Business

Ads Top

Bahan Renungan Meningkatkan Spirit Shalat Subuh Berjamaah



Shalat subuh adalah salah satu diantara shalat wajib yang ditentukan waktunya. Shalat subuh bagi seorang laki-laki muslim afdhalnya dilaksanakan secara berjamaah di Masjid. Shalat subuh berjamaah adalah salah satu tolak ukur sejauh mana kejujuran dan keimanan seorang muslim. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :
“tidak ada shalat yang lebih berat [dilaksanakan] bagi orang munafik daripada shalat subuh dan isya. Seandainya mereka tahu [keutamaan] yang terdapat di dalamnya niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak.” [HR. Bukhari & Muslim]

Di dalam sebuah riwayat shahih bahwa Ibnu Umar ra. Pernah berkata “ketika kami tidak melihat seseorang dalam shalat subuh atau isya’, kami langsung berprasangka buruk padanya.”

Ini wajar, mengingat shalat-shalat lain selain subuh dan isya bisa dilakukan oleh seseorang dengan mudah karena memang waktunya bertepatan dengan saat bekerja dan terjaga.

Oleh karena itu tidak ada yang mampu konsisten menjaga shalat isya dan subuh secara berjamaah selain orang beriman yang diharapkan ada kebaikan muncul darinya.

Shalat subuh berjamaah juga menjadi barometer kebangkita umat islam. Dikisahkan, pasca meletusnya perang antara Mesir dan Israel tahun 1973, ada salah satu seorang tentara Mesir berkata kepada tentara Yahudi, “demi Allah, kami akan memerangi dan mengalahkan kalian sampai ada diantara kalian yang bersembunyi di balik  pohon dan batu, kemudian batu itu berkata, “hai hamba Allah, hai muslim, ini ada Yahudi di belakangku kemarilah dan bunuhlah dia”. Tentara Mesir ini memaksudkan berita dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang tertera dalam sebuah hadits lantas tentara Yahudi menjawab, “semua itu tidak akan terjadi sebelum shalat subuh kalian sama jumlahnya dengan shalat jum’at kalian.” [Al-Badru fii Hatstsi ‘ala shalatil Fajr].

Apa saja keutamaan yang didapat oleh orang-orang yang senantiasa menjaga shalat subuh secara berjamaah? Berikut ini diantaranya :
Mendapatkan berkah dari Allah swt
Shalat subuh berjamaah berpeluang mendapatkan berkah dari Allah Ta’ala. Sebab, aktivitas yang dilaksanakan pada waktu pagi, terlebih aktivitas wajib dan dilaksanakan berjamaah seperti shalat subuh telah di doakan agar mendapatkan berkah, terlebih ayng mendoakannya adalah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam : “Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya.” [HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah].

Mendapatkan cahaya yang sempurna di hari kiamat
Kondisi pada waktu subuh umumnya masih gelap, walau dengan penerangan listrik masih ada. Namun, dengan kondisi seperti itu justru terdapat ganjaran besar dari Allah Ta’ala bagi manusia-manusia yang menuju Masjid buat melaksanakan shalat dengan cahaya yang sempurna di hari kiamat kelak.

Nabi sallallahualaihiwasallam bersabda, “sampaikan berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.” [HR. Abu Dawud & Tirmidzi].

Mendapat ganjaran shalat malam sepenuh waktunya
Manfaat ini sangatlah besar bagi kita di mana dengan shalat subuh berjamaah kita mendapat ganjaran shalat malam sepenuh waktunya. Pertanyaannya bisakah kita shalat malam sepenuh waktu malam? Tentu sangat sulit dengan beragam aktivitas siang hari yang juga harus kita kerjakan. Namun demikian, pahala melakukan shalat malam sepenuh waktu malam ternyata bisa kita dapatkan dengan melakukan shalat subuh secara berjamaah, dalam hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam di sebutkan :

Barang siapa yang melakukan shalat isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat shalat setengah malam. Barangsiapa yang melakukan shalat subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu.” [HR. Muslim].

