Business

Ads Top

JALUR MASUK MAHASISWA BARU DI KAMPUS MERAH UNIVERSITAS HASANUDDIN UNHAS MAKASSAR



JALUR MASUK MAHASISWA BARU DI KAMPUS MERAH UNIVERSITAS HASANUDDIN UNHAS MAKASSAR-Entah bagaimana saya mendeskripsikan kampus merah Universitas Hasanuddin ini. Saya angkatan 2012 merasa bahwa UNHAS  adalah tempat yang tepat untuk menimba ilmu terutama mereka yang memiliki kecerdasan akademik, emosional, insane kreatif, inovatif dan optimis. Ada yang bilang masuk UNHAS itu sangat susah, tapi bagi saya masuk UNHAS itu sangat mudah ‘tinggal masuk kan?’ hehe prosesnya cukup menguras tenaga sih.
Artikel ini saya buat terkait dengan adik saya yang kebetulan tahun ini juga akan memasuki dunia kampus. Karena banyak pertanyaan yang dia lontarkan padaku, maka saya juga getol cari informasi mengenai pendaftaran MABA  di beberapa kampus negeri seperti UNM, UIN dan UNHAS tentunya. Dia ternyata cukup antusias dengan kampus merah, maka jadilah perhatian saya lebih khusus di informasi jalur masuk UNHAS. Karena sering googling maka saya piker sekalian aja buat artikelnya, itung-itung update postingan di blog. So enjoy the article.

JALUR MASUK MAHASISWA BARU DI KAMPUS MERAH UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR
Berikut ini teman-teman jalur masuk Uinversitas Hasanuddin, silahkan di baca baik-baik. Yah :
Jalur SBMPTN UNHAS
Jalur SBMPTN atau istilah kerennya alur undangan adalah jalur awal yang dibuka pertamakali untuk calon mahasiswa UNHAS. Biasanya, Jalur ini mulai terbuka di bulan Februari, sebagaimana tahun 2017, jalur ini terbuka di tanggal 20 Februari 2017.

Jalur SBMPTN adalah jalur yang paling menguntungkan untuk diikuti karena persyaratnnya tidak begitu berbeit-belit, ditambah lagi gratisss. Maka dianjurkan bagi kamu untuk melibatkan diri dalam jalur ini. Selain itu kamu sekalian bisa kok mendaftar beasiswa, contohnya beasiswa BIDIKMISI. Selain itu program studi pilihan juga tidak di batasi mau pilih prodi apa aja boleh, hanya saja maksimal 3 program studi dapat dipilih di jalur SBMPTN ini yah.

Caranya, sekolah yang mendapakan undangan untuk terlibat dalam jalur ini mengajukan siswanya untuk mengikuti SBMPTN. Siswa yang ikut dalam jalur SBMPTN ini adalah siswa yang masuk dalam kategori prestasi nilai yang baik. Yaitu 50% siswa dari sekolah yang berakreditasi A, 25% siswa dari sekolah yang berakreditasi B, dan seterusnya.

Tapi semua siswa bisa mengajukan diri kok, yang menyeleksi itu adalah panitia SBMPTN. Jadi usahakan saja dulu untuk mendaftar online nanti pemberitahuannya lulus atau tidak itu soal belakangan.  Sekolah kemudian mengisi data siswa di PDSS dan mendaftarkan  dan password login untuk masing-masing siswa.

Siswa kemudian log in di PDSS dan mengubah password dan melakukan verifikasi nilai. Setelah itu  siswa mendaftar SNMPTN secara online dengan mengunjungi website www.snmptn.ac.id siswa harus mengisi data pribadi yang benar dan lengkap. Setelah mendafar silahkan tunggu pengumumannya, semoga lulus yach.

Jalur SBMPTN UNHAS
SBMPTN singkatan atau akronim dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur ini adalah jalur masuk universitas Negeri yang pelaksanaannya serentak secara nasional, dengan mengikuti tes tertulsi SBMPTN.

