Business

Ads Top

REVIEW LENGKAP INFORMASI PENDAFTARAN BEASISWA BIDIKMISI 2017



Review Lengkap Informasi Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi 2017-Satu lagi beasiswa yang popular di kalangan mahasiswa S1, yap apalagi kalau bukan beasiswa BIDIKMISI. Beasiswa BIDIKMISI ini sudah ada sejak tahun 2010 teman-teman, dan tetap eksis sampai tahun ini, mudah-mudahan berlanjut sampai bertahun-tahun kedepan. Karena saya percaya banyak yang membutuhkan beasiswa ini. Selain sumber dana atau fasilitator, sharing informasi update juga perlu dilakukan untuk membantu teman-teman terutama  calon mahasiswa, siapalagi kalau bukan adik-adik tercinta SMA sederajat.



Beasiswa BIDIKMISI cukup memanjakan penerimanya, karena banyak sekali orang yang saya kenal mendapatkan manfaat beasiswa ini. Bahkan saya sempat juga mendapat rejeki merasakan beasiswa BIDIKMISI ini. Hehe, jadi saya merasa perlu berbagi informasi beasiswa BIDIKMISI.

Perlu teman-teman ketahui bahwa saat periode saya mendaftar di perguruan tinggi, akses kami mengenai beasiswa memang sangatlah terbatas. Maklum kami dari pelosok mengalami berbagai keterbatasan karena dibatasi oleh beberapa hal. Diantaranya jaringan internet saat itu masih cukup sulit. Warnet masih sangat jauh. Kendaraan masih minim, dst.

Tapi memang nasib dan rejeki itu tidak kemana, pasca pengumuman lulus SNMPTN dan dinyatakan lolos di Universitas Hasanuddin saya pun mendaftar ulang. Lama mengantri dengan ratusan mahasiswa baru lainnya, saya akhirnya mendapatkan giliran tes. Saat itu saya mendapatkan tes air seni [tes kesehatan], kemudian tes buta warna, dan tes wawancara. Pas mau keluar, diberitahukan kepada MABA yang tertarik mendaftar beasiswa BIDIKMISI. Saya yang penasaran merasa tertarik dan ikut mencoba memasukkan berkas. Beberapa minggu kemudian pengumuman, dan saya menemukan nama saya di salah satu daftar penerima beasiswa BIDIKMISI. Setelah beberapa hari, kembali di buka pendaftaran besiswa BIDIKMISI karena kuota pendaftar beasiswa tidak cukup sehigga perlu dicukupkan. Begitulah ceritanya.

Saat ini beasiswa BIDIKMISI dalam proses penyaluran dan rekruitmen penerima semakin ketat dan semakin professional dalam menyaring calon penerima. Maka informasi terbaru sangatlah berguna bagi mereka. Maka perlu di sebarkan informasi berguna semacam ini.

Syarat Calon Penerima Beasiswa Cara Mendaftar Beasiswa BIDIKMISI

Point ini perlu diketahui oleh calon pendaftar sebelum mendaftar beasiswa BIDIKMISI karena mereka perlu mengetahui criteria apa saja yang perlu dipenuhi sehingga ia termasuk yang berhak menerima beasiswa BIDIKMISI. Jadi kalau sudah mengetahui syaratnya maka akan meningkatkan percaya diri mendaftar dan memantapkan perispaan-persiapan yang harus di adakan jauh-jauh hari. Berikut ini list syaratnya :
1.      Calon penerima adalah siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang akan lulus pada tahun 2017 atau siswa lulusan 2016 yang bukan penerima beasiswa BIDIKMISI dan tidak bertentangn dengan aturan penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi maisng-masing.
2.      Usia maksimal ketika mendaftar beasiswa BIDIKMISI 21 tahun.
3.      Termasuk isswa kurang mampu dengan criteria berikut :
a.       Termasuk siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar [KIP] dan sejenisnya  atau penerima Beasiswa Siswa Miskin [BSM].
b.      Pendapatan kotor orang tua/wali maksimal Rp. 3.000.000,-/bulan atau maksimal. Rp.750.000,-/bulan jika dibagi dengan anggota keluarga.
4.      Pendidikan orang tua/wali paling tinggi S1 [Strata 1] atau diploma 4. Kalau ortumu lulusan S2 dan kamu merasa berhak, coba saja mendaftar. Toh kamu usaha Tuhan yang tentukan.
5.      Direkomendasikan oleh sekolah dengan pertimbangan potensi akademik yang baik [gampangji ini].
6.   Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara Perguruan Tinggi Negeri [PTN] atau Perguruan Tinggi Swasta [PTS] dengan ketentuan:
a. PTN dengan pilihan seleksi masuk:
1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
3) Seleksi mandiri PTN.
b. Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya
                  c. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.

