Business

Ads Top

Pengertian dan Beberapa Contoh Akhlaqul Karimah

Akhlaqul karimah adalah berasal dari baghasa Arab yang berarti akhlak yang mulia. Adapun Pengertian akhlaq acapkali disamakan dengan etika Islam. Akhlaqul karimah biasanya disamakan dengan perbuatan atau nilai-nilai luhur etika Islam. Nilai-nilai luhur tersebut memiliki sifat terpuji atau mahmudah. Sehingga akhlaqul karimah disebut pula dengan akhlaqul mahmudah yang bersumber kepada Al-Qur’an dan Sunah Rasulullah [Saw]. Oleh sebab itu akhlaqul karimah memiliki dimensi yang teramat penting yang jawaban vertikan dan sangat mengikat. Adapun beberapa akhlaqul karimah yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut  :


Birrul walidaini adalah semua perbuatan yang baik kepada orang tua yang mengundang ridho Ilahi. Misalnya menyiapkan makanan untuk kedua orang tua, membantu pekerjaan mereka, mendoakan orang tua, memandikan orang tua, menaati perintah orang tua, bersedekah dan berbuat baik kepada kedua orang tua.

Berlaku benar sifatnya umum dalam segala aktivitas kehidupan dan berlaku di semua tempat di manapun seorang muslim berada. Misalnya bertemu dengan saudaranya dia mengucapkan salam, berbuat adil dalam berdagang, dan sebagainya.

Perasaan malu ini dapat menjadi benteng bagi seorang muslim sebagai perlindungan terhadap berbagai godaan perbuatan maksiat. Misalnya malu berzina karena yakin Allah Maha melihat, malu mencuri karena Allah, dsb.

4.      Memelihara kesucian diri [Al-Iffah]
Memelihara kesucian diri dan kehormatan diri adalah prinsip yang sangat penting. Kesucian diri adalah terjaganya seseorang dari semua aktivitas yang menyebabkan dirinya berbuat maksiat sehingga kedudukannya menjadi amat rendah di sisi Tuhan.

5.      Berlaku kasih sayang [Al-Rahman dan Al-Barr]
Berlaku kasih sayang dapat diartikan sebagai perlakuan terhadap sesame mahluk, baik kepada manusia, binatang, tumbuhan dan mahluk lainnya yang mana kita dalam aktivitas keseharian dapat melibatkan mereka dan tidak menyebabkan kerugian bagi mahluk lainnya yang menyebabkan murka Allah. Misalnya tidak BAK di sembarang tempat, tidak saling menghargai, tolong menolong, dsb.

6.      Berhemat [Al-Iqlishad]
Berhemat diartikan sebagai penggunaan uang atau barang-barang yang proporsinya bertul-betul disesuaikan dengan kebutuhan kita. Hemat ini sangatlah penting di perhatikan untuk menghindari sifat boros yang akan berujung pada penyesalan.

7.      Berlaku sederhana [Qana’ah dan Zuhud]
Berlaku sederhana adalah tidak sombong dalam tindakannya dan menyadari kedudukannya sebagai hamba Allah dan berusaha memenuhi amanah bagi dirinya sebagai Khalifah di muka bumi ini dengan melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya.

8.      Berlaku jujur [Al-Amanah]

Jujur adalah perbuatan baik yang harus dimiliki oleh setiap pribadi muslim; jujur lawan dari berbohong. Jujur identik dnegan ketulusan hati dan seseorang yang jujur akan sangat mudah mendapatkan kepercayaan sehingga orang yang jujur itu dapat dipercaya karena dia bersifat amanah.
Pengertian dan Beberapa Contoh Akhlaqul Karimah Pengertian dan Beberapa Contoh Akhlaqul Karimah Reviewed by Unknown on 4:36 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...