Business

Ads Top

Tatacara Berdoa/Mengungkapkan Permohonan Hajat Kepada Allah

Manusia yang hidup di dunia ini tentu saja akan menghadapi berbagai tantangan dan cobaan hidup. Tentu saja kita tidak perlu berputus asa atas berbagai hal yang mesti kita hadapi. Sebaliknya kita justru harus mensyukuri karena menurut saya itu adalah nikmat yang Allah berikan untuk kita. Yakinlah bahwa setiap masalah yang kita hadapi lantas kita menerima, sabar, ikhlas, bersyukur dan berusaha untuk mencari dan menerapkan solusi yang sesuai dengan tuntunan Al-Qu’ran dah Hadits Rasulullah tidak akan sia-sia apa yang anda lakukan karena Allah akan memberikan balasan yang lebih baik untuk Anda, insya Allah.

Salah satu tuntunan yang penting dalam mengungkapkan hajat kita adalah dengan cara berdoa. Berdoa ini merupakan salah satu jenis ibadah. Makanya kita tidak boleh berdoa kepada selain Allah, karena itu kesyirikan.

Lantas ibadah yang kita lakukan tentu saja harus kita jeli bagaimana agar ibadah itu tidak tertolak. Caranya dengan iklas karena Allah dan mencontoh Rasulullah [saw]. Termasuk di dalamnya tatacara berdoa ini. Berikut sajian yang kami tawarkan, silahkan ambil manfaatnya dan jangan lupa sebarkan manfaatnya, :

1.      Menghadap Kiblat
Menghadap kiblat dalam berdoa sesuai dengan hadts riwayat al-Bukhari dan Muslim. Menurut saya kiblat adalah posisi terbaik untuk kita mengungkapkan doa, karena inilah yang dicontohkan oleh Rasulullah [saw]. Berdasarkan sebuah hadits “"Rasulullah datang ketempat wuquf diArafah dan ia menghadap kiblat lalu terus menerus berdo'a sehingga tenggelam matahari"

2.      Membaca Hamdalah Atau Pujian, Istigfar Dan Shalawat Atas Nabi [Saw]
Point ini sesuai dengan pedoman bahasan ini, yaitu hadits yang diriwayatkan oeh At-Thabrani, dan hadits riwayat Abu Dawud. Dalam hadits Nabi, Salah seorang Sahabat Nabi berkata : "Ketika Nabi Muhammad saw duduk dimesjid, tiba-tiba datang seorang laki-laki masuk, lalu ia shalat. Setelah selesai ia membaca doa,'Allahummaghfirlii warhamnii'. Maka waktu itu Rasulullah pun berkata, wahai kawan, engkau terburu-buru. Jika Engkau shalat, duduklah dahulu kemudian bacalah pujipujian kepada Allah. Karena dia yang memiliki pujian itu, lalu Engkau baca shalawat kepadaku kemudian baru berdo'a .Kemudian datang seorang yang lain setelah shalat ia memuji Allah dan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad saw. dan setelah itu Nabi bersabda, Berdo'alah akan dipenuhi."

3.      Berdoa dengan suara lembut dan rasa takut
Point ini disesuaikan dengan tuntunan dalam Firman Allah SWT yang berbunyi, "Berserulah (Berdo'a) kepada Tuhanmu dengan merendahkan diri dan suara yang lembut.Sesungguhnya Allah tidak menyukai orangorang yang melampaui batas. Dan janganlah engkau berbuat kerusakan dibumi sesudah (Allah SWT ) memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak diterima) dan harap (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik." (Q.S. Al A'raf : 55-56)

4.      yakin doa kita akan terpenuhi

Berprasangka baik kepada Allah bahwa Allah akan mengabulkan doa kita adalah tuntunan yang harus kita miliki. Ini adalah salah satu akhlaqul karimah seorang hamba yang berketuhanan. Makanya  Didalam berdoa kita harus yakin dan berprasangka baik kepada Allah, seperti hadis berikut ini : "Sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla berfirman : Aku akan mengikuti prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Dan Aku selalu menyertainya apa bila ia berdoa kepada-Ku".
Tatacara Berdoa/Mengungkapkan Permohonan Hajat Kepada Allah Tatacara Berdoa/Mengungkapkan Permohonan Hajat Kepada Allah Reviewed by Unknown on 2:42 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...