Sebatas itu kok syaratnya, perhatikn listnya. Kamu memenuhi semua syaratnya? Yah kamu berhak mendaftar beasiswa BIDIKMISI. Namun kalau kamu masih terganjal dengan point tertentu, dan kamu merasa berhak menerima. Jangan berkecil hati. Terus melangkah dan yakin dengan usahamu alias coba saja lengkapi berkasnya dan mendaftar. Insya Allah lolos.

Fasilitas beasiswa BIDIKMISI yang diterima mahasiswa

Bagi penerma beasiswa BIDIKMISI bisa dikatakan kamu tinggal belajar serius deh. Masalah biaya tinggal tunggu jadwal cairnya beasiswa dan  hidup kamu di perantauan akan terjamin, hehe… kira-kira begitu. Rincian fasilitas yang diterima mahasiswa adalah sebagai berikut :
1.      Bagi kamu yang mendaftar beasiswa BIDIKMISI selamat karena kamu dinyatakan bebas biaya-biaya pemborosan berikut :
a.       Pendaftaran SNMPTN [Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri]
b.      SBMPTN [Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri] & seleksi mandiri.
2.      Bantuan biaya hidup bagi mahasiswa, jumlahnya sebesar Rp. 3.900.000,- setiap semesternya.
3.      Biaya pengelolaan BIDIKMISI Rp. 600.000,- mencakup Biaya hidup awal bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota untuk 30 hari dan biaya kedatangan “At cost” dan tujuan khusus lainnya.
4.      Adapun dana selebihnya maksimal sebesar Rp.2.400.000,-  dikelola oleh perguruan tinggi setiap semesternya. Misalnya untuk keperluan pengembangan soft skill mahasiswa, leadership, pelatihan dan sebagainya.

Bagi Mahasiswa S1 penerima beasiswa BIDIKMISI, fasilits ini akan diterima selama 8 semester, kecuali mereka yang di drop out [DO], cuti. Atau non aktif, atau selesai sebelum mencapai 8 semester, meninggal dunia, mengundurkan diri atau memberikan informasi keterangan data diri yang tidak benar.

Secara rinci jangka waktu penerimaan beasiswa BIDIKMISI adalah sebagai berikut :
1.      Program Sarjana (S1) dan Diploma IV maksimal 8 (delapan) semester
2.      Program Diploma III maksimal 6 (enam) semester
3.      Program Diploma II maksimal 4 (empat) semester
4.      Program Diploma I maksimal 2 (dua) semester

Satu lagi teman-teman, khusus untuk mahasiswa jurusan atau program studi tertentu ada tambahan jangka wakt penerimaan beasiswa BIDIKMISI. Berikut ini uraiannya :
1.      Khusus program studi Sarjana tertentu yang memerlukan pendidikan ke profesian
dan merupakan satu kesatuan, tetap diberikan bantuan sampai lulus program profesi,
yaitu:
a.       PRODI Pendidikan Dokter dengan penambahan maksimal 4 semester.
b.      PRODI Pendidikan Dokter Gigi dengan penambahan maksimal 4 semester.
c.       PRODI Ners maksimal dengan penambahan maksimal 2 semester.
d.      PRODI Pendidikan Dokter Hewan dengan penambahan maksimal 2 semester.
e.       PRODI Farmasi dengan penambahan maksimal 2 semester.
f.       Pendidikan Profesi lainnya yang strategis, ditetapkan oleh Dirjen Belmawa
2.      Bantuan Bidikmisi untuk program profesi diberikan kepada mahasiswa yang
langsung melanjutkan studi keprofesiannya pada perguruan tinggi yang sama.

