Business

Ads Top

Doa Pembersih Seluruh Dosa Yang Sudah Dilakukan



Berbuat kesalahan adalah salah satu hal yang melekat pada diri manusia, karena manusia memang lemah dan dapat terperdaya oleh godaan hawa nafsu dan hasutan syaitan. Maka manusia berbuat salah adalah hal yang lumrah.

Berbuat kesalahan artinya seseorang melakukan hal yang tidak diridhai Allah, misalnya tidak menutup aurat, abai terhadap shalat lima waktu, tidak berpuasa, tidak berbakti kepada orang tua, menyiksa binatang dan sebagainya.

Akibat-akibat dari perbuatan keslahan itu maka seseorang akan mendapatkan dosa. Menurut kamus besar bahasa Indonesia [KBBI], Dosa adalah perbuatan yang melanggar hukum Tuhan atau agama: atau perbuatan salah (seperti terhadap orang tua, adat, negara. artinya dosa itu diperoleh nilai buruk dari kesalahan yang kita lakukan.

Maka apa yang perlu dilakukan?

Seorang yang berbuat salah mestinya bertaubat sesegera mungkin. Inilah satu-satunya jalan keselamatan bagi seorang yang berbuat kesalahan. Janganlah kita berputus asa karena Tuhan kita adalah Tuhan Yang Maha Pengampun. Allah berfirman “Katakanlah , hai hambaKu yang berlebih-lebihan  dalam hidupnya, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah, bahwasanya  Allah mengampuni semua dosa. Dia Maha Pengampun dan Maha Penyayang.” [QS. Az-Zumar : 53].

Taubat yang disyaratkan bagi seorang manusia adalah taubat nasuha yaitu taubat yang sebenar-benarnya taubat, seseorang yang mneyesali perbuatannya, meninggalkannya dan memohon ampun kepada Allah. “Hai orang-orang yang beriman bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuha.” [QS. At-Tahrim :8].

Sebuah doa yang indah bagi seseorang yang ingin membersihkan diri [sesungguhnya Allah senang kepada orang-orang yang bertaubat dan mensucikan diri (2 : 222)] atas perbuatan-perbuatan buruknya, baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja. Doa itu adalah doa pembersih seluruh dosa :


“ALLAHUMMA INNII ZHALAMTU NASFII ZHULMAN  KATSIIRAN WALAYAGFIRU-DZDZUNUUBA ILLAA ANTA FAGFIRLII MAGFIRATAN MIN ‘INDIKA WARHAMNII INNAKA  ANTAL-GAFUURU RRAHIIM.”

Artinya: "Ya Rabb...., sesungguhnya aku telah banyak berbuat zalim, tidak ada yang bisa mengampuni dosaku ini selain Engkau, ya Allah, berikanlah keampunan dari sisi-Mu yaRabb, sesungguhnya Engkau adalah Tuhan Yang Maha Pengampun."
Doa Pembersih Seluruh Dosa Yang Sudah Dilakukan Doa Pembersih Seluruh Dosa Yang Sudah Dilakukan Reviewed by Unknown on 6:14 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...