Business

Ads Top

Kisah nabi Isa [AS]



Maryam sejak kecil diasuh ole nabi Zakaria. Ia seorang gadis yang baik budi pekertinya. Sesudah menginjak usia dewasa ia selalu mengurung diri di  tempat ibadah sama sekali tak pernah berhubungan dengan orang lain. 


Pada suatu hari nabi Zakaria menengok Maryam ditempatnya. Ia terkejut melihat aneka buah-buahan berada di kamar itu. Maryam menjelaskan bahwa semua itu adalah karena karunia Allah.

Nab Zakaria percaya akan hal itu. Memang tidak mustahil Maryam yang suci, taqwa, dan tunduk pada perintah Allah itu mendapat karunia berupa makanan dari surga.

Pada suatu hari Maryam kedatangan malaikat yang mengatakan bahwa ia akan mengandung dan melahirkan anak laki-laki yang nantinya akan  menjadi Nabi dan Rasul.

Maryam heran bagaimana bias ia seorang perawan, belum bersuami akan mempunyai anak. Malaikat menjawab bahwa jika Allah menghendaki sesuatu cukuplah berkata “jadilah” maka kehendakNya pun jadi.

Ternyata betul, tidak berapa lama kemudian Maryam Hamil. Segera saja a jadi bahan pergunjingan masyarakat di sekitarnya. Ia dianggap telah berbuat serong dengan  lelaki. Sungguh tuduhan ini merupakan hal yang menyaitkan bagi Maryam. Inilah salah satu dari ujian berat yang harus di hadapi dengan iman yang teguh.

Ia mengasinkan diri  dari keramaian untuk menghindari cemoohan masyarakat. Ia melahirkan bayinya di bawah sebatang pohon kurma yang diberkati Allah.

Bayinya lahir dengan selamat sesudah kesehatannya pulih, Maryam kembali ke rumahnya dengan membawa bayinya itu.

Berbagai pendapat dan tuduhan ditujukan kepada Maryam. Bagaimana  ia seorang perawan  yang tekun beribadah bias memiliki seorang anak.?

“tanyakan pada bayi itu sendiri” kata Maryam menjawab pertanyaan orang-orang  di sekelilingnya.

Walau merasa ragu dan menganggap Maryam tak wars mereka bertanya pula kepada Isa, anak Maryam yang masih bayi itu.

Tak disangka Isa yang masih bayi itu bias menjawab atas kehendak Allah “Aku adalah hamba Allah, akan di turunkan kepadaku kitab Injil. Allah telahmemilihku menjadi seorang nabi, menjadikanku orang yang mendatangkan berkah dan mengajarkan kebaikan, memerintahkanku untuk mendirikan shalat dan membayar zakat selama hidupku, berbuat baik kepada orang tuaku. Aku tidak sombong pada orang lain dan tidak tenggelam dalam maksiat. Allah memberiku keselamatan pada hari lahirku dan kematianku dan juga pada hari kebangkitan di hari kiamat.”

Dengan demikain yakinlah mereka bahwa Maryam memang suci bersih dari tuduhan mereka selama ini.

Sejak kecil Isa sudah menampakkan diri sebagai manusia Istimewa. Kecerdasannya luar biasa, dan pada umur 30 tahun  ia diangkat sebagai nabi dan rasul. Sebelum itu telah diajarkan kepadanya Taurat dan Injil.

Dengan diangkatnya sebagai Rasul maka mulailah ia menyebarkan agama Islam kepada kaumnya. Menyerukan kaum Yahudi dan orang-orang Israil untuk kembali kepada Allah. Menyadarkan kesesatan mereka yang telah berani merubah kitab Taurat peninggalan nabi Musa.

Salah satu ajaran Nabi Isa adalah kabar tentang adanya Nabi sesudahnya yaitu Ahmad atau Muhammad. Hal ini tersebutlah dalam alQur’an surah as-Shaffat ayat 6, “sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat dan member kabar gembira dengan datangnya seorang Rasul yang akan datang sesudahku yaitu Ahmad [Muhammad].

Yaitu para sahabat Nabi Isa dan murid-muridnya yang dekat, mereka inilah yang meneruskan dan menyebarkan ajaran nabi Isa kepada kaumnya.

Kedatangan nab iIsa dengan ajarannya yang bersih dan benar telah membuat tokoh-tokoh agama dari kalangan rahib Bani Israil terancam kedudukannya. Maka mereka minta bukti kebenaran beliau selaku utusan Allah.

Maka Allah memberikan Mu’jizat kepada nabi Isa untuk menguatkan ajarannya. Antara lain “nabi Isa membuat mainan burung dari tanah liat, setelah ditiup burung itu hidup dan terbang atas izin Allah. Beliau dapat menyembuhkan orang buta.; beliau dapat menyembuhkan orang yang terkena penyakit sopak; dapat menghidupkan orang mati.; bias menceritakan jenis makanan yang dinamakan orang-orang di rumah mereka dan juga makanan yang mereka simpan.  Dapat  menurunkan makanan dari langit untuk menuruti kaumnya yang minta hidangan daru surga.

Pemerintah Romawi tidak menyukai kehadiran nabi Isa yang dianggapp membahayakan Imperium mereka. Mereka bermaksud membunuh nabi Isa.

Salah seorang murid nabi Isa bernama Yudas berkhianat. Dialah yang menunjukkan tempat persembunyian nabi Isa. Tetapi Allah melindungi nabi Isa, beliau diangkat kel angit, sedang Yudas yang berkhianat diserupakan wajah dan penampilan seperti Nabi Isa, maka Yudaslah yang di tangkap dan di salib tentara Romawi. Menurut Hadits shahih Nabi Isa akan diturunkan ke dunia lagi menjelang hari kiamat.
Kisah nabi Isa [AS] Kisah nabi Isa [AS] Reviewed by Unknown on 4:05 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...