Business

Ads Top

3 TIPS SETELAH MENJALANI TES SBMPTN

SBMPTN adalah salah satu ujian masuk perguruan tinggi negeri yang penyelenggaraannya serentak secara nasional. SBMPTN untuk tahun 2017 baru saja usai, 16 Mei kemarin. Akhir-akhir ini kami menjadi pemburu informasi SBMPTN karena kebetulan seorang adik kami menjadi peserta SBMPTN tahun ini, maka jadilah kami terdorong kemudian untuk membuat artikel ini khusus untuk adik kami dan teman-teman sekalian. 


Artikel ini berisi beberapa masukan setelah calon mahasiswa menjalani tes SBMPTN. Adapun beberapa tipsnya kami rangkum dalam point-point berikut ini :

TAWAKKAL

Rumus untuk langkah ini adalah rangkaian terakhir setelah kamu berdoa dan berusaha. Maka serahkan sisanya kepada Allah swt. dan bertawakkalllah kalian peserta SBMPTN 2017. Hal yang pasti untuk kalian adalah everything is the best for U. artinya apapun yang terjadi itulah yang terbaik untuk kalian. Be positif thinking

Lulus atau sebaliknya adalah dua kemungkinan yang akan kalian alami dan apapun yang kalian alami adalah hal yang terbaik untuk kalian. Maka serahkan semuanya kepada Allah dengan senantiasa positif thingking dan berharap untuk lolos SBMPTN 2017 ini.

BERDOA

Keyakinan kami adalah doa pasti dikabulkan. Untuk point ini sangatlah menguntungkan untuk peserta SBMPTN 2017 berdoa agar lulus di prodi pilihannya. Untuk point ini, berusahalah berbenah diri agar doa kalian menjadi mustajab dan meleset cepat, caranya :
·         Hanya memakan Makanan dan memakai pakaian halal
·         Menjauhi dosa-dosa besar & kecil
·         Memperbanyak istigfar
·         Banyak berbuat baik

Strategi tepat lainnya dengan meminta restu doa keluarga, terutama orang tua dan saudara. Semakin banyak yang berdoa untuk kita, maka semakin besar peluan kita untuk lulus SBMPTN 2017.

MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK SEGALA KEMUNGKINAN YANG TERJADI

Jadilah peserta SBMPTN yang cerdas, artinya setelah terjadinya kemungkinan yang akan terjadi kamu sudah siap dengan apa yang terjadi. Langkah tepatnya adalah kamu mulai mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

Persiapan yang mesti kamu lakukan di klasifikasi menjadi dua :
Persiapan general
Persiapan general yang dimaksud adalah modal-modal dasar yang menjadi syarat mutlak untuk kamu bisa kuliah. Meliputi perhatikan kesehatan kamu, perbaiki hubungan silaturrahim dengan keluarga, teman-teman dan sanak family kamu, kamu juga dapat mempersiapkan pakaian-pakaian kamu untuk kuliah, catatan untuk muslimah perhatikan agar aurat tertutup sempurna yah.

Persiapan spesifik
·         Kalau kamu lulus
Lulus SBMPTN 2017, artinya kamu harus melewati rangkaian pendaftaran ulang sampai kamu resmi berstatus mahasiswa prodi pilihan di PTN impianmu. Nah kamu perlu mempersiapkan diri :
1.      Persiapkan berkas yang kemungkinan besar kamu perlu, contohnya fotocopy rapor yang dilegalisir, surat keterangan penghasilan orang tua dari kelurahan/desa untuk UKT kalian, fotocop kartu keluarga, KTP ortu, rekening listrik, dll.

Kalau misalnya kalian kesulitan untuk menentukan apa saja yang mesti di siapkan, maka bertanyalah kepada senior-senior PTN tujuan kalian,  atau kamu coba browsing di internet cari pesyaratan berkas untuk periode tahun sebelumnya. Gampang kan!!!

2.      Kamu sebaiknya mulai berpikir bagaimana kehidupanmu kalau lulus di PTN impianmu. Contohnya kamu nanti kos atau menyewa tempat di mana, kalau kamu tinggal sama keluarga mulai hubungi mereka untuk memperjelas status kamu, terus kamu sebaiknya memiliki kendaraan untuk memudahkan mobilitas kamu karena kamu harus lincah mengurus ini dan itu. Rumusnya “kamu pasti bisa”.

