Business

Ads Top

Ketika Di Cintai Allah [Swt] Dan Penduduk Langit



Rasulullah [saw] menjelaskan dalam salah satu hadits sahih ‘Allah itu kalau jatuh cinta kepada hamba-Nya, Allah itu akan memanggil malaikat jibril [as]” antum tahu siapa malaikat yang paling di cintai Allah [swt]? dialah malaikat Jibril [as]. Makanya malaikat Jibril itu kelak merupakan malaiakt yang terakhir di cabut nyawanya oleh Allah [swt].

Allah kalau jatuh cinta, Allah itu tidak diam, Allah tidak nutup, tteapi Allah panggil malaikat Jibril. Allah kemudian sampaikan kepada malaikat Jibril, “sesungguhnya aku ini cinta kepada Fulan”  disebutkan namanya, amal salih yang menjadikan namanya harum di hadapan ar-Rahman antumku!


Maka kemudian Jibril mendapatkan perintah dari Allah [swt] “cintailah dia sebagaimana Aku mencintainya!” jibril mencintainya kemudian turun ke langit dunia. Ke langit yang diisi oleh ratusan juta malaikat yang tidak pernah kita tahu jumlahnya. Di langit itu penuh dan berdesak-desakan dengan para malaikat yang senantiasa taat kepada Allah [swt]. maka kemudian Jibril mengatakan kepada para malaikat itu “Allah telah jatuh cinta kepada salah satu hamba-hambaNya karena amal-amal ini.  cintailah dia sebagaimana aku mencintainya dan sebagaimana Rabb kalian mencintai orang itu.” Lalu kemudian seluruh penduduk langit akhirnya mencintai orang yang dicintai oleh Allah dan malaikat Jibril.

Maka sampai ada seorang salaf berkata “berapa banyak orang yang tidak terkenal di antara kita, datang tidak diantar pulang tidak dijemput atau tidak pernah dicari-cari  tetapi menjadi orang yang masyhur diantara penduduk langit. Seperti Julaibib [ra], dia adalah salah seorang sahabat Nabi, tapi  tahukahkita ketika Julaibib itu meninggal dunia, Rasulullah [saw] berkata kepada sahabt-sahabatnya, “kalian kehilangan seseorang atau tidak?” sahabat menjawab “kami kehilangan fulan, kami kehilangan fulan, kami kehilangan fulan” tidak disebutkan nama Julaibib. Rasulullah bertanya lagi “kalian kehilangan seseorang atau tidak?” sahabat kembali menjawab “kami kehilangan fulan, kami kehilangan fulan” tidak disebutkan lagi nama Julaibib. Lalu kemudian Rasulullah dalam kali ketiga berkata “kalian kehilangan Julaibi atau tidak?” seorang sahabat yang hitam, pendek, yang mana para wanita-wanita di madinahitu menolak kalau di lamar sama Julaibib. Seakan-akan kalau beliau mengetuk pintu orang dari dalam sudah ngomong “maaf tidak terima lamaran”. Dialah julaibib [ra], tapi masya Allah ketika beliau meninggal dunia, nikah dengan seorang wanita yang dipilihkan oleh Nabi. Wanita itu menerima meskipun Julaibib itu tidak disukai oleh hatinya. Tapi karena Julaibib pilihan Nabi diterimanya pernikahan itu.  Julaibib belum kemudian mencampuri wanita yang telah dinikahinya, dia telah meninggal. Ketika meninggal yang pertama kali di cari itu Julaibib. Sampai akhirnya Rasulullah menemukan Julaibib, maka Rasulullah menjadikan kedua tangannya menjadi kasur bagi Julaibib, sampai Rasulullah berkata “saya itu asalnya...saya ini dari Julaibib dan Julaibib bagian dari saya” padahal tidak terkenal.

Sama dengan yang tadi berapa banyak orang yang terkenal diantara kita, terkenal diantara penduduk langit ketika amalnya itu mengetuk-ngetuk pintu langit  setiap waktunya. Kenapa karena ikhlas dan ittiba’ nya. Dan berapa banyak orang yang terkenal di mata kita, namun tidak terkenal di antara penduduk langit. Kenapa? Hatinya hitam dan amalnya tidak ittiba’.