Berada dalam jaminan Allah Ta’ala
Berada dalam jaminan Allah Ta’ala artinya orang yang melaksanakan subuh dengan sempurna antara lain dengan melaksanakannya berjamaah, maka dia berada dalam jaminan dan perlindungan Allah Azza wa Jalla, dengan begitu, siapa yang berada dalam dalam perlindungan Allah, orang itu tidak boleh di sakiti, orang yang berani mencelakakannya terancam dengan azab yang pedih, sebab dia telah melanggar perlindungan yang Allah berikan kepada orang tadi, dalam haditsnya, Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam bersabda :

“Barang siapa yang melaksanakan shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya kemudian dia akan di telungkupkan pada wajahnya di dalam neraka.” [HR. Muslim]

Dibebaskan dari sifat munafik
Siapakah dari dari kita yang bisa menjamin bahwa dirinya telah suci dari penyakit kemunafikan? Bukankah dahulu para tokoh salaf, yang notabene kemimananya lebih baik daripada kita, senantiasa takut dan khawatir terjangkiti sifat kemunafikan? Lantas, tidakkah kita seharusnya lebih layak untuk khawatir terhadap kondisi kita dewasa ini? apalagi hidup dalam dunia dengan godaan yang demikian banyak menerpa.

Shalat subuh secara berjamaah adalah salah satu upaya yang bisa kita tempuh agar bisa terhindar dari terjangkit penyakit kemunafikan itu, disebutkan dalam hadits :

“Tidak ada shalat yang lebih berat [dilaksanakan] bagi orang munafik daripada shalat subuh dan Isya. Senadainya mereka tahu keutamaan yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat [shalat] kemudian aku mengambil bara api dan membakar rumah orang yang tidak keluar melaksanakan shalat di masjid.” [HR. Bukhari & Muslim].

Jamaah shalat subuh dipersaksikan oleh malaikat
“Malaiakt bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di shalat subuh dan shalat asar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik [ke langit] dan di tanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambaNya, bagaimana kondisi hamba-hambaKu?” para malaikat menjawab, “kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan shalat.” [HR. Bukhari & Muslim].

Berpeluang mendapatkan pahala haji atau umrah bila berdzikir hingga terbitnya matahari
Rasulullah shallahu alaihi wa sallam bersabda : “barang siapa yang shalat subuh berjamaah kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” [HR. Tirmidzi].

Kesempatan untuk melaksanakan shalat sunah subuh
Kesempatan lain yang bisa di dapatkan dengan mengupayakan shalat subuh secara berjamaah adalah shalat sunah subuh dua rakaat. Shalat sunah subuh dua rakaat ini punya kelebihan tersendiri yang disebutkan dalam hadits, “dua rakaat [shalat sunah] subuh lebih baik dari pada dunia dan segala isinya.” [HR. Muslim].

Keselamatan dari siksa Neraka
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “tidak akan masuk neraka seorang yang shalat sebelum terbitnya matahari [subuh] dan terbenamnya matahari [asar].” [HR. Muslim].

Kemenangan dengan melihat Allah Ta’ala pada hari kiamat nanti
Dari Jarir Bin Abdullah al-Bajali radiyallahu ‘anhu berkata, “kami pernah duduk bersama Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, kemudian beliau melihat ke bulan di malam purnama itu, Rasulullah bersabda, “ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian akan melihat kepada Rabb kalian sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini. kalian tidak terhalangi melihatnya. Bila kalian mampu untuk tidak meninggalkan shalat sebelum terbitnya matahari dan shalat sebelum terbenamnya matahari, maka lakukanlah!” [HR. Bukhari & Muslim]

Semoga motivasi ini memicu kita untuk senantiasa bisa menjaga shalat subuh secara berjamaah, bahkan menularkannya kepada saudara-saudara kita yang lainnya. sumber : Buletin Al-Balagh, menebar dakwah merespon realita.
Bahan Renungan Meningkatkan Spirit Shalat Subuh Berjamaah Bahan Renungan Meningkatkan Spirit Shalat Subuh Berjamaah Reviewed by Unknown on 9:59 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...