Business

Ads Top

DOA TABAH MENGHADAPI LAWAN



DOA TABAH MENGHADAPI LAWAN-Tabah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI] diartikan sebagai tetap dan kuat hati (dl menghadapi bahaya dsb); berani. Dalam keseharian kita, banyak sekali kondisi yang mengharuskan kita memiliki banyak lawan. Sebagai seorang mahluk social, maka kita dalam meraih sesuatu akan mendapatkan banyak competitor. Bahkan diri kita sendiri sebenarnya adalah lawan, karena kita memiliki hawa nafsu yang dapat menjerumuskan kita pada hal yang tidak diridhaiNya. Maka dapat dikatakan bahwa diri kita sebenarnya juga lawan bagi kita.

Maka ketabahan dan kesabaran harus dijadikan penolong dalam menghadapi lawan-lawan yang sedemikian banyaknya. Dengan kesabran dan ketabahan, insya Allah kita akan memiliki kekuatan besar mengendalikan diri dan melakukan tindakan yang tepat untuk menjadi pribadi yang mendapatkan ridha Ilahi.


Dikisahkan dalam Al-Qur’an surah al-Baqarah ayat 495-503, mengenai dipilihnya Talut oleh Allah untuk memimpin peperangan kaum Bani Israil. Peperangan itu melawan kelompok yang lain dipimpin oleh Jalut.  Dan dengan berbagai ujian yang berat harus di hadapi orang-orang beriman dari kelompok Talut dan beberapa pasukannya.

Diantara ujian berat yang harus mereka hadapi  adalah air sungai yang tidak boleh meminum air sungai yang mereka lewati kecuali denga nmenciduk seciduk tangan. Ujian ini terbukti begitu berat bagi mereka karena kondisi yang haus banyak diantara mereka yang tidak mengindahkan perintah pimpinannya, Talut. Maka jadilah mereka berkata “Kami tidak kuat lagi pada hari ini melawan Jalut dan bala tentaranya.” Adapun golongan beriman diantara mereka berkata, “betapa banyak kelompok kecil yang mengalahkan kelompok besar dengan izin Allah.”

Memang kemenangan hanyalah diperoleh dengan izin Allah karena tidak ada yang dapat menahan kemenangan untuk suatu kaum jika Allah berkehendak memberikan kemenangan itu. Kemudian mereka berdoa untuk mendapatkan ketabahan dan kesabaran menghadapi lawan [orang kafir, Jalut dan bala tentarana] dengan doa berikut :

DOA TABAH MENGHADAPI LAWAN


Rabbana Afrig ‘Alaina Shabran Wa Tsabbit Aqdaamana Wanshurnaa ‘Alal Qawmil Kaafiriin.
Artinya: "Ya Tuhan, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, kokohkanlah pendirian kami, serta tolonglah kami dalam mengalahkan orang-orang kafir." (QS. Al-Baqarah: 250).

Maka mereka mengalahkannya dengan izin Allah, dan Dawud membunuh Jalut. Kemudian Allah memberinya [Dawud] kerajaan, dan hikmah, dan mengajarinya apa yang Dia kehendaki.

Demikianlah doa tabah menghadapi lawan. Dapat di amalkan dalam kehidupan sehari-hari, untuk mendpatkan karunia dan kesabaran dala mmenghadpi berbagai cobaan hidup, insya Allah kita akan mendapatkan manfaat yang besar.
DOA TABAH MENGHADAPI LAWAN DOA TABAH MENGHADAPI LAWAN Reviewed by Unknown on 5:13 AM Rating: 5

1 comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...