Makanya ketika para malaikat telah jatuh cinta, apa yang dilakukan oleh para malaikat? Malaikat mencintai orang yang dicintai oleh Allah [swt]. apa yang dilakukan oleh para malaiakt ketika ia jatuh cinta? Disebutkan oleh syaikh Munajjid dalam penjelasan Beliau “barangsiapa yang mengatakan Rabb kami adalah Allah, kemudian mereka istiqamah. Turun berkali-kali para malaikat untuk menguatkan orang yang istiqamah ketika  mereka dicintai oleh Allah.” Apa yang dikatakan oleh para malaiakt ketika turun yang Allah cintai karena istiqamahnya?  Malaikat itu berkata, “yang kamu takuti apa? Yang kamu sedihkan apa?  Dan kamu itu telah diberitakan dengan surga.” Imam Ibnu Katsir berkata, “malaikat itu sengaja turun berkali-kali untuk menguatkan orang yang beriman supaya mampu untuk melewati setiap ujian tanpa takut dan khawatir.”

Siapa yang menguatkan orang yang dicintai Allah? Dialah malaikat. Antum bisa bayangkan kalau dikuatkan sama malaikat itu seperti apa? Pernahkah antum di beri motivasi oleh seorang motivator? Adakan motivator yang hebat dan hantuml di Indonesia, seperti Mario Teguh, Ary Ginanjar, yang mana jika kita mengikuti motivasi mereka kita bisa berubah. Kenapa? Kekuatan kata-kata yang disusun oleh mereka.  Mereka di bayar mahal untuk memberikan jasanya itu supaya orang menjadi lebih baik.

Coba bayangkan kalau motivator saja mampu memberikan spirit untuk orang-orang supaya berubah, coba bayangkan kalau itu dilakukan oleh Malaikat, bagaimana dampaknya bagi kita? kuat luar biasa itu! Kenapa? Yang nurunin malaikat, yang nguatin malaikat. Sampai-sampai kita liat orang yang beriman, ujiannya berat antumku benar kita tidak mengingkari ujian orang yang beriman memang berat. Tapi harus diingat pertoogan Allah lebih besar dari pada ujian yang Allah berikan.  Dan diantara pertolongan Allah itu apa? Malaikat yang Allah turunkan. Makanya kalau kita membaca, sahabat-sahabat itu rata-rata nggak masuk akal menurut kita, kenapa? Karena mereka itu dikuatkan oleh malaikat. Abu Bakar datang membawa seluruh hartanya sampai Nabi berkata, “Yang kamu tinggalkan untuk keluargamu apa wahai Abu Bakar?” dan dia menjawab “Aku tinggalkan mereka dengan penjagaan Allah dan rasulNya ya Rasulullah”. Umar bin Khattab pak, masya Allah orangnya itu kalau sudah ngomong, keras! Tidak berubah, kalau sudah mukul menyakitkan! Kalau sudah jalan cepat. Luar biasa itu Umar bin Khattab [ra]. Tapi tahukah antum fisiknya? Fisiknya orangnya tinggi, agak kehitam-hitaman. Rambutnya agak ikal, kemudian Umar bin Khattab, diceritakan oleh ibn jauzi, pipinya itu ada garis menghitam, ibnu Jauzi menceritakan kenapa ada garis menghitam? Karena banyaknya sering nangis Umar bin Khattab sampai-sampai membekas di pipinya. Antum bisa membayangkan sebanyak apa air mata yang diteteskan oleh Umar bin Khattab dan sesering apa ia menangis sampai pipinya mneghitam? Biasanya kalau pipi kita hitam apa? Jerawat batu gak sembuh-sembuh. Umar bin Khattab, ya Allah. Tahuka antum sekalian keimanan para sahabat itu karena dikuatkan oleh para malaikat. Makanya jangan-jangan kita yang shalat malam sudah pasang alarm sepuluh lewat semuanya, jangan-jangan kita belum di bantu oleh malaikat. Membawa uang 100.000 ke Masjid  untuk sedekah itu sudah terasa besar tapi ketika kita bawa 100.000 ke bengkel terasa sedikit banget. Jangan-jangan kita kemudian mawas diri untuk mengukur, jangan-jangan belum turun kepada kita malaikat-malaikat ini. kenapa? Kalau kita termasuk orang-orang yang dicintai oleh Allah, Allah turunkan Malaikat dan Allah menguatkan hati orang yang beriman itu. Allah tidak kuatkan secar fisik, Allah kuatkan hatinya. 

Makanya Masya Allah kisah orang-orang yang beriman itu menggetarkan jiwa, makanya smapai-sampai kemudian di katakan tidak ada orang yang paling hebat  dalam iman kecuali adalah orang-orang yang beriman kepada Rabbnya sampai Allah kuatkan hati mereka. Masya Allah mudah-mudahan kita termasuk orang-orang beriman yag dicintai oleh Allah dan seluruh MalaikatNya. Amiin ya Rabb.
Ketika Di Cintai Allah [Swt] Dan Penduduk Langit Ketika Di Cintai Allah [Swt] Dan Penduduk Langit Reviewed by Unknown on 6:33 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...