Business

Ads Top

Mengapa Habis Sholat Kita Istigfar [Sesuai Dengan Sunnah Rasulullah Saw.]



Rasulullah [saw], apabila beliau selesai sholat, beliau mengucapkan, astagfirullah...astagfirullah...astagfirullah...allahumma antas-salam waminkas-salam tabaarakta ya zaljalaali wal ikram. Namun menjadi sebuah pertanyaan bagi kita, mengapa setelah sholat, Rasulullah mengucapkan istigfar?
Image result for istighfarApakah sholat itu berarti dosa, tentu tidak mungkin. Namun jawabannya adalah bahwasanya, terkadang saat kita sedang shalat ada sesuatu yang barangkali bisa merusak sholat kita. ketika kita sedang sholat kita memikirkan hal yang tidak layak misalnya, atau kita kurang ikhlas.

Maka Rasulullah [saw] istigfar , meminta ampun kepada Allah terhadap apa yang menimpa ibadahnya. Dan ini memberikan kepada kita sebuah faedah yang besar bahwa seorang muslim hendaknya berusaha untuk senantiasa inropeksi diri.

Halimah bin Qayyim mengatakan, “muhasabah atau intropeksi diri itu hendaknya di dua tempat, tempat yang pertama adalah sebelum ibadah, tempat yang kedua adalah sesudah ibadah.” Sebelum kita beribadah kita inropeksi diri apakah kita ikhlas atau tidak? coba deh. Misalnya sebelum sholat, muhasabah diri;
·       saya sholat karena apa?
·       Saya sholat untuk siapa?
·       Dan apakah tatacara sholat saya sesuai dengan syariat atau tidak?

Kemudian setelah selesai sholat kita intropeksi diri juga;
·       Apakah ketika shlat tadi kita kemasukan kelalaian atau yang lainnya
Maka beristigfar adalah ibadah yang disunahkan oleh Rasulullah [saw] atas kelalaian yang kita alami.

Maka Rasulullah setelah selesai sholat mengucapkan “astagfirullah...astagfirullah...astagfirullah.” aku memohon ampun kepada Allah, maka dari itu saudaraku seiman dan seislam, setiap kita jangan merasa bahwa ibadah kita sudah maksimal, kita jangan merasa sholat kita paling khusyuk, kita jangan merasa puasa kita yang masya Allah. Kita tidak tahu bisa saja ada amalan lain yang dapat merusak pahala sholat kita.

Maka dari itulah penting kita beristigfar setelah sholat sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah. Ini memberikan faedah yang besar ketika seseorang istigfar setelah selesai sholat, seakan Rasul [saw] memberikan pesan kepada kita, jangan sampai sholat itu membuat kita ‘ujub, jangan sampai kita merasa kita sudah berbuat sebaik-baiknya di dalam shalat kita, karena kita tidak tahu barangkali sholat kita belum sesuai dengan apa yang Allah inginkan dari kita.

Maka kita banyak istigfar kepada Allah walaupun selesai sholat. Maka sebaik-baik hamba ketika hamba itu merasa sholatnya itu tidak diterima, tetapi ia juga berharap sholatnya, ibadahnya diterima oleh Allah [swt].

Sehingga seorang hamba itu diatara rasa khawatir dan berharap/raja’. Rasa takut ini yang akan menghindarkan diri dari sikap ‘ujub. Orang yang berharap, harapan ini yang akan memberi motivasi dalam hidupnya untuk senantiasa berbuat amal. Wallahua’lam
Mengapa Habis Sholat Kita Istigfar [Sesuai Dengan Sunnah Rasulullah Saw.] Mengapa Habis Sholat Kita Istigfar [Sesuai Dengan Sunnah Rasulullah Saw.] Reviewed by Unknown on 4:02 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...