Kalau kamu memutuskan untuk menyewa kos-kosan kamu sebaiknya menghubungi senior, atau keluarga yang berpengalaman, dan kalau misalnya kamu termasuk orang yang mandiri maka bisa berpatungan dengan teman seperjuangan untuk menewa kamar kos bersama, otomatis biaya akan menjadi lebih ringan kan. Rumusnya “use your mind be the best”

3.      Pikirkan juga bagaimana biaya kulaih kamu. Untuk teman-teman yang berprestasi bisa mendaftar beasiswa, untuk pejuang-pejuang SBMPTN 2017, banyak beaisiswa untuk memuluskan jalan kalian menuju kampus. Contohnya beasiswa BIDIKMISI, beasiswa ETOS, ada juga bantuan SPP dari pemprov, dll. Rumusnya “semua problem ada solusinya don’t give up”

4.      Mulailah menghitung-hitung, barang apa saja yang kamu perlu saat kuliah, khusus untuk kebutuhan primer, misalnya pakaian, makanan seperti beras,  sayuran, peralatan penting seperti laptop, riceo cooker, kompor gas, dispenser, bantal, kasur, sepatu, kipas angin, sapu, jam, tas, buku binder, hit listrik anti nyamuk, peralatan mandi, parfum, setrika, toples kue, gelas, sendok,  hanger baju, jaket, terminal listrik, motor, helm, dan lainnya.

5.      Untuk pertimbangan penting lainnya mulailah kalian membuat list kebutuhan di atas, dan hitung-hitung untuk biayanya kemudian kalian mulai pikirkan bagaimana memperolehnya, tentu dengan jalan yang halal. Kemudian kalian berusaha sendiri dulu bagaimana memperolehnya, kalau kekuatan kalian sudah terbatas maka mulailah komunikasikan kepada orang tua dan keluarga kalian. Yakinlah ada solusi bagimu, berjuanglah!!!

·         Kalau kamu tidak lulus
Sebelumnya, saya berdoa “semoga semua orang yang membaca artikel ini lulus SBMPTN 2017. Kemungkinan lainnya yang dapat di alami adalah tidak lulus. Pada titik ini apa yang harus dilakukan? Cari jalan lain bagaimana kamu mencapai cita-cita kamu.

Misalnya kamu mau menjadi seorang saintis, maka kamu harus mendaftar untuk jalur mandiri di kampus prodi yang kamu incer tuh. Kamu mau menjadi seorang  ustaz maka pilihlah jalur masuk mandiri prodi keagamaan, dan lain-lain.

Secara point, kamu lakukan beberapa tips berikut :
1.      Carilah informasi mengenai jalur masuk mandiri beserta jadual pelaksanaannya di PTN atau PTS incaranmu.
2.      Persiapkan semua keperluan pendaftaranmu.
3.      Catat jadwalnya dan mulailah melengkapi syaratnya dan mengikuti prosedurnya.

Itulah beberapa tips yang dapat saya hadirkandari pemikiran saya. Oh ya, jangan lupa siapkan pakian baju putih dan celana/rok hitam untuk keperluan registrasi ulang, dll. Tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa keperluan lainnya yang di perlukan, maka teman-teman pembaca bisa menambahkan di kolom komentar untuk membantu menempurnakan tips untuk perserta SBMPTN 2017. Terimah kasih. special things for my sister, Zahra. love you forever.
3 TIPS SETELAH MENJALANI TES SBMPTN 3 TIPS SETELAH MENJALANI TES SBMPTN Reviewed by Unknown on 11:11 PM Rating: 5

1 comment

  1. Do you realize there is a 12 word phrase you can speak to your crush... that will trigger intense feelings of love and impulsive attraction to you deep within his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, adore and care for you with all his heart...

    12 Words Who Fuel A Man's Desire Response

    This instinct is so hardwired into a man's mind that it will make him work harder than ever before to take care of you.

    Matter-of-fact, triggering this influential instinct is absolutely binding to getting the best ever relationship with your man that once you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You will immediately notice him open his mind and heart for you in such a way he's never expressed before and he'll perceive you as the only woman in the universe who has ever truly understood him.

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...