Business

Ads Top

CARA MEMBUAT KRIPIK SALAK



CARA MEMBUAT KRIPIK SALAK-Salak adalah buah-buahan yang cukup familiar dan pasaran di Indonesia. Salak disajikan sebagai buah meja, dapat dimakan tanpa melalui proses pengolahan. Rasanya yang asam manis, dan legit menyebabkan banyak orang yang suka makan buah salak. Salak juga dapat disajikan bersama dengan rujak. Di era modern ini salak telah banyak dikemas lebih menarik untuk memenuhi kebutuhan konsumen penggemar buah salak.

Di antara pengolahan buah salak adalah kripik salak. Kripik salak ini menjadi camilan sehat yang praktis  dan ekonomis. Banyak juga yang penasaran bagaimana cara membuat kripik salak ini, maka kami bermaksud untuk share informasi mengenai cara pembuatan kripik salak. Semoga artikel ini membantu.

CARA MEMBUAT KRIPIK SALAK
Bahan kripik salak:
1. Buah salak 1,5 kg

2. Larutan garam 1,5 liter
Alat :
1. Pisau
2. Talenan
3. Vacum frying
4. Sentrifuge
5. Sealer
6. Kemasan plastic atau toples

Cara membuat :
1. Buah salak dikupas dan dipisahkan dari bijinya. Daging buah Diiris melintang ukuran 1 x 2 cm dengan ketebalan 3 mm.
2. Irisan buah salak diblansing atau di kukus dengan uap panas 100° C selama 3 menit lalu direndam dalam larutan garam kemudian ditiriskan.
3. Digoreng dalam vacum frying dengan suhu 95° C selama 30 menit.
4. Dimasukkan dalam sentrifuge selama 3 menit untuk meniriskan minyak.
5. Dikemas dalam plastik dan ditutup menggunakan sealer.

Demikianlah cara membuat kripik salak. Bagi yang memiliki banyak buah salak, seperti di Sinjai, tidak perlu cemas lagi buahnya busuk karena tidak dapat mengolah. Selain dapat di bagikan ke tetangga untuk sedekah, buah salak dapat diolah menjadi kripik salak, disajikan untuk keluarga atau untuk tujuan dagang komersial juga bisa. Selamat mencoba.

Sumber pustaka : Khairani, Caya dan Dalapati, Andi. 2007. Pengolahan Buah-Buahan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Sulawesi Tengah. dll
CARA MEMBUAT KRIPIK SALAK CARA MEMBUAT KRIPIK SALAK Reviewed by Unknown on 12:11 AM Rating: 5

No comments

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...