Business

Ads Top

Amalan-Amalan Mudah Yang Berpahala Besar Disisi Allah [Swt]



Bismillahirrahmanirrahim, Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, Shalawat dan Salam kepada Nabi kita Muhammad [saw], keluarga dan sahabatnya.

Kami berterimah kasih kepada Ustaz Zulkarnain Muhamad Ali, artikel ini di tulis berdasarkan hasil menyimak ceramah beliau dalam format video. Meski demikian hal ini tidaklah menjadi suatu hambatan yang mengentikan untuk menebarkan kebaikan. Semoga saja Allah memberikan balasan yang lebih baik serta tulisan ini bermanfaat bagi sekalian pembaca. Semoga Allah senantiasa mencurahkan rahmat dan karuni-Nya kepada kita semua.

Sebagai pendahuluan, bahwa kita manusia-manusia yang hidup di akhir zaman dengan fitnah-fitnah yang demikain besar dan merata harusnya melakukan upaya akselerasi amal soleh. Dalam hal ini melakukan percepatan amal soleh, karena waktu yang tersisa semakin hari semaki sempit untuk mengumpulkan amal soleh. Kita tahu bahwa kita pasti akan menghadapi kematian [tdk bisa di bantah], badan tidak selamanya sehat, waktu tidal selalu longgar, dan banyak godaan yang mudah memalingkan kita dari ibadah-ibadah kepada Allah.

Dari semua masalah itu apa yang harus kita lakukan? Berlomba lomba dalam berbuat kebaikan. tenang wahai saudara. Ada jaminan dari Allah, anda tenang dan aman, tidak akan apa-apa, antum akan selamat dan terjaga dilindungi serta mendapatkan pertolongan kalau “tabungan amal soleh banyak” sebelum itu.

Pernahkah  mendengar cerita mengenai tiga orang yang terperangkap di dalam gowa? Yang menyelamatkan mereka adalah Allah [swt] atas amal soleh yang dilakukan sebelumnya. Layaknya seseorang dalam masa-masa ekonomi sulit, maka keadaan itu dapat di selamatkan dengan mencairkan tabungan di bank. Demikianlah kiranya amal soleh yang dilakukan saat ini dapat membantu kita menghadapi akhir zaman dan sampai hari kiamat dalam masa yang sangat sulit.

Demikianlah pentingnya memperbanyak amal soleh untuk menyongsong hari kemudian agar kita termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung. Dalam proses ini beberapa strategi bisa di jalankan misalnya merutinkan amal soleh yang berpahala besar, logikanya kan amal soleh akan lebih banyak, betul. Makanya perlu diklarifikasi dan dijelaskan mengenai beberapa amal soleh, khususnya yang berpahala besar sebagai tabungan yang dapat menolong kita memasuki Jannah-Nya. Berikut ini beberapa amalan yang berpahala besar :
1.     Ucapan dzikir “lailaaha illallahu wahdahu lasyarikalah lahulmulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syaiin qadir” 

artinya : tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya. Hanya milikNya kerajaan dan segala pujian hanya bagiNya, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Manfaat : berdasarkan hadith yang diriwayatkan oleh al-Bukhari [4/95] dan Muslim [4/2071] bagi siapa saja yang membacanya 100 kali dalam sehari maka baginya pahala memerdekakan 10 orang hamba sahaya, dicatat untuknya 100 kebaikan, dihapus untuknya 100 kejelekan, serta mendapatkan perlindungan dari gangguan setan sampai sore harinya.

Sebagai motivasi saja wahai saudaraku, ini kalkulasi seorang budak berdasarkan nilai Bilal bin Rabah [ra] saat beliau dimerdekakan oleh Sayyidina Abu Bakar [ra], berikut ini perhitungannya :
·     Harga seorang budak = 100 ekor unta + 1 pundi dinar emas
·     Nilai seekor unta = Rp. 15.000.000,- (mungkin lebih)
·     Nilai 1 pundi dinar emas = 100 keping dinar emas, harga perkeping Rp. 2.500.000,-

Jadi harga seorang budak =  (Rp. 15.000.000,- x 100) + Rp. 2.500.000,- x 100
                                          1,5 Milyar + 250 juta
                                          1,75 Milyar

Adapun harga berdasarkan fadhilla membaca dzikir ini, yaitu sama dengan membebaskan 10 orang budak, yaitu :
·     1,75 Milyar x 10 = 17,5 Milyar
Masya Allah saudaraku, adakah orang yang sanggup untuk membebaskan budak atau bersedekah sekian banyaknya. Tetapi dengan dzikir yang mungkin hanya 10 menit kita bisa melakukannya bahkan mendapatkan keutamaan lainnya.

