Business

Ads Top

HARTA BENDA YANG WAJIB DI ZAKATI



Harta Benda Yang Wajib Di Zakati-Zakat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI] diartikan sebagai jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dsb) menurut ketentuan yg telah ditetapkan oleh syarak; salah satu rukun Islam yg mengatur harta yang wajib dikeluarkan kepada mustahik.


Adapun makna atau arti zakat menurut para ulama’ terdahulu di dalam menafsirkannya berbeda-beda, namun semuanya menjurus kepada deskripsi zakat : “Mengeluarkan sebagan harta bendanya, untuk diberikan kepada fakir miskin sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditentukan dalam al-Qur’an, sebagai pembersih serta penghapus kesalahan-kesalahan manusia.

Terkait dengan zakat ini, Allah subhana wata’ala berfirman yang artinya :
·         “Ambillah dari harta mereka sedekah/zakat, untuk membersihkan serta menghapuskan kesalahan mereka.” [At-Taubah : 103].

·         “dirikanlah shalat dan bayarlah zakat hartamu.” [QS. An-Nisa’ :77].

·         “Sesungguhnya orang-orang yang beriman serta mengerjakan kebaikan, melakukan shalat, dan membayar zakat, mereka itu memperoleh ganjaran di sisi Allah, mereka tiada akan takut dan tiada akan berduka cita.” [QS. Al-Baqarah : 277]

·         Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berdasarkan riwayat Ahmad dan Muslim, dari Abu Hurairah ra. Beliau Shallallahu alaihi wa sallam berkata “Seseorang yang menyimpan hartanya, tidak dikeluarkan zakatnya, maka akan dibakar di dalam neraka jahannam, baginya dibuatkan setrika dari api, lalu disetrikakan/lalu digosokkan ke tubuhnya . . . dan seterusnya.”

Maka beberapa dalil di atas dirasa sudah cukup untuk memberikan motivasi pentingnya zakat bagi seseorang muslim agar ditunaikan dengan benar. Karena zakat pada hakikatnya untuk kebaikan seorang muslim yang berzakat sendiri. Untuk membersihkan harta mereka, maka berzakat adalah cirri seseorang yang beriman.

Terkiat dengan judul artikel ini “Harta Benda Yang Wajib Di Zakati”, maka kami hadirkan daftar harta benda yang wajib di zakati berikut ini :
1.      Binatang piaraan atau binatang ternak seperti unta, sapi, kerbau dan kambing. Selain binatang ini tidak wajib di zakati. Nisab binatang ternak
2.      Uang, emas dan perak. Nisab uang, emas, dan perak
3.      Biji-bijian yang mengenyangkan. Nisab biji-bijian mengenyangkan
4.      Harta perniagaan. Nisab harta perniagaan
5.      Harta rikaz atau harta galian. Nisab rikaz

Demikianlah beberapa harta yang wajib bagi seorang muslim untuk mengeluarkan zakatnya. Semoga Allah subhana wa ta’ala memberikan taufiq kepada semuanya. Terimah kasih semoga bermanfaat.

Adapun untu melihat nisab atau jumlah harta benda minimum untuk masuk kategori dikenakan atau wajib zakat, silahkan klik pada tautan masing-masing point di atas. Semoga bermanfaat, terimah kasih.
Sumber : KBBI; Munir & Sudarsono, 2001. Dasar-Dasar Agama Islam. Rineka Cipta, Jakarta

HARTA BENDA YANG WAJIB DI ZAKATI HARTA BENDA YANG WAJIB DI ZAKATI Reviewed by Unknown on 5:02 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...