Business

Ads Top

Sunnah saat menemukan ayat sajadah dalam Al-Qur’an

Saat menemukan ayat-ayat sajadah dalam al-Qur’an [biasanya diberi tanda sajdah di akhir ayat sajdah], kita disunahkan untuk melakukan sujud tilawah. Sujud tilawah adalah sujud bacaan sewaktu membaca ataupun mendengar ayat-ayat sajadah.tanda ayat sajadah dalam al-Qu’an seperti gambar di bawah ini :



Sujud tilwah hanya dilakukan sekali saja untuk satu ayat sajadah,tidak memelukan atau mengharuskan kita dalam wudhu untuk melakukannya kecuali dalam shalat, sebaiknya menghadap kiblat saat melakukan sujud tilawah, tidak disyariatkan untuk salamdan bertahiyat namun dianjurkan untuk bertakbir sebelum sujud, apabila kebetulan pembacaan ayat sajadah yang menyebabkan sujud tilawah dilakukan dalam shalat disunahkan untuk melakukan sujud ketika itu juga kemudian meneruskan shalatnya setelah bangkit dari sujud tilawah, apabila yang membaca tidak melakukan sujud sebaiknya yang mendengar melakukan sujud, kalau sujud tilawah itu di baca dalam shalat maka sebaiknya mmebaca “Subhana rabbiyal-a’la wabihamdihi” sebagaimana doa sujud biasa.

Tata Cara Sujud Tilawah
Sujud tilawah dilakukan pasca membaca atau mendengar ayat sajdah di dalam alQur’an baik dalam posisi berdiri ataupun dalam posisi duduk maka kita hendaknya bertakbir kemudian bersujud satu kali, dalam sujud itu kita membaca doa sujud tilawah.

Setelah membaca doa sujud tilawah kita bangkit dengan mengucapkan takbir “Allaahu Akbar”

Doa Sujud Tilawah
Doa-doa sujud tilawah bersumber pada hadits Rasulullah [saw]. Doa-doa yang dimaksud adalah sebagaimana yang diriwayatkan oleh perawi, berikut ini doa sujud tilawah yang dimaksud :

1.     Berdasarkan hadits shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, An-Nasa’I, Abu Dawud, dan Hakim, doa sujud tilawah yaitu “Sajada wajehiya lilladzi khalaqahu wascaqqa sam’ahu wabasarahu bihawlihii waquwwatihii fatabaarakallahu ahsanulkhaliqiina.” [HR. Bukhari, Muslim, An-Nasa’I, Abu Dawud, dan Hakim]

Artinya, “wajahku sujud kepada Tuhanyang menciptakannya, yang melukisnya, yang member penglihatan dan pendengaran dengan kekuasaan dan kekuatannNya Maha SuciAllah sebaik-baik Pencipta.”

2.     Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, 2/473 dan al-Hakim. Menurut al-Hakim hadits tersebut shahih dan adz-Dzahabi sependapat dengannya, 1/219. Doa yang dimaksud adalah sebagai berikut :
allahummaktubelii bihaa ‘indaka ajeran wada’ ‘annii bihaa wizran waje’alha lii ‘indaka dzukhran wataqabbalha minnii kamaa taqabbaltahaa min ‘abedika daawuda.”

artinya, “Ya, Allah catatlah pahala untukku disisiMu dengan sujudku ini, gugurkanlah dosa dariku dengannya, jadkanlah ia sebagai simpanan kebakan untukku disisiMu, dan terimalah ia dariku sebagaimana Engkau telah menerima  dari hambamu, Dawud.”

Demikian artikel ini di buat untuk di manfaatkan dan diamalkan semoga kita semua mendapat petunjukNya agar senantiasa terdorong melakukan kebaikan sebagai simpanan yang baik disisiNya, amiin.


Sumber : Al-Qur’an, Syaikh Sa’id bin Ali bin Wahf al-Qahthani, 2015. Kumpulan doa mustajab dan dzikir pilihan berdasarkan al-Qur’an dan as-sunnah. Darul Haq, Jakarta. Muhammad Solikhin, 2012. Panduan shalat lengkap dan praktis. Erlangga, Jakarta.
Sunnah saat menemukan ayat sajadah dalam Al-Qur’an Sunnah saat menemukan ayat sajadah dalam Al-Qur’an Reviewed by Unknown on 7:31 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...