Sementara janji Rasulullah “Siapa yang memerdekakan 1 orang budak saja, maka Allah akan memerdekakan kedua kakinya, kedua tangannya, kedua matanya, kepalanya, badannya, Allah merdekakan seluruhnya dari api neraka.”

2.     Ucapan dzikir “subhanalah wabihamdihi”  artinya “mahasuci Allah dan segala puji baginya.” 100 kali masing-masing pada pagi dan sore hari.

Artinya : “maha suci Allah dan aku memujinya.”
Manfaat : dimaafkan dosanya walau sebanyak buih di lautan; di hari kiamat nanti tidak ada seorang pun yang membawa sesuatu yang lebih baik dari apa yang dibawanya kecuali seseorang yang membaca seperti apa yang dia baca atau lebih banyak dari itu.” [sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim [4/2071].

3.     Hafal beberapa ayat dari surah al-Kahfi. Ingatlah saudaraku orang yang hafal 10 ayat pertama atau 10 ayat terakhir dari surah al-Kahfi dia pasti selamat dari Dajjal, kalaupun mendadak ketemu Dajjal baca ayat ini di depannya maka engkau tidak dikuasai Dajjal bahkan kita akan hilang di depan Dajjal. Usahakan hafal ayat ini, paksa diri anda, biasakan dan lazimkan ayat ini, baca dalam sholat.

Sekedar info saja bahwa telah ada sebuah e-Book yang berisi khusus 10 ayat pertama dan terakhir surah Al-Kahfi ini. kami telah mengunggahnya di Scribd.com dan google doc. kami. Makanya untuk saudaraku yang ingin menghafalnya kami desain dengan cukup menarik, mudah-mudahan membuat kita semangat menghafal. Download di 10 ayat pertama dan terakhir surah al-Kahfi

4.     Membaca Al-Qur’an :
·     Membaca minimal 50 ayat Al-Qur’an dalam sehari, maka dicatat dirinya bukan sebagai orang yang lalai/pelupa.
·     Adapun membaca 100 ayat dalam sehari rutin maka ia dicatat sebagai orang yang taat.
·     adapun yang membaca 250 ayat dalam sehari maka Al-Qur’an ini tidak akan mendebat kita di hari kiamat misalnya saya ada kenapa kamu tidak baca, saya hanya jadi penghias lemarimu jadi bacalah Al-Qur’an.
·     Membaca 500 ayat dala sehari maka ia mendapatkan segudang pahala. Segudang pahala itu hanya Allah yang tahu kuantitasnya. Wallahua’lam
     Terserah ayat mana saja, wahai saudaraku banyak sekali ayat mau yang pendek atau yang panjang. Sesuaikan dengan keadaan.

Mungkin beberapa dari kita punya waktu luang sempit atau banyak aktivitas seperti guru, siswa atau pelajar, atau lainnya. Maka untuk membaca sampai 500 ayat agak sulit. Tetapi kami ada solusi, baca saja surah pada juz 30/juz Amma. Ayatnya kan pendek cocok untuk saat kita banyak aktivitas. Makanya kami sudah membuat perhitungan ayatnya :
·     Jumlah total ayat di juz 30 = 535 dari semua surah di juz 30
·     Jika anda ingin membaca minimal 50 ayat maka anda bisa baca dari surah Al-Humazah sampai surah An-Nas.
·     Jika anda ingin membaca minimal 100 ayat maka anda bisa baca dari surah Al-Bayyinah sampai surah An-Nas.
·     Jika anda ingin membaca minimal 200 ayat maka baca mulai dari surah Asy-Syams sampai surah An-Nas
·     Jika ingin membaca minimal 500 ayat maka baca mulai dari surah An-Naziat sampai surah An-Nas