Oh yah di beberapa kampus, seperti di Universitas Hasanuddin [UNHAS] disediakan asrama khusus untuk mahasiswa penerima beasiswa BIDIKMISI. Biasanya mahasiswa penerima beasiswa BIDIKMISI di fasilitasi tinggal di asrama selama 2 semester.

Cara Mendaftar Beasiswa BIDIKMISI

Tahapan-tahapan pendaftaran beasiswa BIDIKMISI secara umum disajikan dalam bagan berikut ini :


Adapun cara pendaftaran beasiswa BIDIKMISI dapat dilakukan dengan salah satu diantara dua cara, online atau off-line.
Pendaftaran Beasiswa BIDIKMISI Cara Online
Cara pendaftaran Bidikmisi baik melalui seleksi SNMPTN, SBMPTN, PMDK Politeknik atau
Seleksi Mandiri perguruan tinggi cara online pada laman bidikmisi (http://bidikmisi
belmawa.ristekdikti.go.id/) diurakan sebagai berikut :
1. Tahapan pendaftaran Bidikmisi
a. Sekolah mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman
Bidikmisi untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
b. Ditjen Belmawa melakukan verifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam
pada hari dan jam kerja;
c. Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa yang memenuhi syarat melalui laman Bidikmisi
d. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing-masing
siswa yang sudah direkomendasikan;
e. Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan
yang diminta di dalam sistem pendaftaran.


Secara garis besar, pendaftaran online siswa dilakukan dengan petunjuk sebagai berikut :
1.      mengunjungi laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id  kemudian  pilih siswa/alumni

2.      kemudian melakukan login dengan  menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses dari sekolah. untuk mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses ini kamu bisa mendaftar sendiri [mandiri] jika punya kartu indonesia pintar KIP, atau kartu perlindungan sosial KPS atau bantuan siswa miskin.BSM. kalau sudah ada, ketikkan dan klik masuk.

3.      Setelah ini anda akan di arahkan ke halaman dashboar siswa untuk melengkapi data pendaftaran. Pada halaman dashboard ini, terdapat langkah-langkah pengisian berkas siswa. Yaitu sebagai berikut :


a)      Biodata Biodata pribadi siswa
b)      Kondisi Ekonomi Data mengenai kondisi ekonomi orang tua
c)      Data Keluarga Berisi mengenai daftar dan status keluarga siswa
d)     Data Prestasi Daftar prestasi yang telah dicapai oleh siswa selama
e)      sekolah
f)       Kondisi Rumah Data mengenai kondisi rumah yang ditempati
g)      Aset Keluarga Data mengenai aset yang dimiliki oleh keluarga
h)      Rencana Hidup Rencana hidup/tinggal pendaftar di perguruan tinggi tujuan
i)        Jalur seleksi Pengisian jalur seleksi yang akan diikuti

Isilah dengan benar dan lengkap dan sesuai dengan prosedur yang diminta. Untuk lebih jelas dan detail, silahkan download pedomannya, insya Allah bermanfaat klik saja linknya di bawah ini :


2. Siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran Bidikmisi mendaftar seleksi nasional atau mandiri yang telah diperoleh sesuai ketentuan masing-masing pola seleksi melalui alamat berikut :
a. SNMPTN melalui http://www.snmptn.ac.id
b. SBMPTN melalui http://www.sbmptn.ac.id
c. PMDK Politeknik melalui http://pmdk.politeknik.or.id
d. Seleksi Mandiri PTN sesuai ketentuan masing-masing PTN.
e. Seleksi Mandiri PTS sesuai ketentuan masing masing PTS

