Business

Ads Top

Strategi Dan Tenik Menghafal Al-Qur’an Sampai Hafal Luar Kepala Paket Mingguan

Kita semua tahu manfaat membaca al-Qur’an, apalagi menghafal al-Qur’an. Seorang penghafal al-Qur’an memiliki banyak sekali keutamaan-keutamaan yang Allah anugerahkan untuknya. Maka jangan heran jika anda mengalami kesulitan dalam menghafal al-Qur’an. Kenapa demikian karena setan tentu saja akan mengambil bagian, bagaimana caranya agar anda menjadi surut motivasinya, bosan menghafal dan tidak sabaran ujung-ujungnya motivasi menghafal yang sudah sedemikian besar menjadi turun drastic bahkan terlupakan.



Apa yang harus dilakukan, jika demikian? Jawabannya don’t give up. Setiap masalah Allah berikan jalan keluarnya. Maka lewat postingan artikel kali ini, kami ingin menawarkan solusi jitu untuk menghafal al-Qur’an.

Seperti biasa, artikel ini juga termotivasi dari nasehat yang di sampaikan oleh ustaz Adi Hidayat, semoga Allah merahmati Beliau dan istiqamah dalam berdakwah semoga beliau di berikan keselamatan dunia dan akhirat. Amin. Dan satu lagi semoga kami berkesempatan bertemu dengan beliau, minimal hadir dalam majelis ilmu yang beliau bina.

Sebelum kita membahas strategi dan cara menghafal, berikut ini disebutkan beberapa persiapan sebelum menghafal :
1.      Mushaf standar hafalan [mushaf tahfiz]
2.      Mengalokasikan waktu khusus
3.      Menentukan guru atau menggunakan perangkat terbaik misalnya murottal Qur’an [silahkan download di link yang tersedia pada side bar blog ini] ada juga versi dokumennya just choose it.
4.      Yang terpenting meluruskan niat dan mengikhlaskan hati
5.      Berdoa memohon keberkahan dan kemudahan

Baiklah masuk dalam materi bagaimana strategi dan teknik menghafal Al-Qur’an?

Satu hal yang harus di pahami bahwa setan dalam setiap ibadah kita akan selalu berusaha untuk menggelincirkan kita dari rahmat Allah dengan berbagai macam cara. Jika kita masih bertahan juga, minimal pahalanya berkurang. Makanya kita butuh yang namanya Strategi. Strategi yang dapat kami tangkap dari penyampaian Al Ustaz adalah bahwa  kita harus melawan rasa ketidak sabaran kita, jangan tergesa-gesa, slowly but seriously guys. Misalnya maaf, sebaiknya jangan menghafal sampai 100 ayat satu hari, sampai tiba waktu mengulang males, akhirnya lupa deh hafalannya.

Strategi menghafal terkait waktu, manfaatkan waktu sebelum shalat subuh atau sesudah sahalat subuh. Secara sederhana karena saat-saat inilah pikiran kita masih “fresh” dan beban kita lebih ringan, jadi proses masuknya hafalan insya Allah akan lebih mudah.

Strategi menghafal terkait dengan tempat dan kondisi, pilih tempat yang membuat anda nyaman, misalnya di Masjid, di Kamar, di ruang tamu. Intinya yang mengundang konsentrasi untuk meningkatkan peluang masuknya hafalan.

Kemudian bagaimana cara yang ditawarkan?

Nah cara menghafal yang di tawarkan adalah kita bicara waktu hafalan ini kita pakai perminggu. Jadi dalam satu minggu kita membagi-bagi waktu sesuai proporsi yang di rencanakan. Berikut ini pedomannya :

Sabtu
Ahad
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
3 Ayat
2 Ayat
Ulang
2 Ayat
2 Ayat
1 Ayat
Ulang
Dhuha
Dhuha
Dhuha
Dhuha
Dhuha
Dhuha
Dhuha
Dzuhur
Dzuhur
Dzuhur
Dzuhur
Dzuhur
Dzuhur
Dzuhur
Asar
Asar
Asar
Asar
Asar
Asar
Asar
Magrib
Magrib
Magrib
Magrib
Magrib
Magrib
Magrib
Isya
Isya
Isya
Isya
Isya
Isya
Isya
Tahajjud
Tahajjud
Tahajjud
Tahajjud
Tahajjud
Tahajjud
Tahajjud

Menurut Ustaz Adi Hidayat, maksimal hafalannya 3-5 ayat saja. Untuk star pointnya kita gunakan 3 ayat saja. Berdasarkan table di atas, kita mulai di hari sabtu sesuai dengan pedoman kita.

Untuk hari sabtu, star hafalan misalnya di surah al-Baqarah. Pilih hanya tiga ayat di awal surah saja. Kemudian mulai menghafal di waktu yang di jelaskan di atas. Jika anda sudah hafal, maka aplikasikan hafalan di dalam bacaan shalat sunah sesuai dengan pedoman di atas. Tentu saja shalat sunahnya tidak di batasi.

Terutama juga untuk shalat sunah rawatib. Karena semakin sering di lafalkan maka peluang menempelnya hafalan di dalam kepala/otak kita akan semakin besar. Intinya aplikasikan hafalan muai dari shalat sunah dhuha sampai shalat sunah Tahajjud. Sebagai pedoman bacaan baca 2 ayat di rakaat pertama dan 1 ayat di rakaat terakhir [untuk hari sabtu].

Demikian beranjutnya hafalan ke hari Ahad kita tambah 2 ayat saja. Jadi total hafalan sebanyak 5 ayat. Dan pengaplikasiannya dilakukan padashalat-shalat sunah dengan membaca 3 ayat di rakaat pertama kemudian 2 ayat di rakaat terakhir.

Lanjut ke hari senin, kita jangan menghafal dulu. Fokusnya kita di pengulangan/evaluasi hafalan saja. Jadi manfaatkan moment-moment luang yang kita miliki untuk mengulang hafalan, mendalami serta berusaha mengaplikasikannya.

Hafalan berlanjut ke hari selasa di tambah dua ayat saja. Di tambah dua ayat, jadi total hafalan sudah 7 ayat. Aplikasi dalam shalat sunah hafalan Anda dengan membaca 4 ayat di rakaat pertama serta 3 ayat di rakaat terakhir.

Next day, hafalan di tambah sebanyak 2 ayat. Jadi total hafalan menjadi 9 ayat. Aplikasinya di shalat sunah sebanyak 5 ayat di rakaat pertama dan 4 ayat di rakaat terakhir. Khusus untuk hari kamis kita mengahafl satu ayat saja. Jadi total hafalan sudah 10 ayat. Aplikasikan dengan proporsi yang sesuai. Ini adalah usaha, sisanya anda berdoa memohonan kepada Allah.

Nah strateginya, manfaatkan di hari raya mingguan kita. Di hari jum’at adalah salah satu diantara waktu-waktu yang mustajab untuk kita memanjatkan hajat kita. Panjatkanlah hajat ini bagaimana agar hafalan anda di kuatkan oleh Allah.
Manfaatkan waktu-waktu luang kita mengulang tidak hanya di waktu shalat sunahnya. Missal kita jalan ke toko kenapa tidak mengulang hafalan? Jalan ke kampus, ke mana aja usahakan mengulang hafalan.

Dan ingat puncak muraja’ah/pengulangan hafalan kita di titik/point shalat sunah Tahajjud kita. Di akhirnya manfaatkan waktu itu untuk memanjatkan permohonan dan doa kepada Allah untuk menguatkan kita dalam menghafal dan memantapkan hafalan kita.

Strategi terakhir adalah Konsistensi/istiqamah dalam menghafal. Ingatlah saudaraku pengorbananmu, kesabaranmu adalah simpanan, pengeluaran, atau reaksi yang tidak akan sia-sia. Karena Allah akan membalasnya dengan balasan yang lebih baik. Sebagai pelengkap dan motivasi, kami telah membuat artikel manfaat yang Allah janjikan untuk penghafal al-Qur’an.klik, baca dan raih manfaatnya.

Sebagai penutup, saya mendoakan semoga saudara-saudara, teman-teman yang membaca artikel ini bisa megambil manfaat dan diberikan kemudahan dalam menghafal dan kekuatan dalam mempertahankan hafalannya oleh Allah [SWT]. Amiin.
Strategi Dan Tenik Menghafal Al-Qur’an Sampai Hafal Luar Kepala Paket Mingguan Strategi Dan Tenik Menghafal Al-Qur’an Sampai Hafal Luar Kepala Paket Mingguan Reviewed by Unknown on 1:41 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...