Business

Ads Top

TAKSONOMI, JENIS, CIRI-CIRI DAN MANFAAT BUAH NAGA Hylocereus sp.

Taksonomi, Jenis, Ciri-Ciri Dan Manfaat Buah Naga Hylocereus sp.-Buah Naga Hylocereus sp dikenal sebagai dragon fruit atau buah pitaya yang memiiki variasi buah menurut warnanya seperti buah  naga merah Hylocereus polyrhizus, Buah naga kuning Selenicereus megalanthus, buah naga putih Hylocereus undatus dan buah naga ungu Hylocereus polyrhizus.  Buah naga Hylocereus sp. disebut dengan nama demikian karena kulit buahnya dilengkapi dengan bagian yang menyerupai ‘sisik’ dan batangnya yang tumbuh terkulai sehingga dianggap mirip dengan naga.

Di daerah saya, di Kabupaten Sinjai; buah naga mulai di budidayakan sejak beberapa tahun terakhir, sekitar tahun 2014 dan terus banyak yang membudidayakannya sampai saat ini, baik untuk tujuan komsumsi maupun untuk tujuan komersial seperti perdagangan, olahan makanan dan lainnya.
 Buah Naga Hylocereus sp.

Taksonomi Buah Naga Hylocereus sp.

Buah  naga Hylocereus sp. Termasuk dalam  kajian ilmu biologi dan memang kita tahu bahwa apapun di ala mini mestinya menjadi obyek kajian ilmu biologi, mengapa demikain? Karena ilmu biologi diartikan sebagai ilmu yang memperlajari mahluk hidup beserta lingkungannya. Adapun buah naga Hylocereus sp.adalah mahluk hidup sehingga menjadi bagian dari kajian ilmu biologi khusunya botani.

Taksonomi buah naga disajikan sebagai berikut :
Regnum           : Plantae
Divisio             : Spermatophyta
Subdivisio       : Angiospermae
Classis             : Monocotyledoneae
Ordo                : Caryophillales
Familia            : Cactaceae
Genus              : Hylocereus
Species            : Hylocereus sp.
Sumber            http://e-journal.uajy.ac.id/6525/3/BL201168.pdf.

Ciri-Ciri Buah Naga Hylocereus sp

Ciri-Ciri Buah naga Hylocereus sp. dideskripsikan menurut morfologinya. Berikut ini uraiannya :



·         Secara Morfologi Buah naga Hylocereus sp. terdiri atas organ batang, daun, bunga dan buah sehingga buah naga Hylocereus sp.termasuk dalam divisio spermatophyte atau anthophyta.
·         Buah naga Hylocereus sp. Termasuk dalam tumbuhan Parennial dapat berbuah dan berbunga berkali-kali, termasuk tumbuhan epifit, cabang batang tumbuh terkulai declinate.
·         Akar buah naga Hylocereus sp. Adalah akar serabut yaitu akar yang akar yang tumbuh pada buku-buku batang karena akar primer mereduksi. Akar buah naga Hylocereus sp. Dalam perkembangan selanjutnya akan mengalami metamorphosis akar, yaitu berfungsinya akar untuk tujuan yang lebih spesifik yaitu akar gantung Radix aureus, akar ini tumbuh di sepanjang buku batang bagian punggung sirip di sudut batang.
·         Batang buah naga Hylocereus sp.berbentuk segi tiga dengan duri pendek yang tidak begitu mencolok. Kuncup muncul pada buku batang berupa kuncup samping atau Lateral bud. Batang buah naga Hylocereus sp. Termasuk dalam batang simpodial.
·         Daun buah naga Hylocereus sp. Termasuk dalam daun tidak lengkap, daun mengalami metamorphosis berupa duri daun Spina phyllogenum.
·         Bunga buah naga Hylocereus sp. Dikenal sebagai night blooming cereus karena bunganya mekar penuh di waktu tengah malam. Bunga buah naga termasuk bunga lengkap Flos completes  dan berumah satu monoceus.
·         Buah dari buah naga adalah buah sejati tunggal berdaging yaitu buah buni bacca. Biji buah naga berwarna hitam dan tersebar di dalam daging buah.

