Business

Ads Top

REVIEW INFORMASI LENGKAP BEASISWA ETOS DARI DOMPERT DUAFA 2017



Informasi pendaftaran beasiswa etos 2017 Indonesia- kabar baik untuk siswa-siswa SMA sederajat yang berkeinginan melanjutkan kulaih plus mendapatkan bantuan beasiswa selama kuliah. Beasiswa Etos dari Dompet Dhuafa  dapat dijadikan pilihan untuk mendapatkan bantuan biaya kuliah di PTN yang dijadikan pilihan.

Sebagai perkenalan, beasiswa etos ini adalah bentuk program investasi untuk mendukung pengembangan SDM untu mahasiswa berprestasi dengan keterbatasan ekonomi dengan berfokus pada pembinaan, pendampingan serta pemberdayaan untuk membentuk SDM yang unggul dan mandiri.


Fasilitas pendanaan yang diterima mahasiswa
Beastudi etos diperuntukkan bagi pemuda-pemuda Indonesia lulusan SMA yang berjuang menggapai cita-cita untuk menuntut ilmu di PTN pilihannya, berjuang untuk masa depan dalam keterbatasan ekonomi. Beastudi etos ini bergerak dengan visi  “terdepan dalam membentuk sumber daya manusia unggul dan mandiri”. Makanya fasilitas beasiswa etos tidak hanya biaya pendidikan dan uang saku, melainkan dengan program pengembangan diri, pelatihan, pembinaan dan pendampingan spiritual, akademik, social dan personal. Dengan demkian di harapkan beaiswa etos akan melahirkan generasi terbaik bangsa ini.

Fasilitas yang diterima mahasiswa yang dinyatakan resmi sebagai penerima beasiswa etos adalah sebagai beikut :
·       Uang saku sebesar Rp. 500.000/bulan dalam jangka waktu 4 tahun.
·       Biaya pendidikan selama semester [SPP].
·       Asrama mahasiswa selama 3 tahun.
·       Program pembinaan, pengembangan diri dan organisasi selama 3 tahun.
·       Bantuan prestasi dalam dan luar negeri
·       Proyek gerakan social dan jaringan.
·       Serta bantuan penelitian skripsi.

Syarat pendaftaran beasiswa etos
1.     Syarat umum\
·       Calon penerima beasiswa lulusan SMA sederajat yang masuk perguruan tinggi lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, serta ujian masuk regular.
·       Penerima beasiswa di terima resmi pada PTN yang di referensikan Etos.
2.     Syarat khusus
·       Mengisi formulir pendaftaran beastudi etos. 
.     Tanda bukti di terima di PTN rekomendai Etos [salah satunya]
·       Fotokopi identitas [KTP/SIM/KARTU PELAJAR]
·       Fotocopy kartu keluarga
·       Fotocopy ijazah SMA yang di legalisir.
·       Pas foto terbaru berwarna 3 x 4 3 lembar
·       Fotocopy rekening listrik bulan terakhir
·       Fotocopy Rapor setiap semester legalisir
·       Membuat karya tulis mengenai perjalanan hidup siswa tersebut minimal 2 halaman kertas A4 spasi 1
·       Foto rumah [depan, ruang kamar, ruang tengah dapur, dan kamar mandi]
·       Slip  gaji/surat keterangan penghasilan orang tua dari desa/kelurahan
·       Surat keterangan tidak mampu dari desa/kelurahan 

download  biodata calon penerima beasiswa etos [DOWNLOAD] 
Formulir Data Ekonomi Keluarga [DOWNLOAD]
Surat Pernyataan Kebenaran Data [DOWNLOAD]



Berkas pendaftaran kemudian di kirim ke masing-masing daerah  yang sesuai dengan domisili pelamar beasiswa etos ini.

Prosedur pendaftaran beasiswa etos
Pendaftran beasiswa etos dilakukan melalui 3 cara, anda dapat memilih salah satunya yang paling mudah dan tidak memberatkan bagi anda.

Pertama anda dapat mendaftar melalui aplikasi pendaftaran beasiswa etos secara online dengan mengunjungi situs seleksi.etos.beastudiindonesia.net pada situs tersebut anda perlu untuk mengisi formulir biodata secara lengkap sesuai dengan permintaan dan persyaratan yang di tetapkan. Yang terpenting juga adalah anda perlu melampirkan dokumen persyartan dengan menguploadnya dalam bentuk file yang sudah di scan.

Pendaftaran kedua dapat dipilih dengan mendaftra melalui email. Dengan mengirim aplikasi pengajuan beasiswa, dokumen yang sudah di scan di satukan maksimal 20 MB, dikirim email itu ke panitia seleksi nasional beasiswa etos [pada tahun 2016 emailnya adalah seleksietos2016@gmail.com]. [catatan : email itu dapat berubah tergantung otoritas panitia seleksi beastudi etos].

Perlu di perhatikan ketika mengirim email tersebut, anda perlu menulis subjek pada email dengan format nama lengkap_asal sekolah_wilayah seleksi etos, contohnya Santi_SMAN 1 Tellulimpoe_Makassar.

Cara ketiga yaitu dengan menyatukan semua persyaratan dalam satu map, kemudian mengirimkannya/menyerahkannya ke asrama beastudi etos di daerah masing-masing atau daerah terdekat masing-masing. Bisa juga dikirim lewat pos. untuk pengiriman ini anda dapat menunjukkan pengiriman pada alamat berikut sesuai domisilinya :
Provinsi aceh
Untu provinsi Aceh dan sekitarnya di kirim ke Asrama beastudi etos aceh.
Alamat, Jalan Utama Rukoh No. 62 di Desa Rukoh, kecamatan Syiah Kuala, di Kota Banda Aceh, kode pos 23111. Silahkan hubungi CP. 0852 8752 5223 an. Silmi

Kota Medan
Untuk kota medan, aplikasi pengajuan beasiswa di kirim ke asrama beasiswa etos Medan
Alamat Jl. Setia budi pasar 1 gang melati nomor 21, Medan Selayang, Medan, Sumatera Utara. Hubungi 0852 8752 5223 an. Titin

Kota Padang
Untuk Kota padang, dikirim ke Asrama beasiswa etos padang
Alamat jalan kapalo koto nomor 14 RT 02 RW 01, kecamatan Pauh-Padang, Sumatera Barat, kode pos 25163. Hubungi 0852 6535 0295 atau 0813 6362 5271 an. Dhilla

Kota Jakarta
Untuk kota Jakarta, aplikasi pengajuan beasiswa dikirim ke asrama beasiswa etos Jakarta.
Alamat di jalan ketapang nomor 6 RT. 03 RW.  09, kecamatan Beji, Kota Depok kode pos 16424. Hubungi 0852 7409 5232 an. Dodi

Kota Samarinda
Untuk Kota Samarinda dan sekitarnya, di kirim ke Asrama Beastudi Etos Samarinda. Alamatnya di Jlan Pramuka 13 no. 27 RT. 04 Kelurahan Sampaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kode pos 75 123. Silahkan hubungi  0852 4430 8323 an. Souwakil

Kota Ambon
Untuk Kota Ambon dan sekitarnya di kirim ke Asrama beastudi etos Ambon
Alamat, Jalan Perumtel Poka, Desa Poka, kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku. Silahkan hubungi CP. 0852 4430 8323 an. Husen

Kota Banten
Untuk pendaftar dari kota Banten dan sekitarnya, kiriman pengajuan beasiswa di tujukkan ke alamat Asrama Beastudi Etos UIN Syarif Hidatyatullah Jakarta di Al Kompleks Cempaka Hjau Nomor A12, Jalan WR.Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Hubungi 0821 3463 0144 an. Utih.

Kota Bogor
Tunjukkan aplikasi pengajuan beasiswa ke Asrama Beastudi Etos Bogor. Alamat Jalan Babakan tengah Nomor 24 RT 02 RW 08, Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Kab. Bogor, Jawa Barat, 16680 silahkan hubungi 0853 3008 6660.

Kota Bandung
Tunjukkan aplikasi pengajuan beasiswa ke Asrama Beastudi Etos Bandung alamat di Jalan Cisitu Baru No.39 kel. Dago kec.Coblong Kota Bandung, Jawa Barat kode pos 40135
Hubungi 0857 2189 2910 an. Dadieh.

Kota Yogyakarta
Tunjukkan aplikasi pengajuan beasiswa ke Asrama Beastudi Etos Yogyakarta. Alamat di Jl. Popongan Baru, Sinduadi RT 16 RW 30 , Sinduadi, Mlati, Sleman – Yogyakarta kode pos 55824. Hubungi 0812 8004 0982 an. Edi Nugroho.

Kota Semarang
Tunjukkan aplikasi pengajuan beasiswa ke  Asrama Beastudi Etos Semarang alamat di Jl. Banjarsari Gg Iwenisari No 7A, Tembalang, Semarang Jawa Tengah 50275. Hubungi 0878 7026 6383 an. Melisa.

Kota Malang
Tunjukkan aplikasi pengajuan beasiswa ke  Asrama Beastudi Etos Malang. Alamat di Jl. Bunga Kumis Kucing No.2-B RT06 RW02, Kec. Lokowaru, Kota Malang, Jawa timur kode pos 65141. Hubungi 0819 0754 3997 an. Muwardi Sutasoma.

Kota Surabaya
Tunjukkan aplikasi pengajuan beasiswa ke  Asrama Beastudi Etos Surabaya
Alamat di Jl Keputih gang 3 no 47 B, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur kode pos 60111. Hubungi 0857 5525 7623 an. Fatih.

Kota Makassar
Tunjukkan aplikasi pengajuan beasiswa ke Asrama Beastudi Etos Makassar
Alamatnya di Jalan. Perintis Kemerdekaan 3 BTN Hamzy Blok E Nomor 8 Kel.Tamalanrea Indah Kec.Tamalanrea, Makassar Sulawesi Selatan kode pos 90245. Hubungi 0823 4875 0314 an. Aty

Universitas yang bekerjasama dengan beasiswa etos
Beasiswa etos tersebar di 13 wilayah RI  dan bekerjasama dengan 15 Perguruan Tinggi Negeri. Wilayah  persebaran beasiswa etos adalah Makassar, Ambon, Samarinda, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Aceh, Medan, Padang Jakarta, Bogor.

Adapun PTN yang bekerjasama dengan beasiswa etos adalah sebagai berikut : Universitas Airlangga, Institute Teknologi Sepuluh November Universitas Brawijaya, Universitas Mullawarman, Universitas Hasanuddin, Dan Universitas Pattimura, Universitas Gajahmada, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institute Pertanian Bogor, Universitas Andalah, Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala.

Jadwal pendaftaran dan seleksi beasiswa etos
Pendaftaran beasiswa etos dari dompet duafa biasanya dilaksanaan dalam 2 gelombang. Untuk gelombang pertama biasanya penerimaan berkas dan seleksi berkas di buka pada bulan Mei. Kemudian untuk tes tertulis dan wawancara serta pengumuman dibuka pada bulan Juni.

Adapun untuk gelombang ke-II, biasanya penerimaan berkas dan seleksi berkas di buka pada bulan Juli. Kemudian untuk tes tertulis dan wawancara serta pengumuman dibuka pada bulan Agustus.

Sekedar informasi saja pada tahun lalu, pendaftaran beasiswa etos di buka pada gelombang pertama. Penerimaan berkas di buka 11-23 mei, seleksi berkas 24-29 mei, tes tertulis dan wawancara 4-5 juni, dan pengumumannya pada 17 juni.

Kemudian gelombang ke dua, penerimaan berkas di buka pada 1-14 juli, seleksi berkas 15-21 juli , tes tertulis dan wawancara 30-31 juli, pengumuman pada 12 asgustus. Ini sekedar referensi saja karena pelaksanaan seleksi setiap tahun biasanya tidak berbeda secara signifikan maka jadwal-jadwal yang sudah dilaksanakan bisa jadi pertimbangan untuk persiapan bagi calon pelamar beasiswa etos.


Apabila ada yang kurang jelas silahkan menghubungi :
CP         : Retno Ayu Purnama Sari
HP         : 0823 1059 2074
Telp       : (0251)8610817
Fax        : (0251)8615016

Sumber : blog.batikindonesia.com; www.beasiswapascasarjana.com; http://etos.beastudiindonesia.net/;
REVIEW INFORMASI LENGKAP BEASISWA ETOS DARI DOMPERT DUAFA 2017 REVIEW INFORMASI LENGKAP BEASISWA ETOS DARI DOMPERT DUAFA 2017 Reviewed by Unknown on 8:40 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...