Business

Ads Top

Jadwal puasa-puasa sunnah Bulan November 2016



Puasa sunnah adalah puasa yang apabila dikerjakan oleh seorang Musli akan mendapatkan pahala dan jika tidak dikerjakan oleh seorang muslim tidak berdosa. Puasa sunnah ini adalah salah satu cara untuk mendulang pahala karena banyak sekali keutamaan puasa sunnah. Selain itu puasa sunnah juga mempengaruhi baiknya akhlak yang kita miliki, dengan melatih kedisiplinan, kejujuran, kepercayaan diri, mengendalikan hawa nafsu, memelihara jasmani dan rohani, melatih kesabaran, dan mengasah kepekaan terhadap kaum fakir dan miskin.
 

Pada prinsipnya melaksanakan puasa sunnah dan puasa wajib adalah sama. Hanya saja niat puasa wajib dilakukan di malam hari, adapun puasa sunnah boleh diniatkan di pagi hari sampai waktu Dzuhur asalkan ia belum makan dan minum. Jadi jika belum niat dan ingin melakukan puasa sunnah dapat berniat di pagi harinya.
Puasa sunnah dikaitkan dengan hadits Rasulullah [saw] yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Sesungguhnyaseorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah Saw, dia bertanya: Ya, Rasulullah, terangkan kepadaku tentang puasa yang difardukan Allah atas diriku. Rasul menjawab: bulan Ramadhan. Orang itu bertanya lagi, Adakah puasa yang lain yang diwajikan atas diriku?, Rasul menjawab: Tidak, kecuali engkau mengerjakan puasa tatawu’ (sunah).
Khusus di bulan November 2016, jadwal puasa sunnah adalah sebagai berikut :
1.     Puasa senin kamis tanggal 3, 7, 10, 14, 17, 21, 24, 28 November manfaat puasa sunnah senin kamis pada hari senin dan kamis, amal-amal kita ditunjukkan kepada Allah, maka sudah disunnahkan oleh Rasulullah [saw] berpuasa pada hari itu karena Nabi [saw] suka jika amalnya ditunjukkan kepada Allah [swt] sedan Ia sedang berpuasa.
2.     Puasa Yaumul Bidh dilakukan pada tanggal 13, 14, 15 November manfaatnya orang yang berpuasa selama tiga hari sama dengan berpuasa sebulan penuh
3.     Puasa daud, bagi yang ingin melaksanakan puasa daud dilakukan selan seling, sehari puasa sehari tidak. manfaatnya puasa daud adalah puasa sunnah yang paling utama.

Sumber pustaka
Alhabib. 2016. Kalender Islam (Hijriyah) tahun 2016 M berdasarkan kemungkinan Ruqyatu Hilal Global meliputi tahun Hijriyah : 1437-1438 H. di download dari (http://www.al-habib.info/kalender-islam/global_pdf/kalender-islam-global-tahun-2016-m.pdf).

Anonim. 2011. Puasa Sunnah. Diakses pada tanggal 29 Oktober 2016, pukul 20:45 WITA. Didownload dari (https://motivasinet.files.wordpress.com/2011/05/2-2-puasa-sunah.pdf).



Jadwal puasa-puasa sunnah Bulan November 2016 Jadwal puasa-puasa sunnah Bulan November 2016 Reviewed by Unknown on 5:44 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...