Business

Ads Top

Doa Setelah Mendengar Adzan



Azan berarti “memberitahukan”, yakni memberitahukan bahwa waktu shalat fardhu sudah masuk, dengan kata seruan atau lafadz tertentu sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Azan ini hukumnya sunnah muakadah baik untuk shalat berjamaah maupun shalat sendirian.

Azan ini normalnya di dengar minimal 5 kali dalam sehari, namun untuk orang yang tinggal di daerah yang padat dengan jumlah masjid yang lebih banyak bisa mendengar azan bersahutan dalam waktu bersamaan.

Demikian kita sering mendengar azan, namun pengalaman saya sendiri sekedar mendengarkan dan setelah itu tidak mengucapkan doa. Namun saya menyadari itu perilaku yang mesti saya rubah sehingga saya berusaha menghafalkan doa sesudah mendengar azan.

Menyadari pentingnya hal ini, maka saya merasa terdorong untuk memperluas khazanah informasi mengenai doa setelah mendengarkan azan ini. Inilah mengapa saya berusaha menuliskan informasinya. Semogab ermanfaat.

Doa setelah mendengarkan azan :


“ALLAHUMMA RABBA HADZIIHI DDA’WATI-TTAAMMAH WASHSHALAATIL QAAIMAH AATI SAYYIDINA MUHAMMADANIL-WASIILATA WAL FADHIILATA, WAB’ATSHU MAQAAMAN MAHMUDANI-LLADZI WA’ADTAH INNAKA LAA TUKHLIFUL MII’AAD.”

Artinya : "Yaa Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan shalat yang ditegakkan ini, berikanlah dengan limpah karunia-Mu kepada Nabi Muhammad kedudukan dan keutamaan (paling tinggi) dan limpahkanlah kepadanya tempat yang terpuji yang telah engkau janjikan"(H.R. Muslim, Abu Daud dan Ibnu Majah).

Demikianlah doa setelah mendengarkan azan. Mudah-mudahan kita diberikan hidayah, petunjuk dan taufiq dari Allah agar senantiasa dapat mengamalkan doa tersebut di atas. Setelah memanjatkan doa tersebut di atas sebaiknya kita berdoa untuk hajat diri sendiri antara azan dan iqamah, sebab doa pada waktu itu tidak tertolak. Semoga bermanfaat dan selamat ber doa.
Doa Setelah Mendengar Adzan Doa Setelah Mendengar Adzan Reviewed by Unknown on 6:22 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...