Business

Ads Top

Istri Rasulullah [saw] Zainab binti Jahsy bin Ri’ab



Zainab binti Jahsy adalah salah  seorang  istri Rasulullah [saw], putri dari bibi Rasulullah yang bernama Umaymah binti Abdul Muthalib bin Hasyim. Zainab memiliki perawakan yang cantik rupawan dari kaum bangsawan yang terhormat dari suku Faras berdarah bangsawan tinggi. Zainab dinikahkan dengan anak angkat Rasulullah [saw], Zaid bin Harits yang akhirnya bercerai dan Allah [swt] memerintahkan Rasulullah untk menikahi Zainab. Sebagaimana firman Allah [swt] dalam surah al-Ahzab : 


Artinya “dan (ingatlah), ketika kamu berkata kepada orang yang Allah telah melimpahkan nikmat kepadanya dan kamu (juga) telah memberi nikmat kepadanya: "Tahanlah terus isterimu dan bertakwalah kepada Allah", sedang kamu Menyembunyikan di dalam hatimu apa yang Allah akan menyatakannya, dan kamu takut kepada manusia, sedang Allah-lah yang lebih berhak untuk kamu takuti. Maka tatkala Zaid telah mengakhiri keperluan terhadap Istrinya (menceraikannya), Kami kawinkan kamu dengan dia supaya tidak ada keberatan bagi orang mukmin untuk (mengawini) isteri-isteri anak-anak angkat mereka, apabila anak-anak angkat itu telah menyelesaikan keperluannya daripada isterinya. dan adalah ketetapan Allah itu pasti terjadi” (QS. Al-Ahzab:33).

Berdasarkan Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Anas, Zainab berkata, “aku berbeda dari isteri-isteri Rasulullah yang lainnya. Mereka dikawinkan oleh ayahnya, saudaranya, atau keluarganya, tetapi aku dikawinkan oleh Allah dari langit.”

Zainab dikenal sebagai wanita mulia yang berhati lembut dan berkasih sayang, suka menolong kaum fakir miskin dan kaum yang lemah. Zainab dikenal sangat senang bershadaqah kepada anak yatim. Rasulullas [saw] pernah bersabda kepada istrinya, “yang paling dahulu menyusulku kelak adalah yang paling murah tangannya.” Maka istri-istri Rasuluallah [saw] berlomba-lomba bershadaqah untuk kaum fakir miskin. Tetapi tidak ada yang sanggup mengalahkan Zainab dalam bershadaqah. 


Aisya [ra] berkata, “Zainab binti Jahsy adalah seorang istri dari istri-istri Rasulullah [saw] yang aku muliakan. Allah [swt] menjaganya dengan ketakwaan. Dan aku belum pernah melihat wanita yang lebih baik, lebih banyak shadaqahnya, selalu menyambung silaturrahim, dan selalu mendekatkan dirinya kepada Allah selain Zainab.”

Zainab bin Jahsy juga dikenal sebagai sosok wanita yang sangat kreatif dan mempunyai banyak keahlian. Zainab dapat menyamak kulit, memintal, menenun kain sutra, dan dari situlah ia mendapatkan penghasilan untuk dishadaqahkan. Inilah sebabnya Zainab mampu bershadaqah dari istri Rasulullah [saw] lainnya.

Setelah wafatnya Rasulullah [saw], Zainab memperbanyak usaha untuk mendapatkan penghasilan lebih. Saat Zainab mendapatkan bagian harta dari Baitul Mal di masa Khalifah Umar [ra], ia berdoa, “Ya Allah janganlah harta ini menjadi penyebab fitnah” segera setelah itu Zainab membagikan harta itu kepada yatim piatu dan kaum fakir miskin. Khalifah Umar [ra] yang mendengar kabar itu mengirimkan harta untuk kedua kalinya, namun Zainab membagikan harta itu lagi kepada kaum fakir miskin dan yatim piatu. Betapa dermawannya beliau, masya Allah.

Zainab bin Jahsy wafat di tahun 44 H pada masa kekhalifaan Mu’awiyah.

Istri Rasulullah [saw] Zainab binti Jahsy bin Ri’ab Istri Rasulullah [saw] Zainab binti Jahsy bin Ri’ab Reviewed by Unknown on 6:08 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...