Business

Ads Top

CARA MELAKUKAN “DAFTAR PRIBADI” BEASISWA BIDIKMISI 2017


CARA MELAKUKAN “DAFTAR PRIBADI” BIDIKMISI 2017-Teman-teman cara melakukan pendaftaran BIDIKMISI 2017 ada 3 cara. Salah satu cara adalah dengan melakukan daftar pribadi, yang membedakan cara ini dengan cara lainnya adalah cara ini dilakukan oleh siswa sendiri dengan syarat siswa itu mendapatkan atau memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Bantuan Jaminan Sosial, beasiswa Miskin dan sejenisnya dari pemerintah. Dengan bekal ini, siswa bisa melakukan pendaftaran pribadi di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa.

Artikel ini terkait dengan permintaan adik saya yang kebetulan juga minta tolong untuk didaftarkan BIDIKMISI 2017. Dan berhubung karena keterbatasan pendaftaran di sekolahnya maka ia minta tolong. Jadilah saya mencari info cara pendaftarannya, dan saya dimudahkan dengan adanya pendaftaran pribadi karena berkasnya juga sudah lengkap maka semakin semangatlah saya mendaftarkan adikku ini.

Persiapan sebelum mendaftar :
·         Nomor Pokok Sekolah Nasional NPSN
·         Nomor Induk Siswa Nasional NISN
·         NIS sekolah
·         Kartu Indonesia Pintar KIP atau Kartu Jaminan Sosial atau sejenisnya
·         Rekap nilai rapor semester IV dan V untuk angkatan 2017 dan semester IV V VI & nilai UNAS  untuk angkatan 2016. Beserta peringkatnya di sekolah.
·         Scan halaman depan rapor yang mencantumkan data pribadi siswa pendaftar

Kemudian saya mulai mendaftarkan dan mengakses situs resmi pendaftaran beasiswa BIDIKMISI 2017. Dan saya mulai melakukan pendaftarannya, caranya seperti saya jelaskan di bawah ini :
·         Kunjungi situs http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id maka teman-teman akan mendapati halaman awal pendaftaran beasiswa BIDIKMISI. Layoutnya seperti di bawah ini :

·         Teman-teman klik menu “SISWA/ALUMNI”. Setelah itu, jadilah teman-teman diarahkan pada ketiga opsi cara pendaftaran beasiswa BIDIKMISI. Nah, pilih saja atau klik saja “DAFTAR PRIBADI”

·         Setelah itu, teman-teman akan dihadapkan dengan formulir isian online untuk mengisi asal sekolah dengan mengisikan NPSN sekolah masng-masing. Kemudian diisikan juga NISN pendaftar beserta NIS sekolahnya. Kemudian klik saja “MASUK”.
·         Selanjutnya teman-teman harus mengisi beberapa hal seperti tampilan berikut ini :


a.       Jenis bantuan [dipilih]
b.      Nomor kartu
c.       Tahun menerima bantuan [dipilih]
d.      Status masih menerima bantuan [ya/tidak]
e.       Angkatan siswa pendaftar [2016 atau 2017]
f.       Memilih jurusan siswa misalnya IPA, IPS
g.      Rangking di sekolah semester IV, V beserta nilai masing-masing dan jumlah mata pelajaran di setiap semester. Bagi lulusan 2016 semester VI juga diisi plus nilai UNAS.
·         The last step, teman-teman harus mengunggah file scan halaman depan raport yang mencantumkan identts siswa. Kemudian klik proses selanjutnya. Nah kalau berhasil tampilannya akan seperti di bawah ini teman-teman :

Beberapa masalah yang dihadapi :
Saat mendaftarkan adik saya itu, ada beberapa kendala yang saya hadapi bagi saya perlu di share agar tidak dialami oleh pembaca sekalian. Yaitu :
·         masalah jaringan yang sibuk. Solusinya terus mencoba sampai bisa dan ingat data isian harus lengkap dan benar yah. Coba mendaftar di warnet yang jaringannya kencang atau pake modem fast.
·         Masalah scan raport. Nah inilah penyebab sebagian besar masalahnya. Temaa-teman kemarin saya scan formatnya kan JPEG dan saya mendaftar sampai berjam-jam dan tidak bisa. Setelah saya cek-cek masalahnya ada di format scan foto itu. Solusinya saya kemudian membuka foto itu di WINDOWS PHOTO VIEWER kemudian saya drag/crop foto scan raportnya menggunakan snipping tools sehingga menjadi foto baru dengn format gif. Kemudian saya coba unggah dan hanya hitungan detik saya langsung berhasil pendaftarannya. Coba deh.

Penting!!!
Setelah berhasil, maka catat dan simpan baik-baik NOMOR PENDAFTARAN & KODE AKSES karena halaman itu tidak bisa lagi diakses setelah tabnya tertutup atau direfresh yah. Jadi catat memangki kemudian simpan baik-baik.

Sekarang, hal yang harus kamu lakukan adalah melengkapi biodata calon penerima beasiswa BIDIKMISI. Kamu harus melakukannya sesegera mungkin terutama yang ingin ikut seleksi SNMPTN agar kamu terdaftar resmi sebagai kandidat penerima beasiswa BIDIKMISI.silahkan kunjungi laman selanjutnya
CARA MELAKUKAN “DAFTAR PRIBADI” BEASISWA BIDIKMISI 2017 CARA MELAKUKAN “DAFTAR PRIBADI” BEASISWA BIDIKMISI 2017 Reviewed by Unknown on 9:36 PM Rating: 5

3 comments

  1. Saat saya mengisi NPSN sekolah asal, tidak ada kecocokkan padahal Npsn nya sudah benar. Itu gimana ya min? Mohon minta solusinya. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Kak,, kalo dari sekolah nggak diberi rangking gimana ngisinya ya? Mohon bantuannya kak. Makasih kak.

    ReplyDelete
  3. Kak kalo selama sekolah tidak pernah mendapatkan rangking apa itu bisa mendaftar Bidikmisi juga ka mohon bantuannya ka makasih kak.

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...