Business

Ads Top

Cara Mahasiswa Yang Tidak Memiliki Laptop Mengerjakan Tugas Kuliah

Dimasa sekarang, menjadi kebutuhan primer bagi mahasiswa untuk memiliki laptop. Segala macam tugas dan laporan perkuliahan harus dikerja menggunakan laptop. Hal inilah yang mengharuskan mahasiswa memiliki laptop pribadi untuk membantu menyelesaikan tugasnya.

Dalam beberapa kondisi, dapat ditemukan mahasiswa yang tidak memiliki laptop samasekali. Alasannya beragam, yang jelas dia tidak memiliki laptop. Lantas bagaimana dia mengerjakan tugasnya? Inilah yang menjadi fokus bahasan artikel ini mengenai tips bagi mahasiswa yang tidak memiliki laptop untuk menyelesaikan tugasnya. Berikut ini uraiannya :

1.    Meminjam Laptop Teman
Cara ini adalah cara yang cukup potensial untuk di gunakan. Mahasiswa umumnya memiliki pergaulan sosial yang aktif, otomatis kemungkinan besar dari mereka ada yang empati kepada teman yang terbatas dalam kepemilikan laptop. Manfaatkan teman dengan cara mengkomunikasikan masalah anda agar mereka mau meminjamkan laptopnya untuk anda mengerjakan tugas.

Tetapi ingat jangan asal meminjam saja, anda harus punya strategi sendiri agar proposal (rencana permohonan) anda berhasil. Perhatikan langkahnya :
·       Anda harus punya bahan tugasnya dulu, caranya download dari internet, gunakan warnet kemudian simpan berkas tugas dalam file FD. File ini menjadi bahan editan tugas anda.
·       Pilihlah teman yang menurut anda bisa meminjamkan laptop. Nilailah teman yang punya laptop yang paling dekat dengan anda kemudian minta terlebih dahulu kepada teman terdekat. Jika tidak bisa lakukan permintaan kepada teman lainnya. Jika masih belum juga manfaatkan junior anda. biasanya mereka lebih sungkan siapa tahu dapat membantu anda.

Jika anda tidak dapat bantuan dari teman ‘tega amat sih’ maka lakukan cara selanjutnya.

Berkomunikasi dengan dosen atau guru
Dosen atau guru adalah orang tua. Orang tua mana sih yang tega melihat anaknya menderita.

Jika kamu anaknya sedang menderita, dan diberi tugas oleh orang tua ‘dosen’ komunikasikan keterbatasan anda mengenai bagaimana hambatan yang anda hadapi.

Jika anda dapat solusi mungkin dosen meringankan tugas khusu untuk anda di tulis tangan. Atau jika beruntung dosen memberikan laptop gratis, tetapi dipinjamkan saja, ini lumayan kan. Tapi igat yah sebelum menghadap anda harus punya bahannya dulu. Cara lainnya ada tidak yah?

Manfaatkan Fasilitas Kampus
Dalam beberapa kampus sudah ada fasilitas untuk internetan gratis lagi. Misalnya di kampus kami.

Mahasiswa di failitasi untuk mencari bahan tugas dengan wifi gratis. Biasanya sebatas mencari bahan tugas sih, bukan utnuk mengerjakan tugas. Nah untuk mensiasati jika petugasnya protes anda lama banget mengutak atik komputernya. Cari alasan logis, bilang masih mencari pak soalnya tugasnya detail sekali. Atau bicara saja langsung pokok masalah anda, siapa tahu dia berbaik hati meminjamkan komputernya khusus untuk anda.

Jika semua cara di atas tidak berhasil dengan segala hormat anda bisa datang ke warnet untuk mendapatkan fasilitas komputer. Meski berbayar tetapi ini jalan satu-satunya. Terakhir mintalah atau segeralah membeli laptop, atau notebook. Tetapi saya ragu anda mengambil langkah di paragraf ini. Karena saya mengira anda akan berhasil di point pertama, so jaga hubungan baik dengan teman.

Sekiranya ada yang ingin memberikan masukan terkait dengan artikel ini, teman-teman bisa berkomentar dan memberikan masukan terkait dengan bagaimana membuat artikel ini menjadi lebih sarat informasi dan lebih berkualitas.
Cara Mahasiswa Yang Tidak Memiliki Laptop Mengerjakan Tugas Kuliah Cara Mahasiswa Yang Tidak Memiliki Laptop Mengerjakan Tugas Kuliah Reviewed by Unknown on 2:12 PM Rating: 5

1 comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...