Business

Ads Top

Biografi Mukharrij Dan Ulama Hadits Imam Muslim (Abdul Husain bin al-Hajaj bin Muslim)

Imam Muslim lahir di Tahun 206 Hijriah di Naisabur. Nama lengkapnya adalah Abdul Husain al-Hajaj bin Muslim bin Kausyaz al-Qusyairi al-Naisaburi. Beliau menulis ilmu hadis dan kitab Jami’ al-Sahih. Imam Muslim belajar ilmu Hadis sejak kecil, mulai tahun 218 H. beliau adalah salah satu ulama terkemuka dan dikenal sangat berjasa sampai sekarang.

Imam Muslim telah melakukan banyak perjalanan dalam rangka mencari hadis, ke Hijaz, Irak, Syam, Mesir, dan beberapa negara lainnya. Perjalanan Imam Muslim dalam mencari hadis mengantarkannya pada pengalaman bertemu dengan banyak orang, diantaranya adalah ulama hadis sehingga Beliau menyempatkan diri untuk berguru. Beberapa daerah yang pernah di kunjungi oleh Imam Muslim sebagai berikut :
·        Di Khurasan Imam Muslim berguru kepada Muhammad bin Mahran dan Abu Ansar.
·        Di Irak berguru kepada Muhammad bin Hanbal dan Abdullah bin Maslamah
·        Di Hijaz , Imam Muslim berguru kepada Sa’id bin Mansur dan Mas’ab
·        Di Mesir, Imam Muslim berguru kepada ‘Amar bin Sawad dan Harmalah bin Yahya serta ulama lainnya.
·        Di Baghdad, Imam Muslim pernah tiga kali berkunjung untuk belajar hadis, kunjungan ketiga pada tahun 259 H ketika Imam Bukhari berkunjung ke Naisabur, Imam Muslim berguru kepada Imam Bukhari.
·        Beberapa guru Imam Muslim lainnya adalah Usman bin Abi Syaibah, Abu Bakar bin Syaibah, Qutaybah bin Sa’id, Zuhayr bin Harab, ‘Amar al-Naqib, Harum bin Sa’id al-Aili, Syaiban bin Farukh, dan lain-lainnya.

Beberapa orang juga berguru kepada Imam Muslim seperti Abu Hatim al-Razi, Musa bin Harun, Ahmad bin Salamah, Abu Bakar bin  huzaimah, Yahya bin SA’id, Abu Awanah, Abu Isa al-Turmudzi, Abu Amar Ahmad bin Mubarak, Abu al-Abbas Muhammad bin Ishaq bin alSarraj, Ibrahim bin Muhammad bin Sufyan al-Faqih al-Zahid.

Imam Muslim dianggap sebagai orang nomor dua keahlian hadis setelah Imam Bukhari karena keahliannya, ilmu, kedudukan dan keistimewaannya dalam ilmu hadis, seluk beluk hadis, dan daya kritiknya yang tajam. 


Ishaq bin Mansur al-Kauzaj berkata kepada Muslim “kami tidak akan kehilangan kebaikan selama Allah menetapkan engkau bagi kaum Muslimin.” Abu Quraysi berkata “di dunia ini, orang yang benar-benar ahi hadis hanya empat orang, diantaranya Muslim, maksudnya ahli hadis terkemuka.
Diantara karya-karya Imam Muslim adalah al-Jami al-Sahih. Setelah melahirkan banyak karya dan kontribusi dalam pembinaan dan pengembangan hukum Islam, Imam Muslim di hari senin 25 Rajab 261 H di Nasr Abad di Naisabur, wafat dalam usia 55 Tahun.

Sumber :
Asse, Ambo., 2010. Ilmu Hadis Pengantar Memahami Hadis Nabi saw. Dar al-Hikmah   wa al-Ulum             Alauddin Press, Makassar
Anonim, 2016. Imam Muslim. http://moslemwiki.com/Imam_Muslim.diakses pada tanggal 13 Oktober   2016. pukul 00.47 WITA.


Biografi Mukharrij Dan Ulama Hadits Imam Muslim (Abdul Husain bin al-Hajaj bin Muslim) Biografi Mukharrij Dan Ulama Hadits Imam Muslim (Abdul Husain bin al-Hajaj bin Muslim) Reviewed by Unknown on 9:34 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...