Business

Ads Top

USAHA AGAR MUDAH BANGUN PAGI & SHALAT SUBUH ON TIME BERJAMAAH DI MASJID



Usaha Agar Mudah Bangun Pagi &Shalat Subuh On Time Berjamaah Di Masjid-Dalam ilmu Fisika Usaha dilambangkan dengan  W, adapun secara matematis, formula usaha [W] ini adalah F. s; dimana F adalah gaya dan s adalah jarak. Jika dideskripsikan, gaya dapat dijelaskan sebagai motivasi untuk melakukan sesuatu sehingga dengan memanfaatkan ruang yang ada akan dapat menghasilkan usaha dengan bobot tertentu.

Adapun Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI], Usaha diartikan sebagai kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu. Demikianlah usaha memang membutuhkan seseorang untuk mengerahkan dan menggunakan tenaganya agar dapat melakukan sesuatu.


Terkait dengan shalat subuh, ini adalah aktivitas ibadah yang penting dan tidak bisa lepas dari “usaha” atas pelaksanaannya. Dan kita pahami bahwa shalat subuh adalah salah satu waktu shalat yang diwajibkan, dan umumnya kita paham bahwa waktu ini adalah waktu yang snagat enak untuk tidur, sehingga tanpa usaha yang besar, maka kita dapat terlalaikan ataupun terlupakan dalam melaksanakan shalat subuh ini padahal kita tahu bahwa shalat subuh ini adalah shalat yang disaksian oleh malaikat. Maka tidaklah heran jika Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda “Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh, sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” [HR. Bukhari & Muslim].

Lantas apa saja usaha agar mudah bangun  shalat subuh berjamaah di masjid, khususnya bagi kaum adam?, berikut ini uraiannya :

BERNIAT

Seperti yang kita ketahui bahwa segala sesuatu ibadah harus dilaksanakan dengan niat yang benar dan ikhlas agar amalan itu dapat diterima olehNya. Dan keinginan baik untu melaksanakan shalat subuh berjamaah adalah suatu motivasi yang harus di lakukan dengan niat yang benar.

Jadi untuk memudahkan kita bangun shala subuh, ubah niat kita bangun  pagi untuk shalat subuh. Jika kita sudah menanaman di dalamhati niat untuk menjalankan kewajiban shalat subuh on time yang diperintahkan oleh Sang Maha Pencipta, maka niat tersebut akhirnya pun menjadi motivasi kita untuk bangun pagi. Maka mulailah berniat dan motivasi diri untuk bangun shalat subuh berjamaah on time. Semoga dimudahkan.

TIDUR LEBIH AWAL

Tips selanjutnya adalah tidur lebih awal, bahkan meskipun kita masih memiliki aktivitas sehari-hari, karena dengan tidur lebih awal kita bisa bangun untuk menunaikan shalat malam kemudian menuntaskan pekerjaan sambil menunggu waktu subuh.

Tidak hanya itu, tidur lebih awal juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan tidur lebih awal, tubuh akan lebih mudah untuk terbiasa bangun pagi, waktu subuh juga lebih produktif untuk menuntaskan pekerjaan dari pada jika kita terjaga semalaman alias begadang. Udara segar yang  masih segar dan kandungan oksigen yang masih bersih akan membuat otak lebih fresh.

Dan ketika subuh, otak akan lebih banyak memproduksi hormone yang akan menambahkan daya ingat dan menajamkan daya ingat sehingga penerimaan informasi menjadi lebih cepat dan tersimpan dalam waktu yang lebih lama. Ini tentu akan meningkatkan kualitas pekerjaan kita.

Maka tidurlah lebih awal sekita pukul 09.00 malam dan bangun pukul 02.00 dinihari. Setelah shalat malam dan berdoa, isilah  waktu dengan belajar atau menyelesiakan pekerjaan sambil menunggu waktu subuh.

HINDARI MAKAN BERLEBIHAN DI MALAM HARI

Makan berlebihan di malam hari perlu kita hindari karena makan berlebihan di malam hari akan mengakibatkan tidur terlalu nyenyak. Kita juga bangun dengan badan yang capek karena ketika merasa kekenyangan, asupan oksigen berkurang sekitar 20%. Hal ini akan mengakibatkan hiperventilasi atau pernafasan berat yang membutuhkan banyak energy. Akibatnya kita akan kesulitan mendengarkan suara alarm ataupun suara azan yang berkumandang.

Makanlah ketika waktu magrib dengan porsi yang sewajarnya, dan lakukanlah apa yang dilakukan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, yakni tidak langsung tidur setelah makan. Laksanakan shalat isya terlebih dahulu agar makanan yang kita makan  bisa tercerna secara maksimal sehingga kita tidak perlu lagi bersusah payah untuk bangun subuh.

BERSEGERA MENGAMBIL AIR WUDHU

Ketika teah bangun dari tidur, jangan berlama-lama terjaga dengan memainkan handphone. Sebaiknya begitu bangun tidur bersegeralah mengambil air wudhu. Jangan membiasakan diri untuk bermalas-malasan terlalu lama begitu bangun tidur karena menurut pakar kesehatan, wudhu akan merilekskan otot-otot yang kaku, menormalkan detak jantung dan mengembalikan tubuh yang  lemah menjadi segar.

Tidak hanya itu bagian tubuh yang dibasuh ketika berwudhu merupakan bagian yang biasa di gunakan sebagai titik pijat atau akupuntur. Kita juga jangan meninggalkan istinsya’ atau memasukkan air ke hidung ketika berwudhu karena dengan melakukannya kita akan sadar 100
% tidak lagi merasakan  kantuk.

MEMASANG ALARM MENDEKATI WAKTU SHALAT

Jangan lupa untuk memasang alarm atau pengingat dengan waktu bunyi mendekati waktu shalat karena  ketika kita memasang alarm lebih pagi dari pada waktu subuh dan kita tahu itu otomatis kita akan berfikir bahwa kita masih memiliki waktu sedikit untuk kembali tidur namun justru hal tersebut membuat kita kehilangan waktu subuh.

Jangan hanya mengandalkan alarm sebagai pengingat, mintalah  anggota keluarga lainnya untuk membangunkan anda untuk shalat subuh sebelum waktu subuh. Dengan bantuan mereka anda akan lebih berpeluang untuk dapat bangun dan melaksanakan shalat subuh on time dan berjamaah di Masjid.

TIDUR MIRING KE KANAN

Tips selanjutnya adalah tidur miring ke kanan, sebagaimana yang di tuntunkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Karena posisi tidur miring ke kanan akan memudahkan kita untuk bangun dari tidur.

Dalam hal ini pakar kesehatan juga mengatakan, tidur dengan memiringkan tubuh ke sebelah kanan memberikan banyak manfaat. Seperti mengurangi beban jantung, mengistirahatkan lambung, meningkatkan penyerapan gizi dan menjaga saluran pernafasan.

Tidur dengan memiringkan posisi tubuh ke kanan akan menyebabkan posisi jantung berada di atas sehingga kita tidak akan tidur terlalu nyenyak. Ini juga yang pada akhirnya yang akan membantu kita untuk mengembangkan kebiasaan bangun pagi.

TIDUR SEBENTAR SETELAH MAKAN SIANG

Tidurlah sebentar setelah makan siang tetapi ingat jangan lebih dari 15 menit saja. Karena dengan tidur siang sebentar, kita akan membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk tidur malam.

Dan jangan tidur ketika sore hari atau setelah magrib karena hal tersebut akan membuat mata kita terjaga hingga larut malam. Dan tidur malam yang berlebihan akan membuat kita lebih berat untuk membuka mata di pagi hari.

Selain itu tidur dalam waktu singkat setelah makan siang akan membangitkan tenaga yang hilang setelah kita gunaan untuk bekerja.

BEROLAHRAGA RINGAN

Tips terakhir adalah berolahraga ringan, karena berolahraga ringan di pag hari tidaklah sulit. Cukup dengan melakukan shalat berjamaah di masjid dan berjalan kakilah dari rumah menuju masjid.

Setelah mengambil air wudhu bergegaslah untuk beranjak  ke masjid. Selain pahala yang lebih besar akan di dapat, berjalan ke masjid termasuk ke dalam olahraga ringan yang cukup efektif membakar lemak yang menumpuk ketika makan di malam hari. Udara pagi dengan oksigen yang masih segar pun menjadi keuntungan yang tidak bisa kita dapatkan ketika bangun siang.

Nah anda masih kesulitan untuk bangun lebih pagi dan menunaikan shalat subuh secara berjamaah? Maka tips di atas dapat anda terapkan sebagai usaha annda dalam niat agar dapat  melaksanakan shalat subuh secara berjamaah.

Memang cara-cara tersebut tidaklah dapat di raih secara instan karena konsistensi agar dapat melaksanakan shalat subuh secara berjamaah tepat pada waktunya menjadi kebiasaan. Maka niatkanlah dalam hati untuk shalat subuh tepat pada waktunya, bacalah doa sebelum tidur dan mintalah kepada Allah swt agar diberi pertolongan untuk memudahkan melaksanakan shalat subuh on time dan berjamaah. Selamat mencoba, terimah kasih.

Sumber Pustaka :
·         Youtube, Chanel Trans TV Berita Islami Masa Kini
·         Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI] Daring
USAHA AGAR MUDAH BANGUN PAGI & SHALAT SUBUH ON TIME BERJAMAAH DI MASJID USAHA AGAR MUDAH BANGUN PAGI & SHALAT SUBUH ON TIME BERJAMAAH DI MASJID Reviewed by Unknown on 4:41 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...