Business

Ads Top

Hati-Hati Berbagai macam jenis riya’



Riya’ pada hakikatnya bertujuan untuk mencari kedudukan di hati manusia melalui berbagai macam  perbuatan yang mengundang simpati baik itu ibadah maupun amal kebaikan lainnya. Riya’ dapat di bedakan menjadi enam macam, berikut ini penjelasannya :
·       Riya’ melalui anggota badan
Riya’ ini menggunakan anggota badan sebagai media untuk mendapatkan simpatik dari orang lain. Contohnya menampakkan fisik yang pucat dan kurus agar di sangka sebagai orang yang selalu bangun malam dan banyak melakukan ibadah puasa. Menampakkan kesedihan agar disangka sebagai pribadi yang selalu memikirkan urusan agama dan menampakkan fisik yang kurang terawat hanya untuk dikatakan perhatiannya tercurahkan pada urusan-urusan agama. Memperlihatkan bibir kering seupaya disangka sebagai orang yang rajin berpuasa.


·       Riya’ lewat gaya
Riya’ jenis ini menonjolkan pada penampilan misalnya dengan cara mencukur kumisnya, menundukkan kepalanya saat berjalan, bersikap tenang dalam geraknya, memejamkan kedua mata agar disangka bahwai a dalam suasana konsentrasi dan sedang tenggelam dalam perenungan mendalam.

·       Riya’ lewat pakaian
Riya’ lewat pakaian dapat tercermin pada pakaian dengan memakai baju kasar kemudian menjulurkannya pada betis dan memendekkan kedua lengan baju serta membiarkan bajunya robek agar disangka bahwa ia tidak punya cukup  waktu untuk mengurusnya. Memakai baju yang di tambal dan sajadah  supaya disangka bahwa ia termasuk orang sufi meskipun ia kosong dari hakekat tasawuf. Memakai baju gmis agar ia disangka orang alim.

Diantara ahli riya’ terkait poin ini ada diantaranya yang mencari kedudukan di hati orang-orang saleh, hingga ia memberanikan diri memakai baju usang. Jika ia memakai baju baru atau bagus ia takut orang akan menyangkanya lepas dari kezuhudan.

·       Riya’ dengan kata-kata
Seseorang yang riya’ dengan kata-kata tentunya ingin dipuji dengan cara mengungkapkan kata-kata yang indah, serta melakukan berbagai cara untuk dipuji dengan memperindah perkataan, berlagak bijaksana, mengungkapkan hadits agar dipuji dengan suara lembut dan menampakkan kesedihan agar disangka sebagai pribadi yang tulus dan ikhlas.  Di hadapan banyak orang ia berkomat kamit menggerakkan kedua bibirnya seakan sibuk berdzikir agar disangka sebagai ahli ibadah meskipun ia sebenarnya tidak ikhlas karena Allah dalam melakukan amalan  itu.

·       Riya’ melalui amal perbuatan
Misalnya dengan berdiri lama dan memanjangkan bacaan shalat, bersedekah untuk mendapatkan pujian, menundukkan kepala, berpura-pura khusyu saat berjalan dan menundukkan kepala agar mendapatkan kedudukan sebagai orang alim. Sementara itu dalam suasana sendirian ia akan menampakkan sifat aslinya dengan meremehkan shalat, tergesa-gesa dalam shalat, jika diketahui orang lain maka ia akan menampakkan sikap pura-pura khusyu agar mendapatkan pujian.

·       Riya’ karena banyak teman, murid, guru, serta menyebutkan banyak guru supaya ia dikira sebagai orang yang senantiasa mengambil hikmah, supaya ia dikira sebagai orang yang dimintai banyak berkah oleh banyak orang.

Demikian beberapa jenis riya’ dalam kehidupan, semua jenis riya’ adalah haram dan pasti amalannya tertolak karena tidak ikhlas. Bahkan riya termasuk dosa besar. Maka sepatutnyalah kita menjauhi riya’ ini karena riya’ sangat merusak akhlak mulia yng dicontohkan oleh rasulullah saw.

sumber :
Hasan, Syamsi dan Shofia, Abu., 2003. membersihkan hati dari akhlak tercela. Ampela Mulia, Surabaya
gambar (wajibbaca.com)
Hati-Hati Berbagai macam jenis riya’ Hati-Hati Berbagai macam jenis riya’ Reviewed by Unknown on 6:42 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...