Business

Ads Top

DOA MENSYUKURI NI’MAT DI DALAM AL-QUR’AN



DOA MENSYUKURI NI’MAT DI DALAM AL-QUR’AN-Syukur adalah kata dasar dari “mensyukuri” yang di pahami sebagai melakukan perbuatan syukur atas sesuatu yang diperolehnya. Syukur dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai rasa terimah kasih kepada Allah swt. Dan perlu di tekankan bahwa bersyukur ini adalah hal yang cukup mudah untuk dilakukan, namun perlu diwanti-wanti jug bahwa syukur ini adalah salah satu hal yang sangat dibenci oleh setan dan mereka akan selalu berusaha memalingkan manusia untuk mengkufuri nikmat Allah. Maka berusahalah agar anda termasuk diantara golongan beruntung, yaitu mereka yang bersyukur.

Di dalam al-Qur’an terdapat doa yang amat sangat istimewa. Doa ini adalah doa mensyukuri ni’mat. Doa ini termuat di dalam Surah An-Naml ayat 19. Ayat ini berkaitan dengan Nabi Sulaiman alaihi shshalam yang diberikan karunia yang besar oleh Allah swt, berupa kerajaan yang lengkap dan kedudukan yang terhormat dapat menguasai manusia, jin dan burung. Di samping itu, ia pun mengeti bahasa burung dan hewan.

Dan dihimpunkan bagi Sulaiman berupa bala tentaranya dari kalangan Manusia, jin dan burung. Sampai kemudian mereka sampai di lembah semut. Kemudian seekor semut di lembah semut itu berkata “Hai semut-semut masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.”

Seekor semut penyeru ini takut jika semut-semut lain diinjak, maka ia memerintahkan agar semut-semut di lembah itu segera memasuki sarangnya.  Dan nabi Sulaiman yang mendengar dan mengerti bahasa semut itu pun tersenyum dan tertawa  karena mendengar perkataan semut itu.

Kemudian nabi Sulaiman alaihi shshalam berdoa kepada Allah swt.  Dengan doa mensyukuri ni’mat ini. Berikut ini doanya :

DOA MENSYUKURI NI’MAT DI DALAM AL-QUR’AN



RABBI AWZI’NI AN ASYKURA NI’MATAKA LLATII AN’AMTU ‘ALAYYA WA’ALAA WAALIDAYYA WA AN A’MALA SHAALIHAN TADHAAHU WA ADKHILNI BIRAHMATIKA FI’IBAADIKA SHSHAALIHIIN.

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku Ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang ibu-bapakku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai, serta masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih." (QS. Al-Naml: 19).

Demikianlah doa mensyukuri ni’mat. Doa ini sangatlah istimewa dan amat sangat baik untuk di amalkan dalam setiap permohonan kepada Allah Yang Maha Kaya dan Maha Sempurna. Maka bermohonlah dengan doa ini untuk mensyukuri nikmatNya dan agar di jaga dalam kesyukuran kepadaNya serta dihindarkan dari kekufuran atas nikmatNya.
DOA MENSYUKURI NI’MAT DI DALAM AL-QUR’AN DOA MENSYUKURI NI’MAT DI DALAM AL-QUR’AN Reviewed by Unknown on 6:32 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...