP & (WA) : +628112141300
    INSTAGRAM : @his_seskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...