Business

Ads Top

KISAH MENGHARUKAN BUKTI RAHMAT ALLAH SWT KEPADA AHLI IBADAH 500 TAHUN YANG HENDAK DIMASUKKAN KE NERAKA



Kisah Mengharukan Bukti Rahmat Allah Swt Kepada Ahli Ibadah 500 Tahun Yang Hendak Dimasukkan Ke Neraka – Rahmat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI] diartikan sebagai belas kasih; kerahiman; karunia (Allah); berkah (Allah). Siapapun mahluk Allah semua yang ada di langit dan di bumi serta apa yang ada diantara keduanya mutlak membutuhkan rahmat dan kasih sayang Allah swt.

Sebuah kisah yang menghrukan mnejadi bukti rahmat Allah swt adalah suatu anugerah yang sangat indah yang diberikan oleh Allah kepada siapapun hambaNya yang Dia kehendaki.


Dari Muhammad bin Munkadir; dari Jabir; katanya : “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam datang kepada kami lalu bersabda : “Baru saja Jibril datang kepadaku tadi, katanya “Hai Muhammad, demi Allah : “bahwasanya ada seseorang melakukn ibadat kira-kira 500 tahun di atas puncak sebuah gunung, yang luas, panjangnya 30 x30 hasta, dan laut melingkar di sekitarnya seluas 4000 farsakh dari setiap penjuru, di bawah gunung tersebut terdapat sumber mata air jernig kira-kira satu jari lebarnya, dan terdapat pula pohon buah delima yang sengaja disediakan oleh Allah untuknya [setiap hari mengeluarkan buahnya satu biji], setiap sore sesudah berwudhu  buah tersebut diambil dan di makan, kemudian ia lakukan shalat seraya berdoa mohon diambil nyawannya di tengah-tengah melakukan sujud, dan agar tubuhnya tidak tersentuh bumi lainnya, hingga ia bangkit di hari kiamat tengah bersujud kepada Allah. Maka permohonannya dikabulkan oleh Allah swt, karena itu setiap kami lewat [naik turun langit] psti dia tengah bersujud, sahut Jibril : “Maukkanlah hambaKu ini ke sorga karena rahmatKu, tetapi ia menjawab : “melainkan karena amalku semata”. Lalu Dia tugaskan malaikat untuk menghitung semua amalnya dan nikmat pemberianNya, ternyata setelah penotalan amal seluruhnya selesai, dan mulai dengan menghitung nikmatNya mata saja sudah melebihi pahala ibadatnya sepanjang 500 tahun, padahal nikmat-nimat lainnya jauh lebih besar dan lebih berharga. Lalu firmanNya : “lemparkan ia ke neraka, tetapi ditengah perjalanan menuju neraka, ia menyadari kekeliruannya dan menyesal seraya berkata : “Ya Allah, masukkanlah aku ke surga karena rahmatMu”. Akhirnya FirmanNya kepada malaikat : “kembalikanlah dia”. Lalu di Tanya : “Siapakah yang menciptakan kamu dari asalnya [tiada]? Jawabnya Engkau ya Allah”. Lalu hal itu dikarenakan amalmu atau rahmatKu? Jawabnya : “karena rahmatMu”. Siapakah yang menguatkan kamu beribadat sepanjang 500 tahun? Jawabnya : “Engkau ya Allah” dan siapakah yang menempatkan kamu di atas gunung, dikelilingi laut sekitarnya, di kaki gunung tersebut memancar sumber air tawar , dan tumbuh pohon delima yang buahnya kau petik  setiap sore, padahal menurut hokum adat pohon delima hanya dapat berbuah setahun sekali, lalu kau minta mati dalam keadaan bersujud, siapakah yang melakukan itu semua? Jawabnya “Engkau ya Allah”. FirmanNya “maka sadarlah kamu, bahwa semua itu semata karena rahmatKu, dan sekarang aku masukkan kamu ke surga semata karena rahmatKu, kemudian sahut Jibril “segala-galanya di ala mini bisa ada atau terjadi, semata hanya karena rahmat Allah swt.”

Sumber : al-Imam al-Faqih Abu Laits as-Samargandi, 1986., Abu Imam Taqyuddin. Tanbihul ghafilin. Mutiara Ilmu, Surabaya.

Demikianlah kisahnya, kekhilafan memang melekat pada diri manusia, maka tidaklah dibenarkan bagi kita berputus asa karena luasnya rahmat dan ampunan Allah. Semoga kisah di atas bermanfaat dan memotivasi kita mnejadi lebih baik.
KISAH MENGHARUKAN BUKTI RAHMAT ALLAH SWT KEPADA AHLI IBADAH 500 TAHUN YANG HENDAK DIMASUKKAN KE NERAKA KISAH MENGHARUKAN BUKTI RAHMAT ALLAH SWT KEPADA AHLI IBADAH 500 TAHUN YANG HENDAK DIMASUKKAN KE NERAKA Reviewed by Unknown on 9:51 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...