Siswa yang mendaftar dan ditentukan lolos melalui seleksi masuk, melengkapi berkas dan dibawa pada saat pendaftaran ulang, yaitu:
a. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari
laman Bidikmisi;
b. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
c. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala
Sekolah;
d. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
e. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
f. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti
pendukung prestasi lain dikegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi)
oleh Kepala Sekolah (jika ada);
g. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis
(jika ada);
h. atau jika point g di atas tidak bisa dipenuhi, maka harus membawa
Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak
Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala
Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
i. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
j. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan
atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari
orang Tua/Wali-nya.

Pendaftaran Beasiswa BIDIKMISI Cara Offline
1. Sekolah dan atau calon yang tidak dapat melakukan tahapan pendaftaran Bidikmisi secara on-line untuk Seleksi Mandiri karena keterbatasan akses internet, maka:
a. Calon penerima beasiswa BIDIKMISI mengisi formulir yang terdapat di dalam lampiran Buku Pedoman Bidikmisi 2017, dan selanjutnya formulir yang telah diisi beserta berkas persyaratan lainnya disampaikan ke Kepala Sekolah.
b. Kepala Sekolah mengirimkan formulir rekomendasi, formulir pendaftaran berserta kelengkapan berkas lainnya secara kolektif kepada masing-masing Rektor/Direktur/Ketua PTN yang menyelenggarakan seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri sesuai pilihan calon. Surat pengantar rekomendasi diberi keterangan perihal surat tentang Pendaftaran Bidikmisi 2017.

2. Berkas yang harus dikirim meliputi:
a. Formulir pendaftaran Bidikmisi yang sudah terisi;
b. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
c. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala
Sekolah;
d. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
e. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
f. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung
prestasi lain di kegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala
Sekolah (jika ada);
g. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika
ada);
h. Bagi yang belum memenuhi syarat butir (g) di atas, maka harus membawa
Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak
Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala
Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
i. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
j. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau
bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang
Tua/Wali-nya.

Bagi teman-teman yang hanya bisa mendaftar secara offline, beberapa dokumen yang menjadi kelengkapan berkas dapat di download di alamat di bawah ini silahkan klik linknya, insya Allah langsung terdownload. DOKUMEN BEASISWA BIDIMISI.pdf

Terakhir tean-teman yang ingin saya tekankan adalah ingat baik-baik jadwal-jadwal penting terkait dengan pendaftaran beasiswa bidikmisi. Jangan sampai terlewatkan karena akan merugikan diri teman-teman sendiri. Ingat baik-baik.

Nama kegiatan
Mulai tanggal. . .
Selesai tanggal. . .
Pendaftaran Sekolah
14 Januari 2017
01 September 2017
Pendaftaran Siswa
14 Januari 2017
01 September 2017
SNMPTN
20 Februari 2017
06 Maret 2017
Seleksi Mandiri PTN
25 Februari 2017
01 September 2017
PMDK-PN
25 Februari 2017
01 Mei 2017
SBMPTN
08 April 2017
05 Mei 2017
Seleksi Mandiri PTS
22 April 2017
01 September 2017
UMPN
04 Mei 2017
10 Juni 2017
Catatan : jadwal dapat berubah sewaktu-waktu [namun biasanya tidak signifikan].

Sumber Pustaka
Pedoman Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi Tahun 2017, RISTEKDIKTI
http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/site/page?view=jadwal-penting
ristekdikti.go.id & beasiswa.web.id
REVIEW LENGKAP INFORMASI PENDAFTARAN BEASISWA BIDIKMISI 2017 REVIEW LENGKAP INFORMASI PENDAFTARAN BEASISWA BIDIKMISI 2017 Reviewed by Unknown on 7:22 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...