Business

Ads Top

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Sunnah Mutlaq

Shalat sunnah Mutlaq diartikan sebagai shalat sunnah yang pelaksanaannya tidak ditentukan waktunya serta sebab pelaksanannya. Jadi shalat sunnah mutlq dapat dilakukan sesuai dengan sempatnya seseorang asalkan waktunya tidak dilarang mengerjakan shalat sunnah.

Shalat mutlaq dikerjakan minimal dua rakaat sampai tidak terbatas. Berkaitan dengan tempat pelaksanaan shalat mutlaq, bisa dikerjakan ditempat-tempat suci dan bersih seperti di rumah, di kantor, di musholah dimasjid dan tempat lain yang bersih.


 Adapun tatacara pelaksanaan shalat sunnah mutlaq yaitu dilaksanakan setiap 2 rakaat sekali salam, bacaan dan gerakan pelaksanaan shalat sunnah mutlaq sama dengan shalat sunnah lainnya, hanya niatnya berbeda. Berikut ini niat shalat sunnah mutlaq :

Ushalli sunnatar-rakaataini lillaahi ta’ala
Artinya “aku niat shalat sunah dua rakaat karena Allah.”

Shalat mutlaq ini bagi seorang Muslim sangat menguntungkan untuk mengisi kekosongan waktu-waktu luang dengan ibadah yang agung. Dapat dijadikan sebagai rutinitas ibadah harian. Anda dapat memberikan waktu khusus pelaksanaan shalat sunnah mutlaq, tentu saja dengan mengevaluasi berbagai aktivitas harian anda kemudian menyesuaikan kira-kira waktu yang tepat untuk pelaksanaan shalat sunnah Mutlaq.

Setelah perencanaan mantap, anda hanya perlu ostoqamah dan berusaha untuk menjalankan komitmen, semoga dengan usaha anda maka Allah akan memantapkan anda di jalan-Nya dan menjadikan anda cinta dengan ibadah. Terimah kasih
Sumber : Solikhin, Muhammad., 2012. Panduan shalat lengkap & praktis. Erlangga, Jakarta
Tata Cara Pelaksanaan Shalat Sunnah Mutlaq Tata Cara Pelaksanaan Shalat Sunnah Mutlaq Reviewed by Unknown on 3:55 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...