Jenis-Jenis Buah Naga Hylocereus sp

Sebagaimana dituliskan di atas, buah naga memiliki beberapa jenis berikut :
·      Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih. Buah naga ini memiliki aroma sweety yang menonjol dibandingkan fruity menurut uji QDA [green leafy, floral, fatty green, sweet, fruity, dan terakhir plastic green].

·      Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah. Buah naga ini memiliki aroma fruity ketimbang sweety serta memiliki rasa yang manis [berdasarkan uji QDA : green leafy, floral, fatty green, fruity, sweet, dan diakhiri dengan aroma plastic green].

·      Selenicereus megalanthus dengan kulit buah kuning dan daging buah putih. Pembeda varian buah naga kuning dengan jenis lain yaitu kulit buahnya yang berwarna kuning dan memiliki sisik di bagian ujungnya berduri, habitusnya lebih pende dari jenis buah naga lainnya dan ukuran buah yang cenderung lebih kecil. Namun yang menjadi kelebihan utamanya adalah rasa manis yang lebih tinggi dari jenis buah naga lainnya, karena kandungan fruktosa dan sukrosa yang lebih tinggi.

·      Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah atau keunguan. 
 
Kandungan Buah Naga Hylocereus sp.

Berikut ini adalah kandungan buah naga :
Komponen
Kadar
Air (g)
Protein (g)
Lemak (g)
Serat (g)
Betakaroten (mg)
Kalsium (mg)
Fosfor (mg)
Besi (mg)
Vitamin B1 (mg)
Vitamin B2 (mg)
Vitamin C(mg)
Niasin (mg)
82,5 – 83
0,16 – 0,23
0,21 – 0,61
0,7 – 0,9
0,005 – 0,012
6,3 – 8,8
30,2 – 36,1
0,55 – 0,65
0,28 – 0,30
0,043 – 0,045
8 – 9
1,297 – 1,300

Adapun kandungan antioksi lainnya dalam buah naga adalah Asam fenolik, Falvonoid [quercetin, kaempferol, dan isorhamnetin]. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan untuk melawan aktivitas radikal bebas dalam tubuh.

Manfaat Buah Naga Hylocereus sp.
·         Dengan berbagai kandungan antioksidan dan vitamin kompleksnya, maka Buah naga dapat membantu menyembuhkan penyakit kanker, menjaga stamina, produksi sperma, kecantikan kulit, dan kesehatan organ tubuh seperti mata dengan kandungan betakarotennya.
·         Meningkatkan imunitas karena kandungan vitamin C dalam buah naga cukup tinggi.
·         Menjaga kesehatan jantung, karena kandungan vitamin C, B1, B2, dan B3 yang terkandung dalam buah naga dapat menjaga kesehatan jantung.
·         Kandungan kalsium buah naga membantu Mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang.
·         kandungan vitamin B3 dapat menurunkan kadar kolesterol dan menyembuhkan penyakit batuk dan asma serta mencegah tekanan darah tinggi.
·         Secara ekonomis, buah naga telah dimanfaatan dan di budidayakan secara komersial sehingga membantu meningkatkan perekonomian, serta mencukupi kebutuhan masyarakat akan produk-produk buah.
·         Buah naga telah diolah menjadi berbagai macam produk seperti bahan es buah, pudding buah naga, the kulit buah naga, agar-agar buah naga, dan seterusnya.


Sumber Pustaka :
·         http://e-journal.uajy.ac.id/6525/3/BL201168.pdf. diakses pada tanggal 16 Februari 2017.
·         Flonimal-nesia.blogspot.com
·         Dapurobat.com
·         Sehatpedia.web.id
·         https://id.wikipedia.org/wiki/Buah_naga
·         http://kaaffah.xyz/buah-naga/
TAKSONOMI, JENIS, CIRI-CIRI DAN MANFAAT BUAH NAGA Hylocereus sp. TAKSONOMI, JENIS, CIRI-CIRI DAN MANFAAT BUAH NAGA Hylocereus sp. Reviewed by Unknown on 12:13 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...