Business

Ads Top

Urgensitas Niat Bagi Seorang Muslim



Niat adalah dasar atau motivasi seseorang beramal, niat mengambarkan orientasi atau tujuan ibadah seseorang. demikian pentingnya niat seseorang menjadi syarat mutlak diterimanya ibadah yang dilakukan. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Umar bin Khathab [ra] :

Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh Umar bin Khathab [ra], katanya, “aku mendengar Rasulullah [saw] bersabda, “nilai amalan itu tergantung niat pleakunya, dan setiap manusia memperoleh balasan sesuai dengan yang diniatkannya. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya dicatat karena Allah dan RasulNya. Sebaliknya siapa yang hijrahnya karena ingin memperoleh dunia, atau wanita yang ingin ia nikahi, hijrahnya sebatas yang ia peroleh.” [HR. Bukhari (1), Muslim (1907)]

Seseorang yang beramal karena mengharapkan ridho Allah dan RasulNya tentu akan mendapatkan balasan yang lebih baik dari Allah. Ibadah inilah yang akan memberikan keuntunga hakiki. Keuntungan yang tidak akan pernah disesali, kecuali karena kuantitasnya yang sedikit.

Sebaliknya ibadah yang dilakukan karena motif duniawi akan mendapatkan balasan yang akan menyebabkan penyesalan bagi pelakunya. Ibadahseseorang  ini tidak ikhlas karena Allah [swt].
Urgensitas Niat Bagi Seorang Muslim Urgensitas Niat Bagi Seorang Muslim Reviewed by Unknown on 5:46 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...