Poin di atas hanyalah pilihan dan sebaiknya jangan hanya satu cara, tetapi membaca surah lainnya juga. Misalnya ingin membaca minimal 50 ayat dalam sehari maka baca surah Al-Fajr + surah Al-Balad, dll. Berikut ini daftar surah di jus 30 dan jumlah ayatnya :
Surah ke-78. An-Naba’ ( makkiyah 40 ayat)
Surah ke-79. An-Naazi’at (makkiyah 46 ayat)
Surah ke-80. ‘Abasa (makkiyah 42 ayat)
Surah ke-81. At-Takwiir (makkiyah 29 ayat)
Surah ke-82. Al-Infitaar (makkiyah 19 ayat)
Surah ke-83. Al-Mutaffifiin  (makkiyah 36 ayat)
Surah ke-84. Al-Insyiqaaq (makkiyah 25 ayat)
Surah ke-85. Al-Buruuj (makkiyah 22 ayat)
Surah ke-At-Taariq (makkiyah 17 ayat)
Surah ke-87. Al-A’laa (makkiyah 19 ayat)
Surah ke-88. Al-Qaasyiyah  (makkiyah 26 ayat)
Surah ke-89. Al-Fajr (makkiyah 30 ayat)
Surah ke-90. Al-Balad (makkiyah 20 ayat)
Surah ke-91. Asy-Syams (makkiyah 15 ayat)
Surah ke-92. Al-Lail (makkiyah 21 ayat)
Surah ke-93. Ad-Duhaa (makkiyah 11 ayat)
Surah ke-94. Asy-syarh (makkiyah 8 ayat)
Surah ke-95. At-Tin (makkiyah 8 ayat)
Surah ke-96. Al-‘Alaq makkiyah 19 ayat)
Surah ke-97. Al-Qadr makkiyah 5 ayat)
Surah ke-98. Al-Bayyinah (madaniyyah 8 ayat)
Surah ke-99. Az-Zalzalah (madaniyyah 8 ayat)
Surah ke-100. Al-‘Aadiyaat (makkiyah 11 ayat)
Surah ke-101. Al-Qaari’ah (makkiyah 11 ayat)
Surah ke-102. At-Takaatsur (makkiyah 8 ayat)
Surah ke-103. Al-‘Asr (makkiyah 3 ayat)
Surah ke-104. Al-Humazah (makkiyah 9 ayat)
Surah ke-105. Al-Fiil madaniyyah 5 ayat)
Surah ke-106. Quraisy (makkiyah 4 ayat)
Surah ke-107. Al-Maa’un (makkiyah 7 ayat)
Surah ke-108. Al-Kausar (makkiyah 3 ayat)
Surah ke-109. Al-Kafiruun (makkiyah 6 ayat)
Surah ke-110. An-Nasr (madaniyyah 3 ayat)
Surah ke-111. Al-Lahab (makkiyah 5 ayat)
Surah ke-112. Al-Ikhlaas (makkiyah 4 ayat)
Surah ke-113. Al-Falaq (madaniyyah 5 ayat)
Surah ke-114. An-Naas (madaniyyah, 6 ayat)

5.     Berwudhu dan menyempurnakan wudhunya kemudian membaca Doa setelah berwudhu
Manfaat : Nanti di akhirat ada orang yang namanya disebut dan dipanggil namanya dan dipersilahkan masuk surga dari pintu mana saja. Sedang satu pintu surga dari tian satu ke tiang lain luasnya 500 tahun perjalanan, itu baru satu pintu. Ada 8 pintu wahai saudaraku. Maka untuk mendapatkan manfaat ini rutinkan setelah wudhu usahakan menghadap kiblat kemudian mengangkat tangan dan membaca doa setelah wudhu :
Artinya “saya bersaksi bahwa tidak ada ilaah yang berhak disembah kecuali Allah, yang Esa, tidak ada sekutu baginya, dan saya bersaksi bahwa Muhammad Hamba-Nya dan utusan-Nya, ya Allah jadikanlah aku  termasuk orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah termasuk orang-orang yang bersuci.”
6.     Sholat 2 Rakaat setelah wudhu
Adalah Bilal Bin Rabah yang oleh Rasulullah bahwa salah seorang sahabatnya yang masih hidup di bumi tetapi bunyi terompahnya sudah di dengan di surga. Andalan Bilal yaitu berwudhu sempurna dan menjaga wudhu dan berdoa setelah wudhu kemudian melanjutkan dengan sholat 2 rakaat setelah wudhu.

Pelaksanaan sholat wudhu sama dengan sholat pada umumnya, jumlahnya hanya 2 rakaat dengan niat berikut :
 
7.     Persiapan dan berangkat pagi-pagi untuk shalat Jum’at
Manfaat : siapapun yang mandi lalu mandi junub pada hari jum’at dan berjalan menuju masjid lebih cepat dan berjalan kaki kemudian duduk di saf depan, mendengarkan khutbah dengan serius maka dia akan memperoleh pahala seperti orang yang berpuasa satu tahun penuh dan qiyamullail setahun penuh. Masya Allah, ini adalah peluang besar yang harus dimanfaatkan.

Untuk perempuan yang ingin mendapatkan pahala ini, motivasilah laki-laki anda (suami, anak, menantu, bapak dl) agar melakukan amalan ini insya Allah pahala mereka anda juga peroleh tanpa mengurangi pahala mereka.

8.     Shalat Isya dan shalat Subuh berjamaah
Siapa saja yang shalat isya Berjamaah maka ia mendapatkan amal seperti shalat malam setengah malam. Dan siapa saja yang shalat berjamaah subuh maka seakan-akan ia mendapatkan pahala shalat seperti shalat malam semalam suntuk.

