Business

Ads Top

Trik Ampuh Agar Daya Ingat Kita Menjadi Kuat Ala Ustaz Adi Hidayat

Sering mengalami masalah dengan daya ingat/daya hafalan? Mengulang-ngulang sampai sekian kali tidak paham-paham juga [masuk]? Atau galau karena daya ingatan sangat rendah?. Itu adalah masalah serius. Saatnya anda mencari solusi yang ampuh untuk mengatasi masalah itu bukan?. Lewat artikel ini kami menawarkan solusinya, free.


Artikel ini terinspirasi dari tak’lim yang disampaikan oleh Ustz Adi Hidayat. Sebelumnya kami sampaikan apresiasi untuk ustaz Adi Hidayat,saya pribadi penulis artikel ini jujur sangat menghormati dan berterimah kasih, insya Allah lewat ceramah beliau Allah memberikan hidayah untuk saya. Saya suka sekali mendengarkan ceramah beliau dan cara beliau menyampaikan materi. Mudah-mudahan beliau senantiasa istiqamah di jalan Allah, dicurahkan hidayah untuknya, serta termasuk didalam orang-orang soleh disisiNya. Terlebih dari itu mudah-mudahan Allah memberikan kesempatan bagi saya bertemu dengan beliau. Amin.

Seseorang berdasarkan daya hafalannya di klasifikasikan ke dalam empat silahkan evaluasi diri sendiri kemudian mulai untuk menerapkan trik-trik ampuh yang dimaksud :
1.      Orang yang cepat hafaldan dan lambat lupa hafalannya
2.      Orang yang Lambat hafalnya juga lambat lupanya
3.      Orang yang Cepat hafalnya tetapi cepat juga lupanya
4.      Orang yang Lambat hafalnya dan cepat lupanya

Terlepas dari itu yang patut kita hafalkan adalah cepat hafalnya tapi tidak lupa-lupa. Ini adalah hal yang patut untuk kita perjuangkan. Banyak tokoh-tokoh Islam yang termasuk didalamnya ini, misalnya Imam Sulaiman [Abu Dawud], Al-Bukhari, Abu Hurairah, dst.

1.      Meluruskan Niat Saat Mau Belajar
Niat adalah motivasi yang mendasari ibadah. Niat dalam menuntut ilmu [menghafal] sebaiknya bukan untuk diri sendiri untuk mengetahui bagi diri sendiri dan bukan untuk tujuan ekstrinsik misalnya menuntut ilmu untuk dapat kerja. Nah bagi seorang Muslim tidak seharusnya berlaku demikian.

Islam memadukan keduanya dengan niat, kalau anda belajar dan susah melekat dalam diri maka evaluasi niat belajar anda. Kalau anda ingin mendapatkan ilmu yang terus menempel melekat di dalam jiwa, Mintakan kepada Allah. Maka ketika anda ingin belajar, menghafal mintakan kepada Allah.

Saat malaikat Jibril turun dan mengatakan “Iqra” di gua hira, maka nabi [SAW] mengatakan “ma ana biqari” sampai tiga kali. Ketika yang ketika di sempurnakan kalimatnya, “iqra bismi rabbikalladzi khalaq,” saat kalimatnya disempurnakan, seketika nabi mampu menyempurnakan kalimatnya. Saudaraku Allah yang menciptakan kita begitu mudah apalagi kalau hanya untuk memasukkan hafalan dalam diri kita.

Saking cepatnya dan mudahnya di kuasai, Sampai kemudian Allah berfirman “janganlah Engkau [Muhammad] gerakkan lidahmu [untuk membaca Al-Qur’an] karena hendak cepat-cepat menguasainya. Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya [di dadamu] dan membacakannya. [QS. Al-Qiyamah :16-17]

Orang-orang yang mengingatnya yang menghafal karena Allah, Allah yang akan menanamkan hafalan itu ke dalam jiwanya.

Di sini ada isyarat, jangankan yang sulit, yang mustahil menurut kita juga bisa kita hafal. Misalnya seseorang yang tua berumur 70 tahun berkata “saya sudah berumur 70 tahun, sudah tua kayaknya sudah tidak dapat menghafal alQur’an.” Tapi ada orang yang tidak bisa baca tidak bisa nulis bisa menghafal qur’an hanya dengan mendengarnya.

Jadi kalau anda punya masalah terkait daya hafalan yang rendah. Hati-hati, evaluasi niat, perbaiki dan mantakan niat karena Allah.

2.      Kesungguhan
Kesungguhan dapat dimanifestasikan dari motivasi yang diusahakan untuk tetap tinggi, berdoa, mencatat dan serius dalam pelajarannya. Jangan lupa memulai pelajaran dengan berdoa, karena doa itu akan dapat menembus apa yang anda cita-citakan. Insya Allah.

3.      Tingkatkan amal soleh
Tingkatkanlah amal soleh karena ilmu itu cahaya yang diturunkan Allah untuk orang yang melazimkan amal soleh.

4.      Menjauhi maksiat
Jauhi maksiat, jauhi hal yang haram, seperti music, perbaiki lingkungan social pergaulan. Usahakan diri kita senantiasa dalam ibadah agar hidayah Allah yang teramat sangat penting dan sangat berharga kita diberikanNya.


Insya Allah jika kita sudah bisa melakukan yang keempat ini, kita akan menemukan diri kita lain dari sebelumnya. Jika kita yang sebelum praktik trik di atas menghafalnya susah, bahkan sangat susah, jungkir balik pun masih bingung-bingung. Maka insya Allah dengan mempraktikkan trik-trik di atas, daya ingat anda akan menjadi luar biasa. Selamat berjuang, semoga anda berhasil mendapatkan cinta dan hidayah dari Allah [SWT].
Trik Ampuh Agar Daya Ingat Kita Menjadi Kuat Ala Ustaz Adi Hidayat Trik Ampuh Agar Daya Ingat Kita Menjadi Kuat Ala Ustaz Adi Hidayat Reviewed by Unknown on 4:14 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...