Business

Ads Top

Dzikir Dan Doa Setelah Berwudhu Serta Manfaatnya Yang Luar Biasa



Wudhu adalah satu diantara beberapa cara untuk mensucikan diri dari hadas atau kotoran. Wudhu disyariatkan karena kondisi suci dari hadas ini menjadi salah satu syarat sahnya shalat. Maka wudhu sudah menjadi rutinitas harian orang-orang yang beriman. Tak hanya shalat, wudhu juga dianjurkan dilakukan misalnya sebelum mengaji, berdzikir dan ibadah lainnya. 


Bahkan banyak diantara kaum muslimin yang sudah konsisten menjaga wudhunya. Diantaranya adalah Bilal bin Rabah ra. Yang senantiasa menjaga wudhu dan shalat dua rakaat sesudahnya. Dalam kisah lain, Imam Ahmad rahimahullah, di ceritakan beliau berhasil menjaga wudhunya selama 40 tahun tidak putus-putus. Masya Allah.

Salah satu bagian penting dalam ibadah ini, adalah mengucapkan doa sesudah berwudhu. Doa sesudah berwudhu tentunya harus jelas sesui persis sama dengan sunah Rasulullah saw. Maka kami berusaha menghadirkan doa sesudah wudhu berikut fadhillahnya.

Doa sesudah berwudhu :

“ASYHADU ANLAILAAHA ILLALLAHU WAHDAHU LAA SYARIIKALAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA RASUULUHU, ALLAHUMMAJ’ALNII MINATTAWWABINA WAJ’ALNI MINALMUTATAHHIRIN WAJ’ALNI MIN ‘IBAADIKA SHSHAALIHIIN”

Artinya : "Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukan bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlan aku orang yang ahli taubat dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan orangorang yang shaleh"

Manfaat membaca doa di atas
Diriwayatkan dari Umar bin Khaththab, dari Nabi saw, beliau bersabda, “setiap orang di antara kalian yang berwudhu dengan sempurna lalu ia membaca, 
“ASYHADU ANLAILAAHA ILLALLAHU WAHDAHU LAA SYARIIKALAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA RASUULUHU”
Artinya : "Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukan bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya.”

Niscaya di bukakan untuknya kedelapan pintu surga. Ia boleh masuk dari pintu yang manapun.  Hadits ini shahih [HR. Muslim (234)]

At-Tirmidzi menambahkan dalam hadits tadi, setelah membaca dua kalimat syahadat, beliau berdoa, 
“ALLAHUMMAJ’ALNII MINATTAWWABINA WAJ’ALNI MINALMUTATAHHIRIN”

Artinya, “Ya Allah, jadikanlan aku orang yang ahli taubat dan jadikanlah aku orang yang suci”

Dalam riwayat lain, dari Abu Sa’id Al-Khudri ra., ia berkata, “barangsiapa yang telah selesai wudhu membaca
“SUBHANAKA-LLAHUMMA WABIHAMDIKA, ASYHADU ALLAIILAAHA ILLA ANTA, ASTAGFIRUKA WAATUUBU ILAIKA.”

Artinya, “Mahasuci Engkau ya Allah dan segala puji bagiMu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak di sembah kecuali Engkau; aku memohon ampun dan bertaubat kepadaMu.

Niscaya ia diberi satu cap atau tanda kemudian diangkat di bawah ‘Arsyi dan tanda itu tidak akan hilang sampai hari kiamat.” [HR. A-n-Nasa’I (83)] hadits ini shahih menurut Al-Albani [6046] dalam shahih al-jami’.

Demikian informasi mengenai Dzikir Dan Doa Setelah Berwudhu Serta Manfaatnya Yang Luar Biasa yang bisa kami hadirkan. Ayo ambil manfaatnya, terapkan ilmunya sebarkan informasinya. Semoga usaha kita bernilai ibadah dan menjadi simpanan yang baik di sisi Allah. Terimah kasih.
Dzikir Dan Doa Setelah Berwudhu Serta Manfaatnya Yang Luar Biasa Dzikir Dan Doa Setelah Berwudhu Serta Manfaatnya Yang Luar Biasa Reviewed by Unknown on 6:34 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...