Untuk ibu-ibu atau wanita sebaiknya shalat berjamaah di rumah saja, setelah suami pulang atau laki-laki pulang minta mereka menjadi imam. Ini adalah dari hadith sahih berdasarkan kisah Muaz bin Jabal, beliau berjamaah dengan Rasulullah setelah itu dia pamit untuk mengimami jamaah di kampungnya, untuk Mu’az pahalanya adalah pahala sedekah sementara untuk jamaah mendapatkan pahala shalat penuh. Demikian juga untuk kaum wanita, dan hanya Allah yang tahu besarnya pahala bagi kaum wanita yang shalat berjamaah di rumah dan on time, ini lebih utama.

9.     Memperbanyak shalat sunnah, karena sujud dalam shalat satu kali maka derajat kita akan diangkat oleh Allah [swt] satu rakaat dan mengampuni 40 kesalahan kita. shalat sunnah seseorang yang tidak diketahui oleh orang lain sama dengan shalat sunnah yang dilakukan 25 kali di hadapan orang-orang.

10.  Melaksanakan shalat subuh berjamaah di masjid kemudian dia duduk dan berdzikir kepada Allah [swt] sampai matahari terbit (melebihkan kira-kira 15 menit) kemudian bangkit berdiri dan melaksanakan shalat sunnah Isyraq hanya dua rakaat, saja, membaca setelah alfatihah rakaat pertama surah al-Kaafiruun dan pada rakaat kedua membaca surah al-Ikhlas. Manfaatnya, ia mendapatkan pahala orang yang melaksanakan haji dan umrah secara penuh, penuh dan penuh. Beriku ini niat shalat Isyraq :
 
11.  Membaca doa sebelum masuk pasar, dengan doa berikut ini :
Artinya “tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dialah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dialah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dialah  Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Manfaat : Allah akan mencatatkan baginya satu juta kebaikan  dihapuskan baginya satu juta kesalahan dan diangkat baginya satu juta derajatnya. Masya Allah, mari beritahukan saudara kita yang lainnya, teman kita yang lainnya. Mari bersama mendulang pahala menyongsong hari perhitungan semoga kelak kita termasuk orang-orang yang beruntung.

12.  Mengunjungi orang sakit
Barangsiapa yang mengunjungi seorang Muslim yang sakit di pagi hari maka 70 ribu malaikat akan mendoakannya hingga sore hari dan siapa yang menjenguk muslim yang sakit maka 70 ribu malaikat akan mendoakannya hingga datang waktu pagi.

Ingatlah saudaraku doa malaikat tidak akan tertolak oleh Allah. Dan yang dahsyat wahai pembaca sekalian, misalnya anda mengunjungi orang yang kena tumor dan dioperasi sehingga diangkat payudaranya, dan anda diberi jaminan tidak akan terkena penyakit semacam itu selamanya jika membaca doa [pelan-pelan] berikut ini :
 
Sementara itu, Rasulullah [saw] bersabda, “apabila seseorang menjenguk saudaranya sesama Muslim, maka dia [bagaikan] berjalan di kebun buah-buahan surga hingga dia duduk. Apabila dia sudah duduk, maka rahmat meliputinya. Apabila menjenguk di pagi hari, maka 70 ribu malaikat bershalawat kepadanya hingga sore hari. Apabila dia menjenguk di sore hari, maka 70 ribu malaikat bershalawat kepadanya hingga pagi hari.”

Sumber :
·       Muhammad Ali, Zulkarnain. Amalan berpahala besar. Diperoleh tanggal 27 Oktober 2016 dari Youtube, (https://www.youtube.com/watch?v=3mLhc2xZEWw)

·       Syaikh Sa’id bin Ali bin Wahf al-Qathani. 2013. Kumpulan doa mustajab dan dzikir pilihan berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah. Darul Haq, Jakarta

·       Said bin Ali Al-Qahthani (Khaidir, Abdulah., Tarmizi, Erwandi., Nasruddin, Firadi., Ali, Mahrus). 2010. Kumpulan doa dalam Al-Qur’an dan Hadits. Didownload dari website (Islamhouse.com)

-  anonim, (photos, of http://www.islamicacademycoventry.org/kb/kbcontent/One_minute_madrasah/Lesson%2023.html) ; puteriaziz.blogspot.com; dan misbha7.com.)
Amalan-Amalan Mudah Yang Berpahala Besar Disisi Allah [Swt] Amalan-Amalan Mudah Yang Berpahala Besar Disisi Allah [Swt] Reviewed by Unknown on 5:54 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...