Business

Ads Top

Bagaimana Cara Nabi Muhammad saw. Bertasbih?



Cara berdzikir dengan tasbih yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. adalah dengan menghitung menggunakan ruas-ruas jari tangan kanan. Bukan menggunakan media seperti batu,  biji-bijian atau tasbih. Berdasarkan hadith yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar [radiyallahu anhu], Beliau berkata, “aku melihat Nabi [saw] menghitung bacaan tasbih dengan jari-jari tangan kanan beliau.” [HR. Abu Dawud (2/18); at-Tirmidzi (5/521)]

Sebuah gambar yang kami download dari laman wikipedia, kira-kira menggambarkan cara tasbih yang dilakukan oleh Rasulullah saw. sesuai dengan urutannya berikut ini:


Berdasarkan keterangan yang di peroleh, bahwa salah satu fadhilla menggunakan cara berdzikir ini adalah bahwa  ketika pada hari kiamat nanti jari jemari  akan memberi  kesaksian di hadapan Allah swt. semoga saja dengan melazimkan cara dzikir ini kita memperoleh kesempatan yang besar untuk memasuki Jannah dalam rombongan ummat Rasulullah saw.

 

Namun bagaimana dengan cara berdzikir menggunakan tasbih yang umum dijumpai di kalangan umat Muslim saat ini?

Al-Imam Muhammad Abdurrauf Al Munawi memberikan penjelasan pada kitab "Faidhul Qadir Syarh Al Jami’ Ash Shaghir", ketika menerangkan mengenai hadits Yusairah bahwa hadits tersebut adalah dasar sunahnya untaian biji tasbih (subhah) yang dikenal. Subhah dikenal  di masa sahabat Abdullah bin Ahmad meriwayatkan bahwa Abu Hurairah mempunyai benang yang memiliki seribu himpunan, dia tidak tidur sampai dia bertasbih dengannya.

Ibnu Nujaim Al-Hanafi di dalam kitab Al-Bahri Ar-Raaiq berkomentar tentang  hadits mengenai berdzikir dengan biji tasbih “bahwa nabi tidak melarangnya, Dia hanya menunjukkan cara yang lebih mudah dan utama...”

 Pendapat al-Imam As-Suyuthi yang  mengutip sebagian ulama, Al Jalal Al Bulqini sebagian dari  mereka bahwa menghitung tasbih menggunakan jari jemari lebih utama sesuai zhahir hadits.
Bagaimana Cara Nabi Muhammad saw. Bertasbih? Bagaimana Cara Nabi Muhammad saw. Bertasbih? Reviewed by Unknown on 5:34 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...