Ujian ini terdiri atas pilihan ujian IPA, IPS dan IPC.  Untuk ujian IPA adalah peserta yang memilik pilihan studi kelompok bidang saintek saja, untuk IPS untuk peserta yang memilih pilihan program studi kelompok IPS di perguruan tinggi negeri. Adapun IPC adalah ujian untuk peserta yang mengambil program studi gabungan IPA dan IPS. Kamu pilih yang mana. Dulu aku pilih IPC, dan lolos di pilihan ke-2.

Khusus untuk teman-teman yang mengambil program studi seni dan olahraga harus mengikuti tes keterampilan. Tes ini untuk menguji skill di bidang seni atau olahraga sesuai dengan pilihan program studi teman-teman.

Jalur PM-JNS UNHAS
Jalur PM-JNS UNHAS adalah jalur mandiri yang dilaksanakan oleh UNIVERSITAS HASANUDDIN dalam menyeleksi mahasiswa baru. Jalur ini umumnya ditujukan untuk calon mahasiswa yang memiliki kemampuan financial yang memeadai disamping kemampuan prestasi yang baik.

 Jalur PM-JNS UNHAS biasanya baru terbuka setelah pelaksanaan dua jalur masuk di UNHAS sebelumnya yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Kamu yang  ingin mendaftar dapat mempertimbangkan syarat di bawah ini :
·         Pebdaftar adalah  peserta SBMPTN yang memilih salah satu program studi di UNHAS yang tidak lulus, adapun yang lulus tidak diperkenankan untuk mendaftarr PM-JNS UNHAS.
·         Memiliki kesehatan fisik yang baik dan mendukung untuk belaar di program studi pilihannya.
·         Bukan peserta jalur POSK (Prestasi Olahraga Seni dan Keilmuan)

Jalur POSK (Prestasi Olahraga Seni dan Keilmuan) UNHAS
Jalur masuk berikutnya di UNHAS adalah Jalur POSK (Prestasi Olahraga Seni dan Keilmuan). Jalur POSK adalah jalur mandiri yang hanya di buka untuk calon mahasiswa baru yang hendak kuliah di UNHAS. Jalur ini di khususkan untuk pendaftar  yang memiliki prestasi di bidang akademik/olahraga/seni.

Oh yah sekedar informasi, kemarin  ada teman saya sesame mahasiswa baru UNHAS yang lulus di jalur ini karena bakatnya di bidang olahraga tenis meja. Dan ia lolos, plus dia juga lulus beasiswa BIDIKMISI. Jadi teman-temnay ang punya prestasi di bidang bidang akademik/olahraga/seni jangan lewatkan jalur POSK.

Sebagai bahan review, kamu perhatikan satu-satu syarat pendaftaran jalur POSK di bawah ini :
·         Pendaftar adalah peserta jalur SBMPTN yang tidak lulus tahun ini.
·         Pendaftar adalah lulusan SMA sederajat tahun ini atau tahun sebelumnya.
·         Di jalur SBMPTN memilih salah satu program studi di UNHAS.
·         Tidak diperkenankan mendaftar bagi peserta JNS UNHAS.
·         Sehat secara fisik untuk mengikuti perkuliahan di prodi pilihannya di UNHAS.
·         Bersedia mengikuti verifikasi prestasi peserta POSK.
·         Memiliki prestasi akademik/olahraga/seni dengan melampirkan sertifikat  prestasi.

Demikianlah jalur-jalur masuk bagi calon mahasiswa baru di Universitas Hasanuddin. Pilih sesuai dengan criteria kamu, selamat berjuang dan semoga berhasil.
JALUR MASUK MAHASISWA BARU DI KAMPUS MERAH UNIVERSITAS HASANUDDIN UNHAS MAKASSAR JALUR MASUK MAHASISWA BARU DI KAMPUS MERAH UNIVERSITAS HASANUDDIN UNHAS MAKASSAR Reviewed by Unknown on